Mencegah Ketombe dan Jerawat pada Brewok dan Kumis

Tumbuhnya jenggot dan kumis di sekitar wajah sebenarnya adalah normal bagi pria, hormone testosterone menjadi alasan paling utama. Namun, banyak yang suka banyak juga yang tidak suka. Mereka yang tidak suka beralasan karena terlihat rame atau terlalu malas untuk merawatnya. Dan untuk sebagian yang suka, mereka mengganggap jenggot dan kumis adalah tanda ke-machoan pria. Kamu ada di pilihan mana nih?

Bagi kebanyakan pria, alasan lain menumbuhkan jenggot dan kumis biasanya karena ingin terlihat lebih dewasa dan terhormat. Percaya atau tidak hal tersebut benar – benar akan merubah penampilan secara signifikan. Apalagi akhir – akhir ini banyak sekali selebriti dalam dan luar negeri yang keren banget karena jenggot dan kumis yang rapi. Sehingga booooom menjadi trending dikalangan pria remaja maupun dewasa.

Namun, terkadang pria hanya tau cara menumbuhkannya saja. Tetek bengek seperti merawat tidak terlalu dipedulikan. Padahal tumbuhnya jenggot dan kumis bisa menambah sarang bakteri lho. Salah satunya ketombe dan jerawat pada brewok. Kok bisa? Yap bakteri akan bersarang di tempat lembab dan kotor.

Bukannya membuat penampilan jadi lebih, baik, malah menambah masalah dengan adanya penyakit. Serem banget bukan? Nah, artikel di bawah ini akan dijelaskan detail mengenai cara merawat, memahami penyebabnya, juga tentang cara mengatasinya. Jadi disimak yuk!

Cara yang Benar Merawat Jenggot dan Kumis

Jika kamu memutuskan untuk menumbuhkan jenggot dan kumis, usahakan rawat dengan sebaik mungkin yaaa. Jenggot dan kumis yang rapi tentu akan terlihat lebih sehat dan bersih. Sehingga bisa menghindari rasa gatal berlebih atau iritasi. Berikut ini tata cara merawatnya :

Cukur Jenggot Seperti Huruf U

Mencukur jenggot dengan benar adalah poin penting, kamu tidak boleh asal dalam hal ini yaa. Sebelum menggunakan pisah cukur, sebaiknya tentukan garis dari titik lurus di leher. Untuk menentukannya, kamu bisa letakkan salah satu jari di atas jakun. Nah baru dari titik atas jakun tersebut bisa cukur huruf U.

Merawat Jenggot dan Kumis = Merawat Kulit

Sebagian pria beranggapan bahwa dengan menumbuhkan jenggot dan kumis maka akan merawat rambutnya saja. Padahal itu tidak benar sama sekali. Kesehatan kulit pun harus jadi prioritas. Kalo tidak, bisa saja ruam merah akan banyak bermunculan di sekitar wajah.

Gunakan Balsem Khusus

Bagian ini seringkali dilupakan, dengan alasan malas-lah atau “ah nanti ajalah.” Sama seperti wanita yang tidak boleh melewatkan skincare, pria juga tidak boleh men- skip balsam khusus pada janggut dan kumis. Berguna sebagai pendingin dan pelembab, dapat membuat pertumbuhan jenggot dan kumis semakin terangsang dengan baik.

Gunakan Sampo dan Conditioner

Sampo dan Conditioner tidak hanya digunakan untuk rambut lho, janggut dan kumis juga ternyata perlu. Kamu harus rutin sekiranya dua kali seminggu untuk membersihkannya dengan sampo. Setelahnya gunakan juga conditioner.

Semua itu berguna untuk memberikan efek lembut dan juga bernutrisi. Eitssss samponya jangan asal pilih yaa. Pilih yang memiliki kandungan lidah buaya atau minyak papermint. Dan untuk conditioner, pilih yang memiiliki Ph seimbang.

Rutin Mencukur

Rambut wajah biasanya akan tumbuh lebih cepat dibandingkan rambut pada kepala. Maka dari itu, cukur jenggot dan kumis secara rutin sebelum terlihat lebat. Jangan lupa gunakan pisau cukur yang tajam dan tepat yaa.

Penyebab Ketombe dan Jerawat pada Brewok & Kumis

Ketombe atau jerawat pada brewok dan kumis memiliki bentuk butiran. Dan terkadang kamu tidak sadar dan mengabaikannya. Padahal jika dibiarkan, semakin lama akan semakin bertumpuk lho. Untuk mengetahui lebih jelas penyebabnya, berikut ini ulasannya :

Tungau di Wajah

Tungau wajah menjadi salah satu penyebab kenapa ketombe bisa muncul di jenggot dan kumis. Dikenal sebagai Demodex Folliculorum, membuatnya bisa masuk ke dalam lapisan kulit sekitar pipi, atas bibir maupun alis.

Dermatitis Seboroik

Ini adalah kondisi yang sering ditemukan pada pria yang memiliki tipe kulit berminyak. Efek Dermatitis Seboroik ini selain munculnya ketombe, bisa membuat kulit terasa gatal dan mengelupas. Dan ini bisa terjadi pada kulit kepala sekalipun.

Folikulitis

Ini merupakan radang pada folikel rambut. Bisa terjadi pada jenggot, kumis, maupun kepala. Bentuknya jerawat, bisa menyebabkan gatal dan nyeri bahkan sampai bernanah. Semua itu disebabkan karena adanya infeksi bakteri akibat tersumbatnya pori pori. Sehingga jamur dan virus akan bersarang di sekitar wajah kamu.

Kiat – Kiat Mengatasi Ketombe dan Jerawat pada Brewok dan Kumis

Ketombe dan jerawat pada brewok dan kumis pasti bikin insecure banget kan? Niat awal ingin terlihat lebih keren eh malah zonk. Hal lumrah yang sering dilakukan sebagai pencegahan biasanya membersihkan dan melembabkan. Tapi terkadang kiat tersebut tidak berhasil secara permanen.  Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat cara mengatasinya dibawah ini yaa!

Potong Jenggot Kamu

Jika ketombe dan jerawat yang bersarang sudah tidak tertolong lagi, jalan satu satunya adalah potong secara keseluruhan agar mematikan penyebarannya. Ini akan mempermudah perawatan kulit kamu agar bisa normal kembali. Namun jika tidak ingin seluruhnya, kamu bisa potong pada area - area tertentu yang berminyak dan kemudian ratakan secara rapi.

Eksfoliasi

Apa itu eksfoliasi? Adalah suatu teknik yang berguna untuk membunuh sel kulit mati. Sehingga mempercepat pengelupasannya. Caranya mudah, kamu tinggal siapkan scrub khusus eksfoliasi kemudian sikatkan pada jenggot atau kumis. Sikatnya sikat khusus yaa dan jangan lupa dengan gerakan selembut mungkin agar tidak melukai lapisan sel yang lain. Setelah itu bisa bersihkan dengan air mengalir. Kamu punya dua keuntungan dengan caara ini, selain bisa mengurangi ketombe bisa juga membantu mengendalikan minyak berlebih.

Pakai Minyak Argan

Ini adalah minyak esensial yang dikhususkan untuk membantu mengatasi ketombe & jerawat pada jenggot dan kumis. Berguna untuk melembabkan agar tetap terjaga keseimbangannya. Pertama – tama kamu bisa bersihkan jenggot dan wajah dengan air mengalir, kemudian keringkan dengan handuk. Setelah itu, baru teteskan minyak argan pada tangan dan pijat secara perlahan. Ingat yaa jangan terlalu banyak pemakaiannya.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa memelihara jenggot dan kumis perlu effort yang besar bukan? Mungkin memelihara akan lebih sulit daripada menumbuhkannya. Namun apabila salah atau abai, tentu jenggot dan kumis idaman kamu tidak akan terjadi. Malah sebaliknya, tanpa disadari kamu bisa mendapatkan penyakit kulit akibat hal tersebut.

Mengingat rambut adalah hal sensitive dan sering menjadi sarang bakteri, maka perawatan yang maksimal adalah perlu. Kebersihannya menjadi poin penting lho. Nah, untuk merawat agar jenggot dan kumis terlihat lebih sehat dan lebat, kini kamu gaperlu khawatir lagi.

Maaz Grooming hadir sebagai solusi. Adalah sebuah brand yang dikhususkan pada produk perawatan brewok ( jenggot, kumis, dll). Akan meluncur pada pertengahan 2021. So, jangan lupa untuk sertakan email dan subscribe agar bisa langsung terima harga spesial saat produk sudah meluncur nanti. Kesempatan ini jangan sampai kamu lewatkan begitu saja yaa!

Tulis komentar