Ingin Jenggot Lebat? ini Perbedaan Beard Oil dan Beard Balm!

Meningkatnya minat menumbuhkan jenggot dan brewok di kalangan para pria membuat banyak inovasi di bidang perawatan kulit. Tidak hanya skincare, saat ini produsen kosmetik ataupun grooming berlomba-lomba merilis berbagai produk yang dapat digunakan untuk merawat jenggot, brewok, maupun kumis. Produk pelembab kulit rambut dan rambut pada wajah juga semakin bervariasi termasuk beard oil dan beard balm.

Beard oil sendiri kini semakin populer di kalangan pria dan semakin berkembang di pasaran dalam kurun waktu terakhir. Sebuah penelitian yang dimuat dalam laman Grand View Research menyebutkan bahwa pasar produk perawatan jenggot seperti beard oil akan meningkat 6,1% dalam kurun waktu 2019 hingga 2025. Meningkatnya minat masyarakat terhadap beard oil menunjukkan bahwa pria modern saat ini lebih mengerti dan mau merawat jenggot atau brewoknya dengan menggunakan produk tertentu.Meskipun sama-sama memiliki fungsi untuk melembabkan ternyata terdapat perbedaan beard oil dan beard balm yang bisa diketahui

Perbedaan beard oil dan beard balm yang bisa diketahui

Ada beberapa poin utama yang menjadi perbedaan beard oil dan beard balm yang bisa diketahui.

1. Tekstur

Hal pertama yang menjadi perbedaan beard oil dan beard balm adalah tesktur. Seperti sebutannya, beard oil memiliki tekstur cair layaknya minyak dan beard balm berbentuk padat seperti halnya balsam. Dengan tekstur tersebut, beard oil akan lebih mudah terserap dalam kulit dan dapat melembabkan wajah lebih cepat. Sementara itu, beard balm yang lebih padat membutuhkan waktu yang lebih lama agar dapat diserap sempurna oleh kulit.

2. Komposisi

Meksipun sama-sama terbuat dari bahan dasar minyak, keduanya memiliki perbedaan dalam hal komposisi. Beard oil terbuat dari minyak alami dengan tekstur yang lebih ringan dan bahan aktif yang juga biasanya ditambahkan. Sementara itu, beard balm terbuat dari minyak yang tentunya dicampur dengan bahan pengemulsi yang membuatnya lebih padat misalnya wax. Tekstur beard balm yang lebih kental biasanya menyerupai pomade. Meskipun terbuat dari bahan alami sebaiknya kamu menghindari beard balm yang menggunakan pengemulsi sintetis seperti petroleum jelly karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan rusaknya helaian rambut jenggot. Pilih beard balm dengan kandungan beeswax atau Shea butter agar lebih aman digunakan.

3. Fungsi

Perbedaan beard oil dan beard balm lainnya bisa dilihat dari segi fungsi atau kegunaannya. Beard oil biasanya digunakan untuk pemula dan di awal fase menumbuhkan jenggot sekitar enam minggu pertama. Beard oil lebih mudah digunakan dan dapat menyerap dengan sempurna sehingga kulit mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari minyak kandungannya. Beard oil juga dapat membantu mengurangi ketombe dan kulit yang mengelupas pada area jenggot serta mengurangi rasa gatal saat rambut baru akan tumbuh. Beard oil berfungsi sebagai perawatan dasar pada jenggot maupun rambut di bagian wajah lainnya.

Sementara itu, beard balm biasanya akan lebih dibutuhkan bagi jenggot atau brewok yang sudah tumbuh sedang maupun panjang. Karena dapat bertahan lebih lama pada kulit, beard balm dapat melembabkan kulit lebih lama dan membuat jenggot yang panjang terlihat lebih sehat dan rapi. Selain itu, Beard balm dapat membuat rambut jenggot atau brewok lebih rapi dan teratur tanpa terlihat kusut. Intinya, beard balm lebih berguna saat jenggot sudah tumbuh cukup panjang dan bisa dilakukan styling. Beard balm yang bagus dan berkualitas juga akan memberikan efek jenggot yang lebih lebat saat digunakan. Kalau kamu sering bepergian, ada baiknya kamu gunakan beard balm sebagai solusi merawat jenggotmu dimana saja dan kapan saja.

4. Ketahanan

Soal ketahanan juga menjadi salah satu perbedaan beard oil dan beard balm yang bisa diketahui. Beard oil yang memiliki tekstur cair karena terbuat dari minyak yang ringan tentu akan lebih mudah terserap sehingga tidak menampilkan bekas yang terlalu berminyak atau mengkilap. Kalau kamu tidak terlalu suka jenggot yang terlihat berminyak kamu bisa menggunakan produk yang satu ini. Sementara itu, beard balm yang memiliki tekstur lebih sulit tentunya akan bertahan lebih lama pada kulit dan memberikan kelembaban yang lebih. Jika kamu menggunakan beard balm, jenggotmu akan terlihat lebih glossy atau mengkilap serta terlihat lebih sehat.

5. Cara Penggunaan

Perbedaan beard oil dan beard balm selanjutnya ada pada cara menggunakan. Beard oil dapat lebih mudah digunakan saat merawat jenggot. Kamu hanya perlu beberapa tetes beard oil untuk dioleskan pada kulit wajah. Minyak penumbuh jenggot ini biasanya akan memberikan hasil yang lebih maksimal jika digunakan pada kulit yang sedikit basah atau hampir kering. Tidak jauh berbeda dari beard oil, beard balm yang juga digunakan sebagai pelembab, bisa dioleskan secara langsung pada area wajah atau jenggot yang kering. Gunakan sedikit beard balm dan oleskan pada tangan kemudian pijat beard ba pada wajah dimana area jenggot atau brewok tumbuh.

6. Hasil Akhir

Hasil akhir juga kerap menjadi perbedaan beard oil dan beard balm yang bisa dikenali. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa beard oil akan menghasilkan efek yang tidak terlalu berminyak pada area wajah. Beard oil memang akan membuat jenggot terlihat sedikit mengkilap namun tidak semengkilap dan selebat saat menggunakan beard balm. Dengan demikian, beard balm bisa membuat jenggot atau brewok terlihat lebih berkilau sehat lebih lama dibandingkan beard oil. Selain itu, karena teksturnya yang padat, beard balm bisa menahan rambut jenggot pada tempatnya dan agar tidak keluar dari pola model jenggot yang diinginkan terutama jika jenggot sudah panjang dan sedikit membandel. Selain itu, beard balm juga bisa digunakan pada ujung kumis agar terlihat lebih rapi dan tertata.

Pilih mana? Beard oil atau beard balm?

Setelah mengetahui perbedaan beard oil dan beard balm diatas, kamu tentunya bisa menentukan sendiri mana produk yang akan kamu gunakan untuk merawat jenggot atau brewokmu. Kamu bisa gunakan beard oil jika baru akan mulai menumbuhkan jenggot dan beard balm setelah jenggot tumbuh lebih panjang. Meski berbeda, keduanya memiliki manfaat untuk jenggot dan bisa membuatnya tumbuh lebih lebat dan sehat. Lantas apakah keduanya bisa digunakan bersamaan? Ya, jika kamu mengetahui cara menggunakan keduanya dengan benar, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sedikit tips, jika kamu menginginkan hasil yang terlihat glossy, kamu bisa aplikasikan beard oil terlebih dahulu baru kemudian aplikasikan beard balm pada area jenggot.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu kamu membutuhkan produk yang tepat. Maaz Grooming adalah brand baru yang akan membantumu menumbuhkan jenggot atau brewok dan akan segera meluncur dipertengahan tahun ini. Kalau kamu tertarik untuk mencoba produk dari Maaz Grooming, kamu bisa daftarkan emailmu pada mailing list berikut untuk mendapatkan informasi dan promo saat produk diluncurkan. Jangan sampai ketinggalan ya!

Tulis komentar