Menggunakan Sampo Khusus Jenggot Atau Beard Wash - Maaz Grooming

Menggunakan Sampo Khusus Jenggot Atau Beard Wash

Perkara mengurus jenggot memang membutuhkan perhatian ekstra. Banyak pria yang mulai menyukai wajahnya dihiasi jenggot sebagai tren penampilan yang membuat look menjadi lebih dewasa dan maskulin. Perawatan jenggot tentu saja memiliki banyak perbedaan dari merawat rambut kepala. Dalam hal menumbuhkan jenggot saja sudah perlu kesabaran, apalagi dalam hal merawatnya. Oleh karena itu, perlu disimak hal-hal yang perlu Kawan ketahui tentang merawat jenggot.

Salah satu hal yang perlu diketahui secara dasar adalah dalam hal mencuci jenggot. Apakah mencuci jenggot sama dengan mencuci rambut kepala? Oh, tentu saja berbeda. Karakter kulit kepala dalam menghasilkan sebum dan minyak yang melembabkan rambut tentu berbeda dengan karakter kulit wajah pada garis rahang hingga dagu. Simak hal-hal penting yang membuat Kawan perlu banget untuk menggunakan sampo khusus jenggot atau beard wash berikut ini:

Perbedaan Sampo Biasa dengan Beard Wash

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulit kepala memiliki karakter yang berbeda dengan garis wajah yang menjadi tempat tumbuhnya jenggot dalam hal menghasilkan sebum dan atau minyak yang dapat melembabkan batang rambutnya. Sampo biasa memiliki formula untuk menekan produksi minyak seminimal mungkin agar rambut terhindar dari lepek dan minyak berlebihan. Formula bahan kimia pada sampo yang biasanya kamu gunakan untuk rambut kepala tentu tidak bisa kamu aplikasikan ke rambut jenggot.

Jenggot membutuhkan beard wash atau sampo khusus jenggot yang dibuat dengan formula yang seimbang. Yaitu formula yang tetap bisa mempertahankan sebum alami yang dihasilkan kulit wajah. Hal tersebut diperlukan agar batang rambut pada jenggot tidak mengalami kekeringan apalagi bercabang. Sampo khusus jenggot juga dapat menutrisi batang rambut pada jenggot sehingga tidak akan tumbuh keriting melainkan tumbuh lebat dan sehat.

Kandungan Sampo Khusus Jenggot atau Beard Wash

Kandungan yang disimpan dalam beard wash tentu akan lebih kaya nutrisi. Hal tersebut disesuaikan dengan karakter kulit wajah yang lebih sensitive daripada kulit kepala. Sehingga beard wash harus diformulakan dengan bahan kimia yang anti iritasi dan ramah terhadap kulit sensitive. Tak hanya itu, kandungan vitamin pada beard wash juga bisa mendukung tumbuhnya jenggot menjadi lebih cepat. Batang-batang rambut jenggot pun akan tampak lebih berkilau dan anti kusut.

Jenggot yang biasanya memiliki pertumbuhan alami yang berantakan tentu akan lebih mudah diatur apabila kamu memilih beard wash yang tepat dan sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan. Kulit dagu atau garis rahang pun juga akan terhindar dari risiko pengelupasan akibat pembasmian sebum berlebihan seperti yang diakibatkan sampo rambut biasa.

Vitamin yang Baik untuk Pertumbuhan Jenggot

Sebelum kamu membeli sebuah beard wash untuk kebutuhan pencucian jenggot, disarankan untuk melihat terlebih dahulu kandungan yang ada pada beard wash tersebut. Ada beberapa kandungan yang sangat baik bagi pertumbuhan jenggot yang sehat sehingga Kawan bisa lebih mudah dalam merawat jenggot. Ada pun kandungan-kandungan tersebut antara lain adalah yang mengandung Jojoba oil, Zinc, vitamin Biotin atau B7 dan B6, hingga kandungan moisturizer yang tinggi untuk menghidrasi kulit dan batang rambut jenggot. Kamu juga perlu menghindari beard wash yang memiliki kandungan alcohol yang keras karena alcohol bisa memicu iritasi pada kulit dan menyebabkan kulit hingga rambut jenggot menjadi kering dan bercabang. Hindari juga beard wash yang bisa memicu ketombe, karena kulit pada jenggot juga bisa berketombe.

Jadwal Mencuci Jenggot yang Rutin

Meskipun kamu telah memilih beard wash yang terbaik, jangan lakukan pencucian jenggot setiap hari. Kamu hanya perlu melakukan pencucian sebanyak 2 kali hingga 3 kali saja dalam seminggu. Pencucian yang berlebihan akan menyebabkan sebum alami tergerus dan kulit mudah mengelupas. Ingat bahwa kulit wajah yang ditumbuhi jenggot tidak perlu dicuci berlebihan.

Namun apabila kamu memiliki rutinitas harian outdoor yang membuat kulit tertimpa debu, kotoran, maupun minyak yang selalu berlebihan, maka tidak apa-apa apabila Kawan melakukan pencucian jenggot setiap harinya. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah bersarangnya beragam jenis bakteri dan kuman penyakit yang bisa menyebabkan tumbuhnya ketombe ataupun jerawat.

Gunakan Kondisioner Sebagai Nutrisi Ekstra

Kandungan pada beard wash difokuskan pada fungsi cleansing untuk mengangkat kotoran, sebum berlebih, debu, maupun minyak sehingga permukaan kulit dan seluruh batang rambut jenggot bisa bersih tanpa iritasi. Kandungan nutrisi yang terkandung pada beard wash tidak terlalu besar karena memang fokusnya adalah di bagian pembersihan.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan nutrisi tambahan yang bisa memberikan efek lembut dan sehat yang lebih cepat, kamu bisa menambahkan penggunaan kondisioner khusus jenggot atau berad conditioner setelah mencuci bersih jenggot dengan beard wash. Penggunaan conditioner bisa dilakukan setiap kali kamu mencuci jenggot, yaitu hanya 2 kali hingga 3 kali saja. Apabila kamu adalah tipe pekerja outdoor yang harus mencuci jenggot setiap hari, penggunaan kondisioner juga tetap hanya sebanyak 2 hingga 3 kali saja dalam satu minggu.

Tambahkan Beard Oil dan Beard Balm Bila Perlu

Selain aktivitas pencucian, jenggot juga sering mengalami pencukuran untuk menjaga bentuk look sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya setelah melakukan pencukuran, kulit akan mengalami sedikit iritasi sehingga dibutuhkan balm untuk menenangkan kulit. Selain itu balm juga bisa menutup kembali pori-pori yang terbuka akibat pencukuran yang dilakukan.

Sedangkan beard oil adalah sejenis essential oil yang mengandung jenis minyal kaya nutrisi seperti jojoba oil. Penggunaan minyak ini baik dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu tiap kali sebelum melakukan pencucian jenggot dengan beard wash. Usapkan beard oil pada kulit dagu dan seluruh batang rambut jenggot, lalu pijat lembut hingga meresap, diamkan selama 15 menit.

Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Setelah itu, lakukan pencucian dengan beard wash hingga kandungan minyak benar-benar telah bersih. Penggunaan perawatan tambahan dengan beard balm dan beard oil bisa membantu menjaga kelembapan serta Kesehatan jenggot. Kulit pun akan terhindar dari ketombe, kekeringan, atau bahkan sebum yang berlebih. Kamu juga bisa memperoleh batang rambut yang berkilau dan lembut sehingga tidak akan mengeriting apalagi sampai bercabang.

Setelah mengetahui pentingnya menggunakan sampo khusus jenggot atau beard wash, Kawan bisa mulai meninggalkan kebiasaan mencuci jenggot dengan menggunakan sampo yang sama dengan sampo rambut kepala. Kawan bisa mencari sampo khusus jenggot yang terbukti kualitasnya dan dinanti peluncurannya seperti brand Maaz Grooming yang akan diluncurkan pada pertengah tahun. Untuk bisa memperoleh penawaran terbaru dan harga promo terbatas, Kawan bisa langsung daftarkan email dan lakukan subscribe agar tidak tertinggal kabar terkini dari Maaz Grooming. Bagi yang telah memiliki pilihan langganan beard wash andalan, Kawan bisa mencoba produk dari Maaz Grooming dan bandingkan perbedaannya.

Tulis komentar