11 Cara Ampuh Menumbuhkan Brewok Lebih Sehat dan Lebat

Brewok memang bisa membuat penampilanmu makin keren, tapi menumbuhkan brewok atau jenggot tentu punya tantangannya tersendiri. Ada tiga kriteria yang membuat brewok atau jenggot terlihat keren, dari segi ketebalan, panjang dan tampilannya yang segar. Tiga hal tersebut bisa diperoleh dengan melakukan perawatan yang tepat.

Biasanya banyak yang menyerah karena tak tahan dengan rasa gatal maupun tidak terbiasa sehingga pada akhirnya menyerah dan memangkas habis rambut pada area wajah. Kalau selama ini kamu mencoba menumbuhkan brewok yang lebat dan sehat tapi masih sering gagal, kamu bisa coba beberapa cara ampuh menumbuhkan brewok atau jenggot lebih cepat dan lebih lebat dalam 4 minggu berikut ini!

1. Rawat Kulit dengan Baik

Merawat kulit wajah dengan baik akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan brewokmu. Kalau kamu ingin memiliki brewok yang lebat dan panjang, jangan lupa untuk membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari. Gunakan pembersih atau sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Membersihkan wajah secara rutin dapat membantu mengangkat sel kulit mati penyumbat folikel rambut pada wajah, penyumbatan inilah yang sering menghambat pertumbuhan brewok atau jenggot. Jangan lupa juga untuk menggunakan moisturizer atau pelembab agar wajah lebih sehat dan membantu pertumbuhan rambut pada wajah. Kamu akan melihat perbedaannya dalam beberapa minggu jika perawatan dilakukan dengan benar.

2. Rutin Olahraga

Pria sejati pasti tidak akan malas olahraga. Nah, sejatinya olahraga juga bisa merangsang pertumbuhan jenggot atau brewok sehingga kamu bisa memiliki jenggot atau brewok yang lebih tebal. Dengan melakukan olahraga seperti angkat beban, berlari, berjalan cepat, bersepeda dan olahraga lainnya, tubuhmu bisa meningkatkan produksi testosteron yang merupakan hormon pria yang berkaitan dengan pertumbuhan jenggot atau brewok.

Selain meningkatkan hormon testosteron, olahraga juga bisa meningkatkan produksi DHT atau Dihydrotestosteron. DHT ini punya peran penting dalam pertumbuhan folikel rambut khususnya di area wajah. Jika kamu belum rutin berolahraga, mulailah dengan olahraga ringan atau minta bantuan instruktur kesehatan di kotamu.

3. Kurangi Stress

Saat stress tubuh cenderung menghasilkan senyawa kortisol yang dapat menghambat produksi testosteron. Tanpa produksi testosteron yang cukup tentu perkembangan folikel rambut pada wajah tidak akan maksimal dan brewok atau jenggot mu tidak akan tumbuh lebat. Stress juga mengakibatkan pasokan nutrisi berkurang pada daerah folikel rambut serta membuatmu sulit tidur.

Tidur yang cukup mutlak diperlukan kalau kamu ingin mendapatkan jenggot atau brewok yang penuh dan lebat. Stress dalam waktu yang cukup lama juga berpotensi menghambat pertumbuhan rambut pada wajah sehingga kamu harus menenangkan diri dengan berbagai cara termasuk melakukan meditasi.

4. Cukup Tidur

Untuk memastikan tubuh menghasilkan  hormon testosteron, kamu harus cukup istirahat. Dengan tidur yang cukup 8 jam dalam semalam,  kamu bisa mendapatkan kadar testosteron yang cukup untuk memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan brewokmu. Dengan tidur yang berkualitas, kamu juga bisa menghilangkan stress dan penat yang merupakan salah satu penyebab lambatnya pertumbuhan brewok atau jenggot.

Menurut penelitian, jika kamu hanya tidur 5 jam sehari, produksi testosteron akan berkurang hingga 15% dan mengakibatkan pertumbuhan rambut atau brewok yang tidak merata pada area wajah atau pathcy beard.

5. Makan Makanan Sehat

Selain cukup tidur, untuk mempercepat pertumbuhan jenggot atau brewok, kamu juga harus memperhatikan pola makan. Pastikan kamu cukup mengkonsumsi protein yang merupakan zat penyusun filamen rambut pada brewok atau jenggot. Dengan konsumsi protein yang cukup, jenggot akan tumbuh lebih lebat dan berkilau sehat. Selain konsumsi protein,  sayur dan buah yang kaya vitamin dan mineral juga bisa membantu mempercepat pertumbuhan brewok atau jenggot yang kamu inginkan.

6. Konsumsi Suplemen

Beberapa vitamin dan mineral diketahui bisa menunjang pertumbuhan jenggot atau brewok, namun kebanyakan pria tidak mengkonsumsi cukup vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhannya. Beberapa jenis mineral dan vitamin yang dibutuhkan adalah seng, tembaga, magnesium, zat besi, Vitamin D dan Vitamin E. Suplemen makanan lainnya yang bisa dikonsumsi untuk mempercepat pertumbuhan folikel rambut adalah biotin, Vitamin B6 dan C.  Meski bisa membantu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli sebelum mengkonsumsi suplemen tersebut.

7. Gunakan Produk Khusus secara Rutin

Biasanya hal pertama yang akan dilakukan oleh seorang pria saat akan menumbuhkan jenggot atau Brewok adalah mengoleskan produk khusus pada bagian tersebut. Salah satu produk yang paling banyak digunakan adalah minyak maupun krim khusus penumbuh jenggot atau brewok. Menggunakan produk tersebut tentunya bisa membantu melembabkan daerah sekitar brewok sehingga rambut dapat tumbuh dengan lebih lebat. Pastikan kamu memilih produk yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan jenggot atau brewokmu.

8. Lakukan Trimming dengan Benar

Saat menumbuhkan jenggot atau Brewok memang disarankan untuk tidak melakukan pencukuran sebelum 4 minggu. Tapi, kalau kamu memang ingin melakukan sedikit trimming atau pemangkasan untuk membentuk brewok atau jenggot mu, kamu bisa melakukannya dengan benar atau meminta bantuan ahli. Kamu bisa memangkasnya sendiri dan merapikannya mulai dari bagian di daerah leher atau neckline dan bagian atas atau topline. Hindari melakukan trimming saat rambut jenggotmu masih dalam keadaan basah.

9. Konsumsi Cukup Cairan

Selain konsumsi cukup makanan sehat, supaya kamu mendapatkan jenggot atau brewok yang lebih lebat, kamu harus cukup mengkonsumsi cairan atau air putih setiap hari. Saat kulit terhidrasi dengan baik maka folikel rambut dapat tumbuh dengan maksimal dan kamu bisa mendapatkan jenggot yang lebih lebat. Selain itu, mengkonsumsi cukup cairan juga bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh yang dapat menghambat pertumbuhan folikel rambut pada daerah wajahmu.

10. Gunakan Shampo dan Kondisioner pada Jenggot

Sama seperti rambut yang ada pada daerah kepala, rambut jenggot juga akan lebih cepat tumbuh lebat jika dirawat dengan baik. Saat membersihkan rambut dan kulit kepala dengan sampo berbahan natural, kamu juga bisa melakukannya pada rambut jenggot atau brewokmu.

Selain menggunakan sampo, kamu juga bisa menggunakan conditioner agar rambut jenggot lebih mudah diatur dan tidak mudah kusut. Dengan rutin membersihkan dan menutrisi, jenggot yang kamu miliki bisa tumbuh lebih lebat dan panjang sesuai dengan yang kamu inginkan.

11. Abaikan Mitos yang Beredar

Banyak mitos yang beredar tentang penggunaan bahan tertentu untuk mempercepat pertumbuhan jenggot atau brewok. Beberapa mitos yang beredar diantaranya adalah menggunakan odol atau mentega untuk mempercepat pertumbuhan jenggot atau brewok. Kedua bahan ini tidak dapat membantu rambut pada wajah tumbuh lebih cepat sehingga kamu bisa abaikan mitos ini. Selain itu, jangan juga percaya pada mitos yang menyatakan bahwa dengan sering bercukur, jenggot atau brewok bisa tumbuh dengan cepat.

Sudah paham cara menumbuhkan brewok atau jenggot yang lebih sehat dan cepat? Kamu bisa praktekkan tips tersebut mulai sekrang. Kalau kamu butuh produk grooming yang tepat, kamu bisa coba produk Maaz Grooming yang didesain khusus untuk pria masa kini. Maaz Grooming akan meluncur pada pertengahan tahun ini, dan kalau kamu ingin mencoba, kamu bisa subscribe mailing list Maaz dengan mendaftarkan emailmu. Dapatkan harga menarik saat produk meluncur dan tips menarik lainnya saat kamu sudah berlangganan.

Tulis komentar