7 Cara Mencukur Kumis yang Benar agar Tampilanmu Lebih Stylish

 

Seperti halnya jenggot dan brewok, sebagian pria juga gemar memelihara kumis. Memelihara kumis tentunya sama dengan memelihara jenggot yang membutuhkan kesabaran. Kalau kamu ingin memiliki kumis yang stylish tentu kamu harus memeliharanya dan tahu cara mencukur kumis dengan benar.

Cara Mencukur Kumis dan Langkah yang Bisa Kamu Ikuti

Memiliki kumis punya banyak manfaat, salah satunya adalah dinilai sebagai sosok yang dewasa dan dan dipercaya dalam hubungan. Pria yang berkumis dianggap lebih layak dijadikan pasangan untuk menikah sebagaimana disebutkan dalam Journal of Nonverbal Behaviour. Meski begitu, jika kamu tak punya waktu untuk datang ke barber dan menata kumismu dengan benar, kamu bisa gunakan cara mencukur kumis beserta langkahnya berikut untuk mendapatkan penampilan keren!

1. Siapkan kulit sebelum mencukur

Agar mendapatkan hasil cukur kumis yang sempurna, kamu harus memperhatikan cara mencukur kumis yang satu ini. Siapkan kulit wajah sebelum mencukur. Kondisi kulit yang lembab, dan bersih akan mempermudah proses pencukuran dan kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih presisi tanpa harus teriritasi. Kamu bisa membersihkan wajah dengan facial foam terlebih dahulu ataupun menggunakan scrub wajah agar permukaan kulit lebih halus. Melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan scrub bisa membantu alat cukur bekerja dengan sempurna. Meskipun demikian, jangan melakukan eksfoliasi lebih dari dua kali dalam seminggu karena jika terlalu sering kulit justru bisa rusak. Setelah melakukan proses eksfoliasi, kamu juga bisa membuka pori-pori kulit dengan menggunakan uap panas. Selain membuka pori, uap panas juga dapat melembutkan rambut pada kumis sehingga lebih mudah dipangkas dan ditata.

2. Pilih alat cukur yang tepat

Cara mencukur kumis yang benar tentu tidak lepas dari penggunaan alat cukur yang tepat. Untuk mencukur kumis, kamu juga bisa menggunakan alat cukur atau trimmer yang biasa digunakan untuk mencukur jenggot atau brewok. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan gunting khusus rambut untuk memangkas kumis. Pastikan kamu menggunakan alat cukur yang terbuat dari bahan berkualitas. Pastikan mata pisau alat cukur atau gunting yang kamu gunakan tajam dan memiliki sisi yang halus agar hasil cukur lebih presisi dan bersih. Menggunakan alat cukur yang tumpul hanya akan membuat proses mencukur lebih sulit dan hasil yang didapat tidak maksimal. Selain itu, dengan menggunakan alat cukur yang tumpul kamu akan lebih banyak membutuhkan tekanan pada kulit wajahmu dan hal tersebut dapat menimbulkan iritasi.

3. Bentuk kumis dengan alat cukur

Agar lebih mudah, sebaiknya kamu gunakan shaving cream atau krim sebelum mencukur. Shaving cream bisa melembabkan kulit sekaligus mencegah terjadinya iritasi. Setalah mengoleskan shaving cream, kamu bisa mulai mencukur kumis. Cara mencukur kumis yang tepat antara lain dengan menggunakan alat cukur yang tepat seperti gunting khusus untuk memangkas kumis secara presisi. Pangkas rambut yang ada di atas bibir sesuai garis lurus agar tidak melebihi garis bibir. Setelah bagian tersebut rapi, kamu bisa melanjutkannya dengan merapikan bagian ujung kumis yang berada di dekat bibir. Lanjutkan dengan memangkas secara pelan-pelan kumis di bagian tengah. Jangan terlalu menekan atau memangkas kumis terlalu pendek. Perhatikan cara mencukur kumis dengan benar agar tidak terjadi kesalahan dan terlihat aneh dengan bentuk kumismu.

4. Panggas jenggot atau brewok agar kumis lebih nampak.

Pria yang berkumis biasanya juga memiliki jenggot atau brewok tetapi jika jenggot atau brewok yang ia miliki terlalu panjang atau penuh maka kumis yang ia miliki tidak akan terlalu tampak. Agar kumis lebih nampak, kamu bisa mencukur brewok atau jenggotmu lebih rapi. Sebagian besar pria tak begitu suka dengan kumis yang terlalu tebal atau bushy. Jika kamu ingin kumis yang rapi dan nampak selaras dengan jenggot atau brewokmu, ada baiknya jika panjang kumis tidak melebihi 2cm. Nah, kalau Kamu lebih suka memelihara kumis dibandingkan memiliki Brewok atau jenggot, kamu juga bisa memangkas bersih brewok atau jenggot dan sisakan hanya dengan ketebalan 10 mm.

5. Cukur dalam jarak yang benar

Cara mencukur kumis yang benar tentu harus diperhatikan dan agar mendapatkan hasil cukur yang maksimal kamu harus melakukannya dengan jarak yang tepat. Saat mencukur kumis ada baiknya kamu melakukannya lebih dekat pada kulit supaya lebih presisi. Pastikan juga kamu mencukur dengan mengarahkan alat cukur ke bawah dan bukannya ke atas. Jika kamu melakukannya dengan jarak yang tepat, kumis akan terlihat lebih rapi. Jangan lupa setelah memangkas kumis, perhatikan setiap detail rambut kumismu dan jika kamu menemukan rambut yang masih belum rapi dan tersembunyi, kamu bisa gunakan gunting cukur untuk merapikannya. Jangan sampai kamu lewatkan cara mencukur kumis yang satu ini.

6. Gunakan produk Aftershave

Setelah selesai mencukur, kamu bisa melakukan perawatan selanjutnya pada kulit dan rambut yang tumbuh pada area tersebut. Basuh wajah, kumis dan jenggot dengan air bersih dan bila perlu gunakan pembersih khusus. Bilas dengan air dingin agar pori-pori wajah menutup. Setelah dibilas, oleskan produk aftershave seperti krim atau minyak khusus pada kumis dan jenggot agar tetap lembut dan lembab. Ada banyak produk aftershave yang kini dijual di pasaran dan kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya, pilih produk aftersave yang terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung alkohol sehingga iritasi kulit bisa dihindari.

7. Rapikan kumis dan gunakan wax

Kamu tentu ingin kumis terlihat lebih rapi, bukan? Jika iya, setelah mencukur kamu bisa gunakan wax atau pomade agar lebih tertata. Cara menggunakan wax untuk menata kumis cukup mudah. Kamu bisa menghangatkan sedikit wax dengan menggunakan tangan kemudian mengusapnya pada kumis secara perlahan. Dengan menggunakan jempol dan jari telunjuk, tarik perlahan ujung kumis ke bagian tengah. Lakukan gerakan memutar kumis ke arah dalam dan saat selesai kamu bisa menambahkan sedikit wax pada ujung kumismu.

Dengan menggunakan wax atau pomade kamu juga bisa menata kumis dengan berbagai model. Pastikan kamu juga memilih produk wax atau pomade yang tepat untuk kumismu. Kalau kamu ingin mencoba produk grooming khusus pria yang berkualitas, kamu bisa subscribe mailing list dengan mendaftarkan email kamu. Dengan mendaftarkan emailmu, kamu bisa mendapatkan informasi dan promos khusus seputar produk Maaz Grooming yang akan segera meluncur di pasaran pertengahan tahun ini. Jangan sampai kelewatan dan dapatkan kesempatan mencoba produk perawatan pria dengan kualitas terbaik. 

Tulis komentar