10 Cara Menumbuhkan Kumis Lebih Cepat dan Lebat

 

Menumbuhkan jenggot atau brewok memang sedang tren dan banyak pria yang akhirnya memutuskan untuk menumbuhkan brewoknya. Bukan tanpa alasan, memiliki jenggot atau brewok memang otomatis membuatmu tampak lebih macho. Lantas bagaimana dengan memiliki kumis? Sama populernya dengan jenggot, tren menumbuhkan kumis juga sudah ada sejak dulu. Dikutip dari laman BBC yang menyebutkan bahwa tren menumbuhkan kumis dimulai dari era Raja Charles dari Inggris pada tahun 1600 dan semakin berkembang hingga tren tersebut populer di tahun 1930-an. Saat ini ada banyak selebritis pria populer yang tampak keren dengan kumisnya seperti Freddie Mercury, Brad Pitt, Asthon Kutcher, atau bahkan Chris Hemsworth dan Joe Jonas. Kalau kamu ingin seperti mereka, tak ada salahnya kamu ketahui cara menumbuhkan kumis yang lebat dan lebih cepat.

Cara menumbuhkan kumis yang lebat

Seperti halnya menumbuhkan brewok atau jenggot, kamu juga mesti mengetahui cara  menumbuhkan kumis dengan benar. Meski membutuhkan sedikit usaha dan waktu, kamu bisa coba cara melebatkan kumis berikut ini!

1. Tumbuhkan brewok atau jenggot terlebih dahulu

Mungkin saat akan pertama kali menumbuhkan kumis, kamu bertanya-tanya jika kamu punya bakat untuk memiliki kumis yang lebat. Memang, sebagian pria dapat memiliki kumis yang tumbuh dengan mudah sementara pria lain tidak memilikinya. Jika kamu belum begitu yakin apakah kumismu akan tumbuh, kamu bisa coba menumbuhkan brewok atau jenggot terlebih dahulu. Untuk mendapatkan kumis yang kamu idamkan setidaknya kamu harus menumbuhkan brewok atau jenggot setebal 6-8 mm terlebih dahulu. Baru setelah itu kumis akan nampak muncul dan terlihat. Coba untuk menumbuhkan jenggot atau brewok dalam waktu minimal 4 minggu.

2. Jangan terlalu sering memangkas kumis dan jenggot

Cara melebatkan kumis selanjutnya adalah biarkan kumis tumbuh dengan sendirinya saat brewok atau jenggot sudah mulai lebat. Hindari memangkas jenggot atau kumis terlalu sering karena hal ini tentu akan membuat kumis atau jenggot tumbuh lebih lama. Jangan percaya pada mitos yang mengatakan bahwa jenggot atau kumis akan tumbuh lebih cepat jika sering dicukur. Nyatanya, kamu akan semakin lama mendapatkan kumis yang kamu idamkan jika terlalu sering mencukurnya. Tunggulah agar kumis tumbuh cukup panjang dan jika panjangnya sudah melebihi bibir bagian atas kamu baru bisa merapikannya dengan memangkasnya sedikit.

3. Gunakan produk khusus penumbuh kumis

Salah satu cara melebatkan kumis yang banyak digunakan oleh para pria adalah dengan menggunakan produk khusus atau obat penumbuh kumis. Biasanya obat penumbuh kumis terbuat dari bahan alami yang dapat merangsang pertumbuhan rambut pada daerah wajah seperti halnya beard oil. Ada banyak produk penumbuh jenggot dan kumis di luar sana, jika kamu tertarik mencobanya, kamu bisa memilih produk yang aman dan terbuat dari bahan alami seperti minyak jojoba, argan, peppermint dan minyak zaitun. Gunakan produk secara rutin sesuai anjuran agar kumis cepat tumbuh dan menjadi lebat.

4. Lakukan perawatan kulit wajah secara rutin

Dengan membersihkan dan melakukan perawatan kulit wajah secara rutin, kamu juga bisa menumbuhkan kumis lebih cepat. Cara menumbuhkan kumis yang satu ini harus dilakukan secara rutin. Bersihkan wajah secara teratur dua kali sehari untuk menghilangkan sisa-sisa minyak dan kotoran pada wajah yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu, kamu juga harus rutin melakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub atau produk lainnya. Eksfoliasi bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menempel pada wajah. Sel kulit mati tersebut dapat menghambat pertumbuhan rambut pada wajah sehingga kumismu tidak dapat tumbuh optimal. Pastikan kamu melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati dua kali dalam seminggu. Pilihlah produk yang sesuai jenis kulit dan aman digunakan.

5. Lakukan riset tentang model kumis yang cocok

Setelah kumis cukup panjang, agar kumis terlihat lebih rapi dan keren, kamu bisa melakukan riset tentang model kumis yang cocok. Pastikan kamu membentuk kumismu dengan benar dan cocok dengan bentuk wajahmu. Jika kamu memiliki rahang yang cukup tegas, kumis dan brewok yang lebat tentu akan terlihat menarik. Lain halnya jika kamu memiliki bentuk wajah oval atau persegi, ada baiknya kamu mencukur tipis jenggot dan membiarkan kumis tumbuh sedikit lebih lebat.

6. Gunakan alat cukur yang tepat

Cara melebatkan kumis yang satu ini juga mesti kamu pertimbangkan. Jika kamu memelihara kumis tentunya kamu juga membutuhkan alat untuk merawat dan mencukurnya agar lebih rapi. Pastikan kamu memilih alat cukur yang tepat untuk merapikan kumismu. Kamu bisa menggunakan trimmer atau alat cukur jenggot pada umumnya atau gunting khusus yang memang digunakan untuk mencukur kumis. Lakukan trimming atau pemangkasan ujung kumis yang panjangnya melebihi bibir bagian atas setiap tiga hari atau empat hari sekali. Ingat, kamu sebaiknya memangkas kumis dalam keadaan kering agar bisa mengetahui panjangnya secara akurat. Kamu tidak mau kan nantinya kumismu terlalu pendek dan terlihat aneh? Setelah mencukur jangan lupa juga untuk menyisir kumismu agar terlihat lebih rapi.

7. Mengkonsumsi makanan sehat

Salah satu cara menumbuhkan kumis supaya lebih lebat adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang. Makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral dapat membantu rambut terutama daerah wajah tumbuh lebih cepat. Selain itu, konsumsi vitamin tertentu seperti vitamin B1, B6, B12 dan vitamin C juga bisa memicu tumbuhnya kumis dan brewok pada wajah. Vitamin tersebut dapat menjaga kadar normal hormon testosteron dalam tubuh yang dibutuhkan pria untuk menumbuhkan rambut pada area wajah dan tubuh. Sebaliknya, jika ingin kumis tumbuh lebih cepat sebaiknya hindari konsumsi gula karena berdasarkan penelitian yang dimuat dalam laman Medical Xpress, gula dapat menurunkan kadar testosteron dalam tubuh. Berkurangnya kadar testosteron tentu akan berdampak pula pada pertumbuhan rambut di area wajah.

8. Cukup istirahat

Tidak hanya mengkonsumsi makanan sehat, cara menumbuhkan kumis yang satu ini juga wajib dilakukan. Cukup istirahat dan terbebas dari stress adalah salah satu kunci mendapatkan kumis yang lebat. Hormon kortisol yang dihasilkan saat tubuh stress dapat menurunkan kadar testosteron dalam tubuh. Untuk itulah, kamu perlu istirahat yang cukup untuk mengeliminasi pengaruh hormon kortisol dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism pada tahun 2005 menyebutkan bahwa tidur yang cukup dapat meningkatkan level testosteron pada pria. Jadi, jangan sampai kamu kurang tidur kalau ingin kumismu tumbuh lebat.

9. Lakukan pemijatan pada area wajah

Area wajah yang ditumbuhi rambut baik kumis dan jenggot tentu membutuhkan aliran darah yang membawa nutrisi dan juga hormon. Agar dapat tumbuh lebih cepat, salah satu cara menumbuhkan kumis adalah dengan melakukan pemijatan di area wajah secara rutin. Dengan melakukan pemijatan, aliran darah akan menjadi lebih lancar dan kulit bisa mendapatkan pasokan nutrisi dan hormon yang dibutuhkan. Sebaiknya, lakukan pijatan di daerah pipi setiap hari karena di area ini aliran darah dianggap cukup lemah dibanding area wajah lainnya.

10. Bersabar selama proses

Satu hal yang pasti dilakukan dan menjadi salah satu cara melebatkan kumis adalah bersabar selama prosesnya. Tidak ada keajaiban yang bisa terjadi dalam satu malam meskipun kamu menggunakan obat penumbuh kumis yang paling mujarab. Setidaknya kamu harus menunggu selama beberapa minggu untuk mendapatkan kumis yang kamu inginkan mengingat rambut pada area wajah hanya tumbuh maksimal 0,4 mm setiap harinya. Jadi, pastikan kamu bersabar menunggu kumismu tumbuh dan jangan terburu-buru putus asa jika kamu baru menghabiskan beberapa minggu untuk menunggunya tumbuh.

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara menumbuhkan kumis lebih cepat dan kamu bisa gunakan produk yang tepat untuk mendukung tumbuhnya kumismu. Maaz Grooming adalah produk perawatan khusus pria yang bisa membantu menumbuhkan kumis, dan kalau kamu tertarik kamu bisa daftarkan emailmu pada mailing list di bawah ini. Dapatkan informasi dan promo menarik saat produk diluncurkan. 

Tulis komentar