8 Arti Jambang Pria, Lebih dari Sekedar Penampilan

Bobby Agung
Bobby Agung

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum dicukur dan akhirnya menyesal, ketahui dulu beberapa arti jambang pria beserta manfaatnya berikut ini.

Jambang atau cambang adalah bagian penting dalam penampilan pria. Pasalnya, banyak yang beranggapan bahwa jenis rambut tersebut dapat meningkatkan kewibawaan.

Selain terlihat berwibawa, banyak wanita yang menyukai pria dengan jambang tebal. Inilah yang semakin memotivasi kaum adam untuk menumbuhkan jambangnya.

Namun, apakah arti jambang pria cuma sebatas penampilan dan alat memikat lawan jenis saja? Untuk mengetahui hal tersebut, simak ulasan satu ini.

Arti Jambang Pria dalam Lingkup Sosial

Menurut Barbany Dixson, peneliti dari Vicoria University, Wellington, arti jambang pria berkaitan dengan persepsi kedewasaan, status sosial, dominasi, dan ancaman.

Ini tidak melulu soal upaya memikat lawan jenis. Karena menurut riset terbaru, sebagian besar wanita justru lebih tertarik pada pria klimis dengan wajah terawat.

Pada tahun 2012, jurnal Behavioral Ecology sempat mempublikasikan temuan terkait penilaian masyarakat terhadap pria-pria berjambang. Berikut rangkumannya.

1. Jambang adalah Bekal Berkompetisi

Jambang Pria Menarik Bagi Wanita

Seperti yang telah disebutkan, salah satu arti jambang pria berkaitan dengan persepsi dominasi. Apakah hal tersebut berlaku untuk lawan jenis? Nyatanya tidak.

Pria dengan jambang ternyata mampu mengintimidasi pria-pria yang tidak memiliki jambang.

Bagian rambut tersebut diketahui memberi persepsi muka yang lebih besar, serta menambah tingkat agresivitas yang ditunjukkan oleh wajah seseorang.

Arti “agresif” di sini berlaku untuk banyak aspek, mulai dari berkompetisi mencari pasangan, pekerjaan, pergaulan atau lingkup sosial, dan sebagainya.

Karena itu, walaupun wanita zaman sekarang lebih menyukai pria berwajah klimis.

Setidaknya pria-pria berjambang memiliki kesempatan lebih besar, sebab kompetitornya dalam mencari pasangan tidak akan berani menghalangi upaya mereka.

2. Lambang Kecerdasan dan Keberanian

Masih dari penelitian yang sama, baik pria maupun wanita sepakat bahwa kehadiran jambang pada wajah seseorang memberi kesan tegas dan berani.

Hal ini mungkin berkaitan dengan bentuk kedewasaan, yang mana salah satu tandanya adalah pertumbuhan rambut di bagian muka.

Pria dewasa umumnya juga dianggap lebih cerdas dan arif dalam menyikapi suatu situasi.

Kepercayaan diri mereka dinilai lebih tinggi jika dibandingkan pria yang tidak memiliki jambang.

Persepsi yang sama juga dimiliki oleh pria-pria berbrewok lho, Brother. Kedua kelompok ini dianggap dapat mengayomi serta melindungi pasangannya.

3. Berhubungan dengan Tindak Kriminal

Meski sebagian besar baik, sayangnya arti jambang pria juga berhubungan dengan kriminalitas.

Dalam riset tersebut, peneliti menemukan bahwa juri-juri dalam persidangan cenderung menilai pria berjambang memiliki tendensi dalam melakukan kejahatan.

Selain itu, pada tahun 2004, para ilmuwan meminta 371 orang untuk menggambarkan wajah seorang kriminal yang ada di benak mereka.

Hasilnya, sekitar 82% responden menggambar wajah seorang pria yang memiliki jambang.

Lantas, apakah dengan ini kita harus mengurungkan niat menumbuhkan jambang? Tentu tidak.

Kriminalitas sendiri dipengaruhi oleh berbagai aspek. Selama Brother menaati hukum yang ada, persepsi satu ini tentu akan terbantahkan.

Arti Jambang Pria dalam Aspek Kesehatan

Selain lingkup sosial, arti jambang pria juga berhubungan dengan aspek kesehatan. Bagian rambut ini disinyalir menyimpan sejumlah manfaat, di antaranya:

1. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Siapa sangka dengan mempunyai jambang kita dapat terhindari dari kanker kulit? Jambang berfungsi melindungi kulit dari pancaran sinar ultraviolet.

Karena itu semakin tebal jambang, maka semakin efektivitas pula tingkat perlindungannya terhadap kulit seseorang.

2. Buat Wajah Terlihat Awet Muda

Jambang Membuat Wajah Terlihat Muda

Dengan terlindunginya kulit dari sinar ultraviolet, wajah akan terlihat lebih cerah dan sehat. 

Selain itu tanda-tanda penuaan dini akan berkurang, seperti timbulnya flek hitam dan kerutan.

Bagi Anda yang sudah berusia lanjut, memelihara kesehatan kulit wajah dapat dimulai dengan menumbuhkan jenggot, kumis dan brewok.

3. Mencegah Alergi dan Asma

Tidak cuma kanker, risiko penyakit asma pun dapat dicegah dengan menumbuhkan jambang.

Jambang yang lebat bisa berfungsi sebagai filter debu. Sehingga sebelum terhirup oleh hidung, debu-debu tersebut biasanya menempel pada rambut wajah.

Untuk alasan yang sama, penderita alergi debu juga cocok untuk memelihara rambut tersebut.

4. Menjaga Kelembapan Wajah

Manfaat atau arti jambang pria dalam aspek kesehatan selanjutnya adalah, mampu menjaga kelembapan kulit wajah.

Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab kulit menjadi kering adalah terpaan udara.

Selain itu, rambut jambang juga mampu mengefektifkan kinerja kelenjar minyak (sebaceous) dalam melembapkan permukaan kulit.

5. Membantu Menghangatkan Kulit

Perspektifnya mirip seperti rambut pada hewan. Semakin tebal rambut atau bulunya, biasanya hewan tersebut mampu menghadapi cuaca dingin.

Rambut jambang menghalau masuknya udara ke dalam kulit. Karena itu jika permukaannya tebal, wajah kalian pun akan terasa lebih hangat.

Bagaimana Brother, sudah pahamkan arti jambang pria dalam aspek sosial dan kesehatan. 

Masih tertarik memelihara jambang? Jangan lupa gunakan produk penumbuh jambang, kumis dan brewok dari Maaz.id, ya.

Kalian bisa mendapatkannya secara langsung melalui website ini. Atau, beli secara daring melalui laman e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Semoga bermanfaat!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.