Pemilik Jenggot, Ini Perbedaan Beard Oil dan Beard Serum!

Menumbuhkan jenggot atau brewok memang membutuhkan waktu dan dedikasi. Jenggot atau brewok tersebut tentu tidak akan hanya tumbuh dalam semalam. Setiap pria yang ingin memiliki jenggot atau brewok yang keren, harus menunggu dan melakukan usaha agar jenggot bisa tumbuh dengan sempurna tanpa bagian yang terlewatkan atau patchy. Meski demikian, kadang pria merasa cukup frustasi menumbuhkan jenggot dan merasa perlu menggunakan produk untuk membantu tumbuhnya jenggot. Saat ini ada banyak obat penumbuh jenggot di pasaran seperti beard serum beard oil. Lalu, apakah perbedaan antara beard oil dan beard serum tersebut, dan manakah yang lebih efektif?

Apakah yang membuat keduanya berbeda?

Bisa dibilang, jenggot atau brewok maupun kumis adalah "makeup" bagi pria. Oleh sebab itu, perawatan jenggot menjadi salah satu hal penting dalam merawat penampilan pria. Ada banyak produk di pasaran yang menawarkan beragam manfaat untuk jenggot termasuk beard serum dan beard oil. Ketahui masing-masing produk secara detail dan kenali produk mana yang tepat untukmu.

1. Tekstur

Meski sama-sama cair ada sedikit perbedaan tekstur pada beard serum dan beard oil. Perbedaan beard oil dan beard serum tersebut akan nampak pada kekentalan dan sifat cairannya. Sesuai namanya, beard oil akan lebih terasa ringan dan berminyak sementara beard serum akan terasa sedikit lebih kental maupun memiliki tekstur seperti gel namun tidak begitu berminyak seperti beard oil.

2. Komposisi

Beard oil terbuat dari minyak alami yang berfungsi melembabkan kulit dan area jenggot sehingga membuatnya nampak lebih sehat dan hidup. Perbedaan beard oil dan beard serum dalam komposisi juga terletak pada kandungan zat aktif dalam serum. Beard serum mengandung senyawa aktif yang akan masuk ke dalam lapisan dermis kulit untuk merangsang pertumbuhan folikel rambut pada wajah. Biasanya bahan yang ditambahkan dalam beard serum adalah Minoxidil. Zat ini bekerja dengan cara merangsang aliran kapiler darah menuju folikel rambut sehingga akar rambut bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Studi pada tahun 2010 dalam Drug Design, Development and Therapy menyebutkan bahwa Minoxidil dalam kandungan 3% aman dan efektif jika digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut termasuk jenggot.

3. Cara pemakaian

Cara mengaplikasikan produk juga berpengaruh pada efek yang ditimbulkan. Perbedaan beard oil dan beard serum juga bisa dilihat dari cara penggunaan atau aplikasinya. Beard serum biasanya akan diaplikasikan setelah wajah dibersihkan dan dieksfoliasi. Sementara itu, beard oil yang memiliki sifat berminyak dan glossy serta memiliki sifat menahan air dalam kulit biasanya akan diaplikasikan setelah penggunaan serum tanpa perlu dibilas lagi. Penggunaan beard serum juga akan lebih efektif jika dibarengi dengan pemijatan pada area wajah. Setelah kamu mengaplikasikan beard serum pada wajah, kamu harus menunggunya hingga kering baru setelah itu kamu bisa membilas wajahmu. Penggunaan beard serum juga lebih difokuskan pada area yang belum ditumbuhi atau tidak nampak memiliki jenggot saat rambut di bagian wajah lainnya sudah mulai tumbuh.

4. Manfaat

Baik beard oil dan beard serum, keduanya memiliki manfaat untuk membantu mendapatkan jenggot yang sehat dan lebat. Meskipun demikian, ada sedikit perbedaan beard oil dan beard serum yang cukup mendasar dalam segi manfaat. Beard oil cenderun memiliki fungsi atau manfaat melembabkan kulit sehingga kulit di area jenggot tidak kering dan rusak. Di sisi lain, beard serum yang diracik dengan zat aktif tentu akan lebih bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan rambut pada wajah dalam waktu yang relatif lebih singkat. So, kalau kamu ingin mencoba beard serum sebaiknya kamu pilih serum dari brand terpercaya dan sebaiknya pilih serum yang terbuat dari bahan alami, mengandung vitamin B, D, E, dan mineral magnesium, zinc dan lainnya. Pastikan juga produk tidak memiliki kandungan paraben di dalamnya.

Ingat tips berikut saat kamu berusaha menumbuhkan jenggotmu!

Meskipun ada banyak produk yang bisa membantumu menumbuhkan jenggot, kamu harus selalu ingat beberapa tips berikut ini, karena jenggotmu tidak tumbuh begitu saja.

  • Faktor genetis menentukan pertumbuhan jenggot

Hal ini harus kamu pahami dan ketahui bahwa faktor genetik memegang peranan penting dalam pertumbuhan jenggot. Tidak semua pria memiliki gen jenggot atau rambut wajah yang lebat seperti kebanyakan pria Indonesia. Jadi, perhatikan dengan baik jika kebanyakan pria dalam keluargamu mengalami kesulitan menumbuhkan jenggot atau tidak memiliki jenggot sama sekali berarti kamu memang tidak punya banyak kesempatan memiliki jenggot yang lebat. Sebagaimana  yang dituturkan oleh Dr John Antony, MD dalam sebuah laman kesehatan Cleveland Clinic.

  • Mencukur jenggot tidak akan membuatnya tumbuh lebih lebat atau pekat

Seringkali mitos beredar dan menyebutkan bahwa semakin sering kamu mencukur jenggot maka jenggot tersebut akan tumbuh semakin lebat dengan warna yang lebih pekat atau gelap. Faktanya tidak demikian, saat mencukur bagian rambut yang tipis memang akan dihilangkan dan hanya bagian rambut jenggot yang tebal saja yang akan terekspos sementara. Jadi, ada baiknya kamu melakukan pemangkasan jenggot dalam waktu yang tepat misal dua kali dalam seminggu untuk t.

  • Tumbuhnya jenggot juga dipengaruhi oleh makanan

Meskipun kamu menggunakan beard oil maupun beard serum untuk membantu pertumbuhan jenggot, kamu tetap tidak akan mendapatkan jenggotmu tumbuh dengan cepat dan lebat tanpa nutrisi yang cukup. Konsumsi makanan sehat yang dapat membantu pertumbuhan folikel rambut pada bagian wajah seperti telur, bayam, ikan dan makanan lainnya. Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin seperti Biotin yang telah terbukti mampu merangsang pembentukan keratin, protein yang menyusun rambut sebagaimana disebutkan dalam sebuah studi Skin Appendage Disorder. Biotin terkandung dalam daging, kacang-kacangan, pisang, dan telur.

  • Sabar dan telaten adalah kuncinya

Satu hal penting yang harus selalu kamu ingat bahwa meskipun kamu menggunakan produk beard serum atau oil yang terbaik, hasilnya akan nihil jika kamu tidak rutin menggunakannya. Kunci dari merawat jenggot adalah dengan menggunakan produk perawatan secara rutin dan benar. Jangan hanya mengandalkan produk tersebut karena kamu tetap harus melakukan hal lain seperti membersihkan dan mencukur jenggot dengan tepat. Jika kamu tidak melakukannya secara rutin dan membiarkan jenggot begitu saja tumbuh dengan sendirinya, tentu hasilnya tidak akan maksimal.

Nah, itulah perbedaan beard oil dan beard serum yang bisa kamu ketahui. Dari uraian di atas tentunya saat ini kamu sudah memahami fungsi dari keduanya dan bisa menentukan produk mana yang tepat untuk digunakan. Kalau kamu sedang mencari produk grooming yang oke, kamu bisa tunggu kehadiran Maaz Grooming, brand perawatan pria yang akan meluncur dalam waktu dekat. Kamu bisa daftarkan emailmu pada kolom berikut untuk mendapatkan informasi dan promo menarik saat produk diluncurkan. Jadi, tunggu apalagi!

Tulis komentar