Brewokmu Mencapai Peak Beard? Ini Tandanya!

Brewok bisa jadi simbol kematangan pria. Jika Bro mulai menumbuhkan brewok, Bro bisa terlihat lebih maskulin dan dewasa. Mungkin Bro sudah mengetahui bahwa saat menumbuhkan brewok, Bro akan mengalami beberapa fase pertumbuhan brewok hingga mencapai peak beard. Apa itu peak beard dan fase pertumbuhan brewok apa saja yang mesti Bro lalui hingga Bro sampai pada tahapan tersebut? Mungkin Bro juga bertanya-tanya apakah panjang brewok yang Bro miliki saat ini sudah mencapai puncaknya? Bro bisa ketahui jawabannya dengan lebih banyak mengetahui apa itu peak beard atau puncak pertumbuhan rambut berdasarkan sisi ilmiah dan hal lain yang berkaitan.

Peak beard atau fase puncak pertumbuhan brewok

Definisi peak beard

"Peak beard" atau "puncak brewok" bisa diartikan sebagai panjang maksimal rambut brewok yang bisa tumbuh atau tahap terakhir dimana brewok tidak bisa tumbuh lebih panjang lagi atau telah mencapai fase terminal. Tidak semua pria punya kesabaran untuk mencapai tahap dimana brewok tumbuh sepanjang itu dan kalau Bro adalah salah satunya, bisa dibilang Bro termasuk orang yang istimewa. Selain definisi alami dari peak beard, ada definisi lainnya yang menjelaskan makna peak beard sendiri. Peak beard memiliki definisi lain yang berarti panjang maksimum jenggot atau brewok yang bisa seorang pria tumbuhkan berdasarkan kenyamanannya. Dengan kata lain, seorang pria bisa menentukan seberapa panjang maksimum brewok yang bisa ia miliki. Peak beard yang satu ini tentu saja terserah pada pria pemilik brewok itu sendiri karena tidak semua pria nyaman menumbuhkan brewoknya sampai panjang maksimum secara alami. 

Fase pertumbuhan brewok

Untuk lebih memahami apa itu peak beard, Bro mesti mengetahui terlebih dahulu fase pertumbuhan rambut pada umumnya termasuk rambut brewok atau jenggot. Sebenarnya, semua hal yang terjadi di dalam tubuhmu secara sistematis. Pertumbuhan rambut pada tubuh termasuk kepala dan brewok akan melewati tiga fase. Bro bisa ketahui fase tersebut berdasarkan penjelasan berikut!

Anagen

Fase pertumbuhan rambut yang pertama adalah anagen. Fase ini adalah fase dimana rambut akan terus tumbuh. Anagen akan berlangsung selama kurang lebih tiga hingga lima tahun. Setiap bulan rambut akan tumbuh sepanjang setengah inci atau sekitar 1,2 cm. Dengan demikian selama fase anagen rambut akan tumbuh dengan panjang 18 hingga 30 inch. Fase anagen juga akan berlangsung lebih lama pada orang Asia ketimbang ras lainnya. Dalam fase ini, folikel rambut juga masih aktif menumbuhkan rambut baru sampai tahapan selanjutnya.

Katagen

Fase pertumbuhan rambut selanjutnya adalah fase katagen. Katagen adalah fase transisi antara fase anagen dengan fase selanjutnya. Fase ini tidak berlangsung lama yakni sekitar 10 hari. Jadi, setelah tumbuh dalam fase anagen dan mencapai waktu maksimum, rambut akan masuk bertransisi ke fase selanjutnya.

Telogen

Fase terakhir pertumbuhan rambut adalah fase telogen dimana folikel rambut dan rambut berhenti tumbuh. fase ini tidak hanya dialami oleh rambut yang ada di kepala tetapi juga pada rambut lain yang ada di bagian tubuh termasuk brewok atau jenggot. Pada tahap ini folikel rambut berhenti tumbuh tetapi rambut masih akan berada di tempatnya. Baru setelah fase telogen berakhir rambut akan rontok atau lepas, dikenal dengan istilah eksogen. Fase telogen biasanya akan berlangsung selama 3 bulan sebelum akhirnya akan memasuki fase anagen kembali, begitu seterusnya. Setiap folikel rambut memiliki waktu dan siklus yang berbeda untuk tumbuh sehingga saat fase pertumbuhan berakhir tidak semua rambut akan ikut lepas. 

Tanda Brewokmu sudah mencapai Peak Beard

Dengan melihat siklus pertumbuhan alami rambut dan fase-fasenya, Bro bisa mengartikan sendiri apa itu peak beard. Ya, peak bisa diartikan sebagai fase dimana rambut tidak akan tumbuh lagi dan beristirahat atau masuk ke tahap telogen. Brewok tentu akan bertambah panjang setiap waktu dan jika Bro memperhatikan bahwa tidak ada penambahan panjang pada brewok atau jenggot meski Bro tidak bercukur, artinya brewok sudah mencapai titik maksimal tumbuhnya. Saat brewok Bro sudah mencapai puncaknya atau peak beard secara alami tanpa pemangkasan, sebenarnya tidak banyak hal yang bisa dilakukan.

Apa yang bisa dilakukan saat mencapai “peak beard”?

Setiap orang tentu memiliki panjang maksimal brewok atau jenggot yang berbeda-beda. Tidak semua pria bisa mendapatkan jenggot atau brewok yang sangat panjang. Kalau Bro termasuk diantara pria yang tidak bisa mendapatkan brewok yang panjang hal itu bukanlah suatu masalah. Bro tetap bisa tampil keren baik dengan brewok panjang ataupun brewok yang pendek. Menumbuhkan brewok hingga panjang maksimum atau peak beard membutuhkan dedikasi dan kesabaran yang tidak sedikit. Kalau Bro berpikir bisa menumbuhkan brewok atau jenggot sepanjang para prajurit viking atau penyihir Gandalf dalam serial Lord Of The Ring, Bro bisa mempertimbangkannya kembali karena tidak semua orang bisa melakukannya. Tidak semua orang terlihat bagus dengan brewok yang sangat panjang.

Bro bisa punya pendapat personal sendiri tentang peak beard dan sepanjang apa brewok Bro terlihat pantas. Pastinya Bro tidak mau terlihat aneh dengan jenggot atau brewok yang terlalu panjang, bukan? Jadi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya peak beard punya dua definisi yakni definisi secara alami dan definisi yang berkaitan dengan pendapat personal.

Tips menumbuhkan brewok hingga mencapai puncaknya

Kalau Bro sedang menumbuhkan brewok dan ingin mengetahui seberapa panjang brewok atau jenggot Bro bisa tumbuh, Bro bisa memeliharanya hingga mencapai peak beard. Tren menumbuhkan brewok atau jenggot semakin populer saat ini dan banyak kalangan yang mulai peduli untuk merawat rambut wajahnya. Jika Bro ingin menumbuhkan brewok hingga peak beard, Bro harus bisa merawat wajah dan brewok dengan baik. Perawatan yang tepat bisa menghindarkan brewok atau jenggot Bro dari masalah seperti gatal, jerawat, patchy beard dan masalah lain yang kerap membuat pria akhirnya memangkas atau melakukan trimming. Jika Bro sering melakukan trimming, maka akan semakin lama pula Bro bisa mencapai peak beard

Bersihkan brewok atau jenggot secara rutin dengan menggunakan shampo dan kondisioner khusus dan jangan lupa juga gunakan pelembab yang bisa menutrisi kulit. Bro bisa gunakan produk seperti beard oil, beard serum atau beard balm untuk menutrisi kulit sekaligus mempercepat pertumbuhan brewok. Jangan lupa juga untuk menyisir dan menyikat brewok setiap hari agar pertumbuhan rambut merata dan tidak ada ujung yang bercabang. Menyikat dan menyisir rambut brewok juga bisa menghindarkan dari masalah seperti ingrown hair atau rambut yang masuk ke dalam.

Agar bisa mendapatkan brewok idaman dengan panjang yang Bro inginkan Bro harus mengikuti cara merawat brewok dengan benar. Gunakan produk perawatan yang berkualitas agar hasil yang didapat juga lebih maksimal. Jika Bro tertarik untuk menumbuhkan brewok tanpa masalah, Bro bisa coba produk dari Maaz Grooming. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan promonya, Bro bisa daftarkan email dan subscribe pada kolom di bawah.

Tulis komentar