Apakah Biotin Bisa Membantu Pertumbuhan Brewok?

Tren menumbuhkan brewok memang sedang populer baru-baru ini. Banyak pria berlomba-lomba untuk menumbuhkan brewok atau jenggot yang lebat. Tidak semua pria bisa menumbuhkan brewok secara alami oleh sebab itu diperlukan bantuan atau produk pendukung seperti vitamin. Biotin adalah salah satu vitamin brewok yang dipercaya ampuh merangsang pertumbuhan brewok. Sebelum Bro mengkonsumsi atau menggunakan vitamin ini sebagai suplemen penumbuh brewok, Bro mesti ketahui terlebih dahulu apa itu biotin dan manfaatnya untuk pertumbuhan brewok.

Manfaat biotin bagi pertumbuhan brewok

Apa itu biotin?

Biotin atau vitamin B7 yang juga kerap disebut sebagai vitamin H dan koenzim R,  adalah salah satu vitamin larut air esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut. Selain itu, biotin juga diperlukan tubuh untuk mengubah zat makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi. Suplemen biotin biasanya digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok dan kuku yang rapuh. Meskipun bakteri dalam usus mampu memproduksi biotin sendiri, jumlahnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan biotin harian sehingga Bro tetap perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung biotin. Vitamin ini kerap dikonsumsi wanita untuk mendapatkan rambut dan kuku yang cantik. Para pria juga kerap mengkonsumsi biotin untuk mendapatkan rambut brewok yang lebih tebal dan panjang. 

Apa biotin berpengaruh terhadap pertumbuhan brewok?

Biotin memang berfungsi dalam mendukung metabolisme tubuh, akan tetapi vitamin ini juga berperan penting dalam pembentukan keratin rambut. Dikarenakan biotin dapat merangsang pembentukan keratin pada rambut tentu Bro berpikir bahwa vitamin ini juga bisa membantu pertumbuhan brewok. Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa suplemen biotin bisa merangsang pertumbuhan brewok, biotin telah terbukti mampu merangsang pertumbuhan rambut yang tebal pada penderita alopecia areata atau kebotakan dan mengatasi rambut rontok. 

Perlu Bro ketahui bahwa kekurangan atau defisiensi vitamin ini dapat menyebabkan rambut menjadi tipis dan mudah rontok. Selain itu, defisiensi biotin juga dapat menyebabkan brewok menipis dan masalah ketombe pada brewok. Sebuah studi yang dilakukan dengan metode blind placebo mengemukakan bahwa vitamin B7 atau biotin bisa mempercepat pertumbuhan vellus hair menjadi terminal hair sehingga brewok bisa tumbuh lebih cepat dalam waktu 90 hingga 180 hari. Untuk menjawab pertanyaan apakah suplemen biotin bisa membantu pertumbuhan brewok? Jawabannya bisa saja meskipun diperlukan lebih banyak penelitian yang lebih lanjut untuk menjawab pertanyaan tersebut. Meski demikian, Bro tetap bisa mengkonsumsi suplemen biotin untuk mendapatkan rambut atau kulit yang lebih sehat, tentunya sesuai dosis yang dianjurkan.

Makanan kaya biotin

Mengkonsumsi vitamin brewok atau suplemen biotin bukan satu-satunya cara untuk memenuhi kebutuhan tubuh atas vitamin ini. Ada banyak jenis makanan yang menjadi sumber biotin terutama makanan yang kaya protein karena sebagian besar biotin terikat dengan senyawa protein. Makanan yang mengandung biotin diantaranya sebagai berikut :

  • Telur
  • Kacang-kacangan
  • Jamur
  • Ubi
  • Bayam
  • Pisang
  • Daging 
  • Keju dan susu
  • Salmon

Dengan mengkonsumsi makanan yang disebutkan di atas, Bro bisa memenuhi kebutuhan biotin harian tanpa harus mengkonsumsi suplemen. Namun, beberapa zat gizi juga dapat menghalangi penyerapan biotin termasuk zat avidin yang terkandung dalam putih telur mentah. Pastikan Bro mengkonsumsi telur dalam keadaan matang karena avidin akan terdenaturasi atau pecah saat mengalami proses pemanasan sehingga tidak bisa lagi menghalangi penyerapan biotin.

Produk lain yang mengandung biotin

Selain suplemen atau vitamin brewok yang mengandung biotin, biasanya vitamin ini juga terkandung dalam produk lain yang digunakan untuk merawat brewok. Produk tersebut bisa berupa beard oil, beard serum atau facial cream. Meskipun biotin dapat terserap kedalam kulit melalui aplikasi produk tersebut, sampai saat ini belum ada penelitian spesifik yang mampu membuktikan efektivitas biotin dalam produk tersebut dalam merangsang pertumbuhan brewok. Terlebih lagi saat ini ada senyawa lain yang sudah terbukti mampu merangsang pertumbuhan brewok seperti minoxidil. Jika Bro ingin mengkonsumsi vitamin Bro ada baiknya Bro berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terutama jika belum memiliki masalah kesehatan yang cukup serius. 

Dosis biotin yang dianjurkan

Berdasarkan Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine, kadar biotin minimal yang dianjurkan untuk memenuhi angka kebutuhan gizi harian adalah 30 mcg untuk mereka yang berusia di atas 19 tahun dan jumlah tersebut diperoleh melalui konsumsi makanan yang mengandung biotin. Konsumsi suplemen biotin sendiri diperbolehkan dengan kisaran 2 hingga 5 mg untuk mengatasi masalah pada rambut, kulit atau kuku termasuk untuk merangsang pertumbuhan brewok. 

Efek samping biotin

Meskipun aman dikonsumsi dan akan dibuang beserta urine jika dikonsumsi berlebih, suplemen brewok yang mengandung biotin bisa menyebabkan beberapa efek samping. Meski bukan hal yang serius, ternyata konsumsi suplemen termasuk vitamin brewok yang mengandung biotin, dapat mengaburkan hasil tes laboratorium untuk penyakit tertentu. Food and Drug Administration atau badan pengawas makanan dan obat asal Amerika menyebutkan bahwa konsumsi vitamin ini dapat mempengaruhi hasil laboratorium untuk pemeriksaan troponin yang merupakan salah satu penanda penyakit jantung. Selain itu, biotin juga bisa mengacaukan hasil tes untuk pemeriksaan hormon tiroid. Oleh sebab itu, pastikan Bro konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi biotin termasuk vitamin brewok. 

Tips mengkonsumsi suplemen biotin

Dari keterangan di atas Bro bisa menyimpulkan bahwa suplemen biotin bisa membantu mereka yang mengalami defisiensi vitamin ini. Termasuk mereka yang punya masalah dengan alopecia areata atau masalah lainnya seperti rambut rontok dan kuku yang rapuh. Konsumsi biotin untuk pertumbuhan brewok saat ini belum terbukti. Meskipun demikian Bro tetap bisa memperoleh asupan biotin dari konsumsi makanan sehat yang kaya biotin. 

Jika Bro memutuskan untuk mengkonsumsi vitamin brewok yang mengandung biotin maka Bro harus memilih produk yang berkualitas tinggi. Saat ini banyak produk vitamin yang beredar di pasaran dan diformulasikan secara khusus untuk memenuhi tujuan Bro dalam menumbuhkan brewok. Jangan sembarangan memilih produk vitamin karena bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Pilih vitamin yang diproduksi oleh merek ternama yang telah teruji dan terpercaya serta telah terdaftar dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM. Selain produk yang hanya mengandung biotin, Bro juga bisa mengkonsumsi multivitamin lainnya mengandung vitamin ini di dalamnya. 

Jika Bro kurang suka mengkonsumsi vitamin brewok maka Bro bisa menggunakan produk lain seperti beard oil atau beard serum. Bro bisa coba rangkaian produk dari Maaz Grooming jika Bro tertarik untuk menumbuhkan brewok atau jenggot yang lebat. Daftarkan email dan subscribe untuk dapatkan info serta promo menarik saat produk diluncurkan.

 

Tulis komentar