7 Tips Mencukur Jenggot Rapi yang Mesti Pria Ketahui!

Menumbuhkan jenggot atau brewok saat ini memang digemari pria karena dapat mempengaruhi penampilan. Pria bakal terlihat lebih maskulin dan matang saat memiliki jenggot atau brewok pada wajahnya. Tidak hanya menumbuhkan jenggot, saat ini para pria sudah lebih sadar untuk merawat kebersihan area wajah dengan melakukan perawatan yang tepat. Dengan memiliki jenggot yang tercukur rapi dan bersih tentunya kamu akan terlihat lebih profesional dan elegan. Jangan hanya sekedar menumbuhkan jenggot atau brewok tetapi tidak merawatnya dengan benar.

Tips mencukur jenggot dengan rapi

Wajahmu tentu jadi salah satu hal yang akan dilihat pertama kali dari seseorang. Kalau kamu memiliki jenggot yang rapi dan bersih, kamu bisa lebih percaya diri dan orang lain juga bisa menilai penampilanmu dengan lebih baik. Sebagaimana yang tercantum dalam Journal of Evolutionary Biology bahwa pria terlihat lebih menarik dengan jenggot atau brewok yang dimilikinya. Meskipun begitu kadang kamu masih bingung bagaimana cara mendapatkan jenggot atau brewok yang tercukur rapi dan bersih apalagi datang ke barbershop dan bercukur di luar saat ini lumayan sulit dilakukan. Kalau begitu kasusnya, kamu mesti simak beberapa tips mencukur jenggot rapi dan bersih  berikut ini!

 

1. Hangatkan Area Wajah dan Jenggot

Agar mencukur lebih mudah, kamu bisa menghangatkan daerah wajah dan rambut jenggotmu agar lebih halus saat dicukur. Gunakan uap panas atau alat steamer untuk menghangatkan area wajah. Selain melembutkan rambut, uap panas juga bisa membuka pori-pori kulit sehingga produk yang digunakan lebih bisa berfungsi secara maksimal. Terapkan tips mencukur jenggot yang satu ini sebelum mulai mencukur sendiri di rumah.

Sebaiknya lakukan kegiatan mencukur setelah selesai mandi. Jika tidak memiliki steamer, kamu bisa gunakan uap air panas yang diletakkan pada wadah. Lakukan steam kurang lebih sepuluh menit untuk melembutkan rambut jenggot dan membuka pori-pori wajah.

 

2. Bersihkan Wajah dan Gunakan Foam

Tips mencukur jenggot lainnya adalah jangan lupa juga untuk membersihkan wajah. Gunakan pembersih sesuai jenis kulit. Kamu juga bisa melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan face scrub agar kulit lebih lembut dan pisau cukur bisa berfungsi secara optimal. Setelah membersihkan kulit wajah, bersihkan juga area jenggot atau brewok dengan menggunakan pembersih atau shampo khusus jenggot. Area jenggot tentu berbeda dengan kulit kepala sehingga butuh produk khusus dengan fungsi yang tepat. Setelah membersihkannya dengan shampo, kamu juga bisa menggunakan kondisioner agar rambut jenggot lebih lembut dan mudah diatur saat proses mencukur. Setelah itu, kamu juga bisa menggunakan foam atau krim pencukur jenggot yang tak hanya melembutkan rambut di area jenggot tetapi juga mampu melembabkan kulit. Dengan kulit yang lembab, mencukur pasti jadi lebih mudah dan kamu bisa mengurangi resiko terluka saat bercukur. Jadi, jangan lupa gunakan krim atau foam saat mencukur jenggot atau brewokmu.

 

3. Ketahui model jenggot yang sesuai dengan bentuk wajah

Membentuk jenggot atau brewok sesuai dengan bentuk wajah tentu jadi hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Jangan asal memotong jenggotmu tanpa memperhatikan bentuk potongan jenggot yang sesuai dengan wajahmu. Bentuk wajah pria umumnya bisa dikategorikan sebagai oval, bulat, persegi, dan persegi panjang. Berdasarkan laman resmi Gillette, kamu yang punya bentuk wajah bulat bisa gunakan model jenggot yang membuatmu tampak lebih ramping seperti model Van Dyke, Balbo, Anchor, dan Short Boxes. Untuk kamu yang punya bentuk wajah oval, kamu bisa gunakan berbagai model seperti Chevron, 3-day stubble, Horseshoe mustache, dan Original Stache.

Kalau kamu yang punya bentuk wajah persegi, kamu bisa gunakan model jenggot Circle, Royale, Goatee, dan Petite goatee. Sementara, jika bentuk wajahmu persegi panjang ada baiknya kalau kamu gunakan model jenggot Mutton chops, Gunslinger, Chin strip. Intinya, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui bentuk wajahmu baru kemudian kamu bisa memilih model jenggot atau brewok mana yang ingin kamu miliki.

 

4. Cukur dengan teknik yang tepat

Setelah membersihkan dan melembabkan rambut jenggot, langkah selanjutnya adalah mencukur dengan teknik yang tepat agar hasil mencukur lebih rapi dan bersih. Sebelum mencukur sisir terlebih dahulu rambut pada jenggot atau brewok agar tidak ada rambut yang kusut. Saat mencukur ada baiknya kamu menarik kulit pada bagian yang akan dicukur, cukur dengan gerakan menyapu ke arah luar wajah. Sebaiknya, lakukan pencukuran rambut yang lebih pendek pada daerah pipi dan leher dan panjangkan jenggot di area janggut. Jangan sampai salah mencukur, gunakan teknik yang tepat karena jika salah, kamu tentu tidak bisa mengulanginya lagi. Ingat juga untuk selalu mencukur jenggot sesuai dengan arah tumbuhnya rambut, bukan berlawanan.

 

5. Lakukan pencukuran kedua kalinya

 

Jika sudah selesai mencukur jenggot, kamu bisa melanjutkan mencukur kumis dan merapikan jenggot untuk kedua kalinya. Gunakan sebuah sisir untuk menyisir kumis dan gunakan sisir sebagai patokan saat mencukur. Potong rambut kumis yang panjangnya sudah melebihi bibir. Setelah itu, perhatikan jenggotmu kembali, rapikan juga rambut jenggot dan pastikan panjangnya sudah sesuai dan sama, kali ini lakukan pencukuran dengan lebih lembut dan ringan. Dengan melakukan reshave atau pencukuran yang kedua kalinya, kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih rapi tentunya.

 

6. Hindari Melukai Area Wajah

Kamu tentu tidak mau melukai area wajah saat mencukur. Hal ini bisa dihindari dengan menggunakan pisau cukur yang tepat. Dengan menggunakan pisau cukur yang efektif, ujung pisau dapat menjangkau rambut lebih dekat dengan area wajah sehingga proses pencukuran bisa dilakukan dengan lebih mulus. Kamu bisa berinvestasi dengan pisau cukur berkualitas tinggi. Jika kamu menggunakan pisau cukur murahan yang tumpul, kamu bisa melukai area kulit dan membuatnya teriritasi. Jangan lupa juga untuk mengganti pisau cukur secara berkala atau setelah selesai mencukur agar hasilnya lebih halus dan rapi.

 

7. Gunakan Produk Aftershave

Setelah selesai mencukur jangan lupa untuk membersihkan kembali jenggot dengan menggunakan shampo. Bersihkan secara lembut dan lakukan gerakan searah dengan arah tumbuhnya rambut. Bilas hingga bersih kemudian gunakan juga produk aftershave seperti krim maupun beard oil, dan serum yang dapat melembabkan kulit wajah. Selain melembabkan, produk aftershave juga bisa membantu mengurangi dan merawat luka yang timbul pada saat pencukuran. Agar jenggot atau brewok tumbuh lebat, kamu bisa pilih produk aftershave yang juga memberi nutrisi disamping melembabkan. Pastikan produk terbuat dari bahan alami yang aman digunakan dan bebas alkohol.

 

Tips mencukur jenggot yang rapi di atas tentu bisa kamu aplikasikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Menggunakan produk yang tepat juga bisa membuat hasil cukuran lebih rapi dan bersih. Maaz Grooming adalah produk perawatan pria yang akan segera meluncur tahun ini dan cocok digunakan untuk membantu proses pencukuran jenggot menjadi lebih mudah. Kalau kamu tertarik untuk mencobanya, kamu bisa subscribe mailing list kami dengan mendaftarkan email pada kolom yang tersedia di bawah dan dapatkan promo khusus saat produk diluncurkan.

Tulis komentar