Membentuk Jenggot dengan Beard Shaper, Beard Stencil - Maaz Grooming

Membentuk Jenggot dengan Beard Shaper, Beard Stencil

Sebagian pria memiliki kecenderungan untuk memelihara brewok, khususnya jenggot. Kehadiran jenggot dianggap sebagai penambah maskulinitas yang membuat para pria merasa lebih percaya diri terhadap penampilannya. Namun, memelihara janggut juga membutuhkan perhatian khusus supaya tumbuhnya dapat terawat dan terlihat rapi.

Kawan bisa membentuk jenggot dengar beard shaper, beard stencil atau alat semacamnya. Kamu perlu untuk mengenali bentuk alami dari wajah dan rahang untuk bisa mendapatkan bentuk jenggot yang sesuai. Bentuk jenggot untuk pria berwajah oval tentu berbeda dengan yang berbentuk bulat dan lain sebagainya. Berikut ini tips membentuk jenggot dengan beard shaper, beard stencil:

Mengenali Bentuk Rahang dan Wajah

Jenggot tumbuh di permukaan kulit wajah mengikuti bentuk rahang dan dagu kamu, oleh karena itu perlu untuk memperhatikan dan mengenali bagaimana bentuk rahang, dagu, dan keseluruhan wajah milikmu, Bro. Untuk mendapatkan ukuran bentuk jenggot yang rinci dan sempurna, lakukan pengukuran area kening, tulang pipi, jarak kepala ke dagu, serta garis rahang.

Hasil masing-masing ukuran itu bisa kamu jadikan patokan untuk melakukan pembentukan jenggot yang ideal, mana bagian wajah yang harus ditonjolkan, dan mana yang perlu untuk disembunyikan. Pada umumnya, kamu perlu memberikan kesan tegas pada dagu agar lebih berbentuk. Kemudian, sesuaikan pula dengan bentuk hidung kamu agar terlihat lebih seimbang.

Untuk bentuk kepala yang oval, kamu perlu mengatur panjang jenggot agar tidak terlalu panjang karena justru akan membuat keseluruhan wajah kamu terlihat terlalu panjang. Sebaliknya, apabila wajah kamu cenderung berbentuk kotak atau justru bulat, jenggot yang Panjang adalah pilihan yang tepat. Apalagi apabila dagu kamu lancip. Kamu bisa menggunakan penumbuh jenggot agar rambut jenggot tumbuh panjang lebih cepat.

Untuk bentuk wajah yang tirus dan rahang yang tegas, kamu perlu menumbuhkan jenggot lebih lebat pada sisi rahang samping kanan maupun kiri. Hal tersebut akan membuat bagian rahang kamu terlihat lebih maskulin karena tulang pipi kamu akan terlihat lebih berisi. Biarkan pula bagian cambang ditumbuhi jenggot dengan lebat pula.

Membersihkan Jenggot Sebelum Merapikan dan Membentuknya

Sebelum mengeksekusi bentuk atau gaya jenggot ideal kamu, hendaknya terlebih dulu bersihkan jenggot kamu agar terbebas dari minyak dan debu. Kamu bisa mencuci jenggot dengan shampoo agar nanti lebih mudah untuk diukur dan dipangkas sesuai bentuk wajah kamu. Jenggot yang menyimpan banyak debu dan minyak akan sulit memperoleh bentuk yang rapi dan proporsional.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan kondisioner agar kulit kamu tidak menjadi kering. Setelah selesai, keringkan jenggot dengan menepuk-nepuk menggunakan handuk hingga kering. Hindari pengeringan dengan menggosok-gosok jenggot karena akan membuat batang rambutnya menjadi kering dan kasar, kulit pun juga akan menjadi kering dan kehilangan kelembaban alaminya.

Sisir dan Atur Arah Jenggot

Setelah jenggot benar-benar kering, langkah selanjutnya adalah dengan menyisir menggunakan sisir kecil. Langkah ini ditempuh untuk memastikan tidak ada bagian rambut yang menyangkut atau kusut sehingga ukuran potongannya nanti bisa proporsional. Sisirlah dengan mengikuti arah tumbuhnya jenggot. Kemudian arahkan sisir sepanjang garis rahang. Kamu bisa menyisir mulai dari telinga hingga berujung ke dagu. Jangan lakukan penyisiran dari arah sebaliknya atau melawan arah tumbuh jenggot karena hal tersebut akan membuatnya terlihat mengembang dan membuatnya sulit untuk dipotong secara ideal.

Kamu bisa menggunakan sisir kecil yang memiliki gigi rata. Selama proses pencukuran nanti juga akan kerap membutuhkan sisir untuk kembali merapikan posisi jenggot mengikuti arah akarnya bertumbuh. Hal ini juga bisa merangsang kulit tumbuhnya akar rambut jenggot untuk memproduksi minyak dalam jumlah cukup untuk menjaga kelembapan kulit selama masa pencukuran sehingga risiko iritasi atau terluka akan lebih rendah.

Gunakan Alat Khusus Seperti Beard Shaper Maupun Beard Stencil

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan gunting khusus atau pisau khusus mencukur. Kamu bisa memilih antara beard shaper maupun beard stencil sesuai kesukaan kamu. Mulailah pencukuran jenggot dengan menghadap ke cermin secara jelas agar kamu bisa mengetahui bagian rambut yang sedang kamu cukur. Siapkan pula sisir, handuk maupun krim tambahan jika diperlukan. Jika perlu, siapkan cermin di sisi kanan kiri agar bagian jenggot di samping kanan kirinya bisa terjangkau penglihatan.

Jangan memotong di washtafel karena rambut yang mengalir ke saluran washtafel bisa menyumbat salurannya, kecuali jika kamu menutup terlebih dahulu lubang alirannya. Kemudian, pastikan alat cukur yang kamu siapkan dalam keadaan bersih dan benar-benar tajam. Alat cukur yang tumpul akan mempersulit proses pencukuran. Selain itu, bentuk yang dihasilkan oleh alat cukur yang tumpul tentu tidak akan presisi.

Selain itu, hindari juga alat cukur yang berkarat karena karatnya nanti dikhawatirkan akan menyebabkan iritasi pada kulit apalagi jika nanti terdapat cedera yang membuat permukaan kulit terluka. Luka yang membuka tersebut akan mudah dimasuki oleh bakteri yang banyak terkumpul dari alat cukur yang berkarat. Oleh karena itu pastikan kondisi alat cukur yang kamu miliki benar-benar nyaman untuk digunakan. Pilihlah yang ukurannya juga nyaman dan leluasa untuk digerakkan. Pilihlah alat cukur yang bisa menjangkau bawah dagu atau area dekat leher depan. Jangan sampai kulit kamu terluka hanya karena pilihan alat cukur yang tidak bisa menyesuaikan dengan bentuk wajah kamu.

Bersihkan Wajah Setelah Pencukuran Usai

Setelah pembentukan jenggot yang kamu inginkan telah selesai dilakukan, kamu harus mencuci wajah dengan air. Usahakan untuk menggunakan air dingin karena paska pencukuran biasanya pori-pori kulit akan terbuka lebar. Kamu bisa menggunakan air dingin untuk kembali menutup pori-pori atau mengecilkannya. Hal ini perlu dilakukan untuk menenangkan dan menghindari iritasi karena ketika pori-pori membuka lebar, kuman dan bakteri bisa lebih leluasa masuk. Kamu juga bisa menggunakan balm yang non-alkohol untuk menenangkan kulit yang terluka.

Gunakan Krim Cukur yang Anti Iritasi dan Berkualitas Baik

Ada langkah ekstra yang jika diperlukan bisa kamu tambahkan ke dalam langkah pencukuran untuk membentuk jenggot yang kamu inginkan. Penggunaan krim cukur sangat diperlukan dalam proses pembentukan jenggot. Krim cukur bisa mempermudah proses pencukuran. Pilihlah krim yang bisa menutrisi kulit juga karena biasanya kulit akan menjadi lebih sensitive apabila rambut jenggotnya dipangkas. Kulit juga berisiko kering dan terluka. Pilih pula krim yang aman dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Ada banyak brand krim cukur yang bisa digunakan, namun tetap perhatikan kualitas terbaiknya seperti produk yang akan diluncurkan oleh brand Maaz Grooming pada pertengahan tahun 2021 ini. Bagi kamu yang ingin mencoba produk Maaz Grooming, disarankan untuk terlebih dahulu mendaftarkan email dan subscribe karena waiting listnya akan mendapat promo harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga resmi saat launching nanti. Kamu juga bisa mendapat banyak referensi terkait bagaimana memelihara jenggot yang ideal agar penampilan maskulinmu semakin meningkat.

Produk perawatan brewok dari Maaz Grooming telah tersedia di semua marketplace favoritmu.
Belanja dengan COD di Shopee, nikmati potongan harga di Bukalapak, hingga miliki sekarang di Tokopedia.