Membentuk Jambang Tipis untuk Tampil Garang dan Stylish

Membentuk Jambang Tipis untuk Tampil Garang dan Stylish

Suka atau tidak, jambang atau sideburns adalah bagian rambut wajah yang juga harus diperhatikan jika Bro memiliki brewok. Karena itulah Bro harus tahu cara merawat serta membentuk jambang tipis agar penampilan lebih maksimal. Meski nampak sederhana dan tidak terlalu penting ternyata jambang sudah menjadi style sejak zaman dahulu dan juga digemari pria masa kini. Kalau Bro ingin tahu lebih banyak tentang jambang dan bagaimana cara membentuk jambang tipis untuk tampil elegan dan stylish, Bro mesti simak artikel ini sampai habis!

Sejarah Jambang

Perlu Bro ketahui bahwa sideburns atau jambang berasal dari nama seorang jenderal dalam perang sipil di Amerika, Ambrose Burnside yang saat itu memiliki Brewok serta jenggot yang tebal dengan gaya Button Chops., Ambrose Burnside yang saat itu memiliki Brewok serta jenggot yang tebal dengan gaya Mutton Chops. Lantas sejak tahun 1966 gaya brewok Burnside semakin dikenal dan banyak pria yang menirunya. Setelah itu, dengan bergesernya zaman maka banyak pria yang meninggalkan jambang dan lebih memilih menggunakan gaya brewok yang lebih sederhana. Baru setelah tahun 1950 an, banyak pria kembali menggunakan style brewok dengan jambang. Pria di abad 21 seperti sekarang juga lebih cenderung menumbuhkan brewok tanpa jambang. Meskipun begitu Bro tetap bisa tampil keren meski dengan jambang yang tipis.

Lakukan Hal Ini Sebelum Memangkas Jambang

Kapanpun Bro akan menggunakan alat cukur pada wajah pastikan Bro gunakan waktu beberapa menit untuk mempersiapkan kulit. Jika Bro memutuskan untuk mencukur dan membentuk jambang sendiri Bro tentunya harus membersihkan wajah terlebih dahulu serta melembutkan rambut yang akan dicukur. Untuk lebih jelasnya Bro bisa ikuti langkah persiapan kulit wajah sebelum dicukur berikut ini!

  • Cuci wajah dengan air hangat. Air hangat bisa membuka pori-pori dan melembutkan heali rambut brewokSehingga nantinya bro bisa bercukur dengan lebih mudah. Jika Bro tidak punya waktu untuk mencuci wajah secara khusus Bro bisa mandi dengan air hangat dan gunakan uapnya untuk membuka pori-pori kulit. 
  • Gunakan sabun pembersih wajah yang melembabkan. Banyak pria yang tidak peduli tentang perawatan wajah dan mereka menggunakan sabun apapun untuk membersihkan wajahnya termasuk sabun untuk badan. Jika bro punya kebiasaan seperti itu sebaiknya segera hentikan karena sabun khusus wajah berbeda dengan sabun yang digunakan untuk kulit tubuh. Jika Bro terus menggunakan sabun badan untuk membersihkan wajah, kulit akan menjadi kering dan mudah berjerawat. 
  • Keringkan wajah dengan handuk setelah dibersihkan. Jangan mencukur jambang saat selesai rambutnya masih basah karena rambut yang basah bisa terjebak dalam alat cukur. Gunakan handuk kering untuk mengusap wajah ah dengan cara melingkar. Dengan cara yang demikian rambut pada wajah bisa terangkat dan lebih mudah dicukur. 
  • Jangan gunakan produk perawatan apapun sebelum bercukur. Pastikan wajah Bro benar-benar bersih saat mencukur jambang. Penggunaan krim, minyak maupun pelembab lainnya bisa menghambat kerja alat cukur sehingga nantinya hasil cukur tidak halus dan rapi.
  • Bersihkan alat cukur. Perlu diingat jika Bro tidak membersihkan alat cukur setelah digunakan, Bro  harus membersihkannya sebelum digunakan untuk bercukur. Alat cukur yang yang yang berisi kotoran yang tersumbat tentunya bisa jadi hal buruk bagi wajah meskipun hanya sedikit rambut yang tertinggal. Alat cukur yang tidak higienis juga bisa menjadi sarang bakteri dan menyebabkan iritasi pada wajah saat bercukur. 
  • Pilih gaya jambang yang Bro inginkan sebelum mencukur. Pertimbangkan bentuk wajah dan gaya jambang yang cocok. Jika Bro tidak tahu harus memilih gaya jambang yang mana, Bro bisa pilih gaya jambang yang lebih sederhana. 
  • Setelah bercukur Bro bisa menggunakan produk perawatan khusus brewok seperti beard oil atau beard balm yang dapat membuat tampilan jambang lebih halus dan rapi.

Cara Membentuk Jambang Tipis

Mungkin memangkas dan membentuk bagian jambang dengan berpatokan pada suatu gaya akan terasa sulit dan aneh. Meskipun tidak mudah Bro tetap bisa menguasai teknik mencukur jambang jika Bro terus berlatih dan menguasai teknik dasarnya. 

Untuk mencukur bagian jambang dengan benar, Bro tentunya membutuhkan trimmer dan alat cukur yang berkualitas lainnya. Jika Bro sudah yakin untuk memangkas bagian jambang tipis-tipis, Bro bisa ikuti cara membentuk jambang tipis berikut ini!

  • Pertama-tama gunakan trimmer untuk mengatur panjang rambut pada jambang.
  • Cukur bagian di sekitar jambang tapi jangan cukur hingga habis, pastikan Bro menyisakan jambang yang tidak terlalu lebar dan tebal. 
  • Untuk menentukan panjang jambang, Bro bisa gunakan patokan hidung atau bagian tengah wajah yang lain.
  • Gunakan alat khusus seperti Shavette untuk mengurangi panjang jambang dan lebarnya.
  • Cukur bagian jambang di kedua sisi pipi perlahan-lahan hingga mendapatkan jambang dengan panjang yang diharapkan.

Saat mencukur, pastikan Bro melakukannya dengan hati-hati agar tidak salah cukur. Kesalahan saat memangkas jambang tidak bisa ditolerir dan akan sulit untuk memperbaikinya.

Tips Mencukur Jambang

Jika Bro mengikuti langkah-langkah di atas secara perlahan dan hati-hati, Bro tentunya akan dapat mencukur dan membentuk jambang tipis yang sesuai dengan bentuk wajah Bro. Namun, jika Bro masih belum yakin Bagaimana cara membentuk jambang tipis dengan mudah, Bro bisa simak tips berikut!

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Bro harus mulai mencukur bagian jambang jika mereka sudah terlalu lebar dan panjang. Lakukan proses pencukuran jambang secara berkala sehingga jambang tetap terlihat tipis dan keren. 

Pastikan untuk hanya memangkas atau mencukur bagian jambang dengan arah ke bawah. Jika Bro salah mencukur jambang atau ke arah atas, Bro bisa beresiko membuat gambar terlihat tidak rata. Selain itu jika bro punya rambut kepala yang yang terurai menutupi jambang, Bro bisa gunakan trimmer untuk memotongnya tapi perlu diingat bahwa sebaiknya Bro jangan pernah coba untuk mencukur Brewok dengan menggunakan gunting.

Selain itu kami merekomendasikan Bro untuk menggunakan alat cukur yang berkualitas dan tajam. Bro juga bisa gunakan alat cukur seperti safety yang dapat membentuk jambang dengan.

Mencukur jambang bisa jadi hal yang tricky namun jika Bro melakukannya dengan saksama, Bro bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Pertimbangkan juga gaya brewok dan gaya rambut yang Bro pilih agar jambang terlihat lebih keren. Jangan lupa juga untuk merawat brewok serta jambang yang sudah Bro bentuk sedemikian rupa dengan produk perawatan khusus.

Produk yang didesain khusus untuk merawat jambang dan rambut tentunya bisa membuat rambut wajah Bro tampil lebih garang dan stylish. Maaz Grooming adalah merek perawatan khusus pria yang punya beberapa produk khusus untuk brewok dan kumis. Nantinya Bro bisa coba produk dari Maaz dengan subscribe untuk dapatkan info dan promo menariknya. 

Tulis komentar