Ini Manfaat Minoxidil untuk Tumbuhkan Brewok

Memiliki jenggot atau brewok memang bisa membuat seseorang terlihat lebih keren tapi tidak semua pria bisa memilikinya. Pria yang ingin menumbuhkan jenggot atau brewok biasanya juga menggunakan obat penumbuh rambut.Obat penumbuh rambut jenggot atau brewok tersebut biasanya mengandung senyawa yang disebut minoxidil. Jika kamu berniat menumbuhkan brewok atau jenggot dengan menggunakan produk yang menggunakan senyawa tersebut, ada baiknya kamu ketahui terlebih fakta dan manfaat minoxidil berikut ini!

Memahami manfaat minoxidil beserta efek sampingnya dalam membantu pertumbuhan brewok

Digunakan untuk mengatasi kebotakan

Minoxidil adalah obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut pada mereka yang mengalami kebotakan. Minoxidil biasanya berbentuk cairan dan digunakan dengan cara dioleskan pada kulit kepala. Obat ini bekerja dengan cara merangsang folikel akar rambut sehingga dapat tumbuh lebih cepat dan lebih lebat. Oleh sebab itu minoxidil juga digunakan untuk menumbuhkan rambut pada bagian wajah termasuk jenggot dan brewok. Alasan mengapa bagian wajah tertentu tidak ditumbuhi rambut jenggot atau brewok adalah karena pada bagian tersebut akar rambut mengalami dorman atau tidak aktif. Minoxidil dapat mengaktifkan kembali akar rambut yang dorman tersebut dan membuatnya tumbuh kembali. Oleh sebab itu saat ini banyak produk penumbuh brewok atau jenggot yang menggunakan minoxidil sebagai salah satu komposisinya dan tentunya dengan takaran yang aman. Memilih produk minoxidil yang tepat harus benar-benar memperhatikan komposisi dan takaran serta cara penggunaannya. 

Bekerja pada tahap awal

Jika kamu ingin mengetahui cara kerja minoxidil secara mendetail maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu tahap pertumbuhan rambut. Tahap pertumbuhan mencakup empat tahap yakni anagen atau masa pertumbuhan awal, tahap katagen atau fase transisi, tahap telogen atau tahap istirahat dan terakhir tahap exogen dimana rambut rontok dan tumbuh rambut baru. Minoxidil berperan pada tahap pertama pertumbuhan rambut yakni tahap anagen atau dimana akar rambut mulai tumbuh. 

Para peneliti menyebutkan bahwa minoxidil berperan sebagai vasodilator atau senyawa yang memperlebar pembuluh darah dekat folikel rambut. Dengan melebarnya pembuluh darah maka akar rambut dapat memperoleh nutrisi yang lebih banyak dan yang dibutuhkan saat masa pertumbuhan rambut. Sebuah studi yang dilakukan oleh Nahyun Choi dan rekannya yang dimuat dalam International Journal of Molecules Science menyebutkan bahwa manfaat minoxidil lainnya adalah mampu memperpendek fase antara anagen hingga telogen sehingga lebih banyak rambut yang tumbuh dibandingkan rambut yang rontok. Itulah sebabnya mengapa minoxidil bisa membuat rambut jenggot atau brewok tampak lebih lebat. Sebuah studi menyebutkan bahwa kandungan yang aman untuk penggunaan minoxidil adalah sebanyak 3% dan produk dengan kandungan ini jarang mengakibatkan efek samping. Jadi, sebelum menggunakan minoxidil pastikan komposisinya tidak lebih dari 3% dan kamu harus mengecek juga komposisi bahan lainnya.

Cara menggunakan minoxidil

Jika kamu tertarik untuk mencoba produk dengan bahan dasar minoxidil maka kamu harus mengetahui cara pemakaiannya dengan benar. Sebelum menggunakan minoxidil pada area wajah sebaiknya kamu bersikap terlebih dahulu wajah dengan menggunakan pembersih dengan pH seimbang. Kebanyakan produk minoxidil mengandung juga senyawa yang dapat mengiritasi kulit sehingga menggunakan pembersih dengan PH seimbang dapat membantu mengurangi resiko tersebut. Gunakan produk yang mengandung minoxidil dengan benar dan sesuai dosis yang dianjurkan. Pastikan kamu mengoleskannya pada daerah jenggot yang tidak banyak ditumbuhi rambut. Produk dengan kandungan minoxidil biasanya akan lebih efektif jika terserap pada kulit selama minimal 4 jam. Jadi, ada baiknya jika kamu tidak membasuh wajah sebelum 4 jam tersebut atau jika ingin lebih muda kamu bisa menggunakannya pada malam hari. 

Sebagaimana yang disebutkan dalam studi J J Ferry at al yang dimuat dalam Journal Pharmacy Science. Dengan begitu kulit akan lebih mudah menyerap minoxidil dan dapat memperoleh manfaat minoxidil secara lebih efektif. Kamu juga harus membasuh wajahmu setelah 4 jam lebih menggunakan minoxidil. Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembab atau moisturizer untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Dan jika kamu mengalami iritasi selama lebih dari 3 hari berturut-turut sebaiknya hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

Meningkatkan fungsi minoxidil

Untuk meningkatkan manfaat dan fungsi minoxidil ternyata ada cara yang bisa kamu lakukan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan microneedling atau penggunaan alat yang disebut dermaroller untuk menimbulkan titik ataupun lubang mikro pada kulit yang membuat produk lebih meresap. Sebuah studi yang dimuat dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology menyebutkan bahwa microneedling dapat meningkatkan efektivitas obat yang dioleskan pada kulit. 

Studi lainnya yang dimuat dalam Journal of Cutaneous and Aesthetics Surgery menyatakan bahwa microneedling dapat merangsang pertumbuhan rambut pada penderita kebotakan atau alopecia. Dengan kata lain jika kamu ingin mendapatkan manfaat minoxidil secara lebih efektif kamu bisa menggunakan metode microneedling. Perhatikan juga cara penggunaannya dengan benar agar microneedling yang kamu lakukan tidak merusak dan mengiritasi kulit.

Jenis minoxidil dan perbedaannya

Saat ini ada dua jenis minoxidil yang beredar di pasaran yakni yang berbentuk cairan atau liquid maupun yang berbentuk foam atau busa. Keduanya memiliki manfaat yang sama hanya saja terdapat sedikit perbedaan. Minoxidil yang berbentuk cairan biasanya mengandung alkohol dan propilen glikol yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit sehingga sebaiknya tidak digunakan pada kulit sensitif. Jika kamu adalah pemula dan memiliki kulit sensitif sebaiknya kamu memilih produk minoxidil berbentuk foam yang lebih aman untuk kulit. Gunakan minoxidil secara teratur setiap hari bahkan jika brewok atau jengkol sudah tumbuh cukup lebat. Jika kamu berhenti menggunakan minoxidil maka kamu tidak akan tumbuh secepat saat menggunakan minoxidil dan jenggot atau brewok mau bisa mengalami penipisan. Meski demikian kamu bisa mengurangi jumlah minoxidil yang digunakan jika rambut jenggot atau sudah tumbuh cukup lebat.

Efek samping minoxidil

Minoxidil adalah obat topikal yang cukup keras dan harus digunakan sesuai dosis yang dianjurkan. Jangan menggunakan minoxidil di luar dosis tersebut dan jangan gunakan pada bagian lain tubuh. Manfaat minoxidil untuk brewok bisa berubah menjadi efek samping jika tidak digunakan dengan benar. Beberapa gejala efek samping yang mungkin ditimbulkan diantaranya iritasi kulit, kemerahan, rasa gatal, kulit mengelupas dan peradangan. Segera hentikan penggunaan minoxidil dan konsultasikan dengan dokter agar efek samping tersebut bisa segera diatasi.

Setelah mengetahui hal tersebut tentunya kamu jadi bisa memilih produk minoxidil mana yang harus kamu gunakan dan cara menggunakannya dengan tepat. Ada baiknya apabila kamu memilih obat penumbuh rambut atau brewok yang terbuat dari bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping. Jika kamu sedang mencari produk untuk menumbuhkan brewok atau jenggot yang aman kamu bisa tunggu kedatangan Maaz Grooming. Daftarkan emailmu pada mailing list kami untuk mendapatkan informasi dan penawaran istimewa saat produk diluncurkan.

Tulis komentar