5 Tips Memilih Alat Cukur Jenggot yang Tepat

Pria mana yang tak ingin menumbuhkan jenggot atau brewok dewasa ini? Karena pria dianggap lebih keren dan dewasa dengan jenggot, tren ini makin berkembang dan produk penumbuh jenggot jadi makin diminati. Tapi tak hanya menumbuhkan jenggot, agar terlihat lebih rapi dan keren, kamu tentu harus sering merapikannya dengan kegiatan mencukur. Kegiatan mencukur jenggot mungkin sudah jadi rutinitas harian bagi beberapa pria sehingga alat cukur jenggot menjadi cukup penting saat ini.

Tips memilih alat cukur jenggot yang tepat

Meski bercukur sudah lumrah kadang kamu masih sering mengalami masalah saat mencukur seperti iritasi kulit dan hasil cukur yang tidak rapi serta rambut jenggot yang tak tumbuh kembali. Masalah seperti itu tentu sebenarnya bisa dihindari jika kamu memilih pisau cukur yang tepat dan tidak asal. Jika demikian mungkin kamu harus lebih memperhatikan jenis pisau cukur yang kamu gunakan dan bagaimana pisau cukur tersebut digunakan dengan benar. Ketahui jenis dan tips memilih pisau cukur yang tepat berikut ini!

1. Pilih Alat Cukur Sesuai Kebutuhan

Tips memilih alat cukur jenggot yang pertama harus dipertimbangkan adalah memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Alat cukur tersebut bisa dipilih sesuai tujuan seperti untuk memangkas, membentuk atau sekedar merapikan. Kamu juga bisa memilih alat cukur jenggot sesuai dengan kemudahan saat menggunakan. Jadi, kalau kamu belum mahir menggunakan alat cukur jenggot elektrik, kamu bisa menggunakan alat cukur jenggot manual. Kamu yang sering bepergian juga bisa memilih alat cukur sesuai kebutuhan. Pilih alat cukur jenggot tanpa kabel jika kamu sering bepergian dan lebih suka menggunakan alat cukur jenggot elektrik.

Beberapa alat cukur jenggot juga dilengkapi dengan sisir dan menu yang dapat diatur untuk mengetahui panjang jenggot yang diinginkan. Kamu bisa mempertimbangkan fitur ini saat memilih alat cukur jenggot yang lebih akurat untuk mendapatkan hasil cukur yang modis.

2. Ketahui Jenis Kulit

Saat memilih alat cukur jenggot, kamu juga harus mempertimbangkan jenis kulit wajah yang kamu miliki. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif dan mudah terluka, ada baiknya kamu menggunakan alat cukur seperti safety razor yang lebih aman. Alat cukur jenggot tersebut dapat meminimalisir iritasi pada kulit akibat luka yang terjadi saat mencukur. Selain itu, kamu yang memiliki kulit sensitif juga bisa memilih alat cukur jenggot elektrik yang cenderung aman dan memiliki fungsi melembabkan.

Pilih juga jenis alat cukur jenggot yang dapat disesuaikan dengan kebiasaan mencukur, baik mencukur setelah mandi dan jenggot masih basah atau saat jenggot dalam keadaan kering. Jika kamu sering mencukur dalam keadaan basah atau kering, kamu bisa pilih alat cukur jenggot yang dapat melakukan kedua fungsi tersebut.

3. Manual atau Elektrik?

Ada banyak jenis alat cukuran dijual di pasaran saat ini dan alat cukur tersebut biasanya dibedakan menjadi alat cukur manual dan elektrik. Alat cukur manual atau yang biasa dikenal sebagai pisau cukur sekali pakai bisa diandalkan untuk kamu yang ingin mencukur lebih mudah. Pisau cukur ini bisa membuat proses mencukur lebih mudah dan bisa dilakukan dimana saja dengan risiko terluka yang lebih kecil. Selain itu, alat cukur ini juga lebih mudah didapat dan dibawa kemana saja. Meski demikian, alat cukur jenggot ini juga memiliki kekurangan dimana kamu harus lebih sering mencukur karena rambut jenggot akan tumbuh lebih cepat, pisau lebih mudah berkarat dan tumpul sehingga harus sering diganti dan jika menggunakan mata pisau lebih banyak, kamu juga bisa mengiritasi kulitmu.

Alat cukur jenggot elektrik juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang yang ingin mencukur lebih cepat dan efisien. Saat ini alat cukur elektrik memiliki daya yang berasal dari listrik maupun baterai. Cocok untuk kamu yang yang ingin mencukur secara cepat dan mendapatkan hasil yang bersih dan rapi. Meski demikian, alat cukur jenggot elektrik membutuhkan perawatan yang lebih dan kamu tidak boleh melakukan kesalahan saat mencukur karena alat ini mencukur rambut pada jenggot dengan sangat presisi.

4. Pahami Tipe Pisau Cukur

Ada beberapa jenis pisau pada alat cukur yang bisa kamu gunakan diantaranya single edge atau mata pisau satu sisi dan juga double edge atau mata pisau dua sisi. Double edge razor adalah alat cukur yang kedua sisi mata pisaunya bisa digunakan sementara single blade hanya memiliki satu sisi mata pisau yang berfungsi. Biasanya, alat cukur double edge digunakan oleh pria yang suka mencukur setelah mandi atau dalam keadaan basah sementara single edge biasa digunakan saat rambut jenggot telah kering. Mata pisau alat cukur jenggot single edge biasanya lebih kaku dan lebih awet dibandingkan dengan alat cukur jenggot dua sisi atau double edge.  Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan dan efisiensinya.

Pastikan kamu memilih pisau cukur yang tepat agar bisa mencukur lebih dekat pada bagian ujung rambut dan mengurangi timbulnya luka atau iritasi. Kulit pria cenderung lebih lama sembuh dari luka sebagaimana disebutkan dalam International Journal of Cosmetic Science, oleh sebab itu kamu harus melakukan kegiatan mencukur dengan hati-hati dan gunakan alat cukur jenggot yang tepat


5. Pertimbangkan Harga dan Budget

Saat memilih alat cukur jenggot, kamu tentu bisa mempertimbangkan harga dan merek alat tersebut. Beberapa alat cukur dengan merek ternama memang dijual dengan harga yang cukup tinggi karena kualitas yang ditawarkan. Memang alat cukur jenggot yang mahal tidak selalu menjamin hasil cukur jenggot kamu lebih rapi dan bersih tapi tentu kualitas bisa memberikan perbedaan. Pisau alat cukur yang berkualitas biasanya terbuat dari baja anti karat yang awet, tajam dan punya ujung mata pisau yang halus sehingga resiko terluka saat mencukur lebih sedikit. Selain itu, gagang alat cukur juga dibuat lebih kompak dan tidak mudah selip saat digunakan. Gagang alat cukur yang lebih berat juga bisa mengurangi tekanan saat mencukur sehingga kamu tidak perlu menekannya terlalu keras saat digunakan.

Jika kamu menggunakan alat cukur jenggot sembarangan dengan harga yang relatif murah tentunya kamu punya resiko iritasi yang lebih besar dan hasilnya tidak begitu efektif. Beberapa merek alat cukur jenggot ternama seperti Philips, Braun, Panasonic, Wahl dan lainnya bisa jadi pertimbangan saat memilih. Jika kamu punya budget lebih, kamu juga bisa membeli alat cukur multifungsi yang bisa digunakan untuk mencukur rambut di bagian tubuh lainnya.

Itulah beberapa tips memilih alat cukur jenggot atau brewok yang tepat. Sebelum membeli, lakukan riset terlebih dahulu dan pahami fiturnya. Jika kamu juga ingin mencoba produk perawatan pria yang tepat, kamu bisa berlangganan mailing list Maaz Grooming yang akan segera meluncur tahun ini. Subscribe sekarang dengan mendaftarkan emailmu dan dapatkan promo menarik saat produk diluncurkan!

Tulis komentar