Pencari Kerja dengan Brewok Tidak Profesional? Ini Faktanya!

Dewasa ini persaingan kerja semakin berat terutama di kota-kota besar. Salah satu kunci untuk dapat memperoleh pekerjaan adalah kemampuan dan juga penampilan. Pria yang terlihat rapi dan profesional biasanya akan lebih diminati dalam pekerjaan tertentu. Jika selama ini kamu mengira bahwa pencari kerja dengan brewok atau jenggot terlihat kotor dan tidak rapi serta sulit mencari pekerjaan mungkin kamu harus ketahui faktanya berikut.

Apakah memiliki brewok membuatmu terlihat tidak profesional?

Saat ini ada banyak perusahaan yang memperbolehkan pria memiliki jenggot atau brewok, khususnya di industri kreatif maupun bisnis kasual. Tapi, apakah memiliki brewok membuatmu terlihat tidak profesional? Jawabannya, tidak selalu. Ada beberapa kriteria brewok atau jenggot yang tetap membuat pencari kerja dengan jenggot tetap terlihat profesional dan tidak berantakan. Beberapa kriteria memiliki brewok dalam dunia kerja, antara lain:

  • Tercukur rapi dan simetris

Jika kamu bekerja dalam sebuah perusahaan yang profesional tentu penampilan menjadi sangat penting. Apabila kamu memelihara brewok ada banyak jenggot yang kamu miliki tetap tercukur rapi dan simetris. Jangan lupa untuk memangkasnya secara teratur dan perhatikan setiap sisinya.

  • Bersih dan tidak berbau

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya oleh pencari kerja dengan brewok adalah menjaga brewok atau jenggot agar tetap bersih dan tidak berbau. Sebelum melakukan wawancara kerja, pastikan brewok bersih dari kotoran, sisa makanan, ketombe maupun hal lain yang membuatnya terlihat kotor. Selain itu, pastikan juga jenggotmu tidak berbau karena bahkan tumpahan minuman seperti susu juga bisa membuatnya berbau. Jika kamu tak yakin, sebaiknya gunakan beard oil dengan aroma yang menyegarkan untuk menghilangkan bau pada jenggotmu.

  • Leher yang bersih

Terkadang rambut pada daerah wajah juga akan mencapai bagian leher. Memiliki rambut atau jenggot pada leher tentu akan membuatmu terlihat tidak rapi. Ada baiknya kamu mencukur rambut pada leher secara menyeluruh hingga terlihat bersih dan lebih rapi. Dengan begitu, kamu bisa melakukan wawancara kerja dengan lebih percaya diri.

Pandangan rekruter terhadap pencari kerja dengan brewok

Mungkin sedikit aneh jika ternyata pria yang memiliki jenggot atau brewok dipandang memiliki kelebihan dibanding yang tidak memiliki jenggot. Berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Evolution and Human Behaviour, pria berjenggot dianggap memiliki sifat yang lebih dominan dan maskulin. Selain itu, pria yang memiliki brewok atau jenggot juga dianggap lebih dewasa dan terlihat profesional.

Studi lainnya yang dilakukan pada tahun 2008 menyatakan bahwa pria dengan brewok terlihat lebih atraktif, dominan dan maskulin. Mereka lebih dianggap memiliki kepribadian yang baik dan dapat dipercaya. Oleh sebab itulah pria dengan brewok tersebut lebih disukai untuk beberapa bidang pekerjaan tertentu seperti bidang medis, psikologis, dan pendidikan. Para rekruter juga menganggap pria dengan kacamata dan jenggot memiliki performa yang lebih baik dan lebih matang.

Tidak hanya itu, baru-baru ini penelitian yang dilakukan oleh Sarah Mittal, asisten profesor dalam bidang marketing dari Universitas St. Edward dan David H. Silvera dari Universitas Texas juga bisa mendukung pencari kerja dengan brewok. Penelitian yang dimuat dalam Journal of Business Research tersebut menyatakan bahwa salesman yang memiliki brewok dapat membantu penjualan produk dengan lebih baik.

Meskipun demikian, ada beberapa bidang pekerjaan yang menginginkan pekerjanya memiliki wajah yang bersih dan tidak memiliki jenggot panjang ataupun tidak memiliki brewok sama sekali seperti pekerjaan yang mengharuskan bertemu klien. Selain itu beberapa pekerjaan yang mengharuskanmu menggunakan peralatan tertentu sepertinya juga akan membuatmu harus mencukur jenggot panjangmu.

Apakah harus mencukur brewok sebelum interview?

Jika kamu akan mendapatkan sebuah interview dan kamu kebingungan apakah harus mencukur brewok atau tidak, kamu bisa praktekkan beberapa cara berikut ini!

  • Tanyakan pada pihak kantor yang akan melakukan wawancara tentang kebijakan memiliki brewok dan penampilan pria yang bekerja di sana. Jika kamu tidak bisa menanyakan langsung pada pihak kantor, kamu bisa tanyakan pada pria yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.
  • Cek profil LinkedIn tentang perusahaan yang akan kamu datangi dan cek juga para pekerja di sana. Jika kamu tidak menemukan pekerja yang yang memiliki jenggot atau brewok kurang dari 10% sebaiknya kamu mencukur jenggotmu atau setidaknya merapikannya setipis mungkin. Selain LinkedIn, kamu juga bisa cek akun sosial media perusahaan tersebut.
  • Jika perusahaan menyatakan bahwa tidak masalah memiliki jenggot atau brewok, kamu harus tetap bersyukur dan merapikannya agar terlihat lebih rapi dan bersih.
  • Ketahui bidang pekerjaan yang akan kamu jalani. Lihat bagaimana profesi tersebut berjalan, apakah jenggot yang kamu miliki tidak akan mengganggu dalam melakukan pekerjaan tersebut maupun sebaliknya.

Tips membuat brewok terlihat lebih menarik saat wawancara kerja

Apabila kamu mendapatkan bahwa perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan memperbolehkan kamu memiliki brewok, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal penting. Kamu harus tampak lebih percaya diri dan meyakinkan dengan brewok yang kamu miliki. Ikuti tips berikut ini sebelum melakukan wawancara kerja.

  • Jika kamu ingin terlihat rapi dan bersih saat melakukan wawancara kerja tentunya kamu harus memperhatikan kebersihan jenggotmu juga. Perhatikan kebersihan dan kerapian brewok atau jenggot, pastikan kamu mencuci jenggot dengan menggunakan shampo khusus dan gunakan juga kondisioner untuk membuatnya lebih halus.
  • Pilih model brewok yang sesuai dengan wajah sebelum bercukur atau gunakan model yang sudah kamu dapatkan saat melakukan penelitian tentang bentuk jenggot yang sesuai. Jika kamu tidak bisa mencukur jenggotmu sendiri, ada baiknya kamu meminta bantuan ahli dengan mencukurnya di barbershop. Biasanya mereka bisa memberikan solusi dan hasil cukur yang lebih rapi.
  • Jika kamu memiliki area brewok yang tidak ditumbuhi rambut, sebaiknya kamu tidak mencukur brewok terlalu pendek karena hal itu dapat membuat bagian tersebut tampak lebih terlihat.
  • Gunakan produk khusus perawatan brewok seperti Beard oil yang dapat membuat jenggot tampak lebih berkilau dan rapi. Beard oil juga bisa membuat jenggot tampak lebih sehat dan hidup. Selain beard oil, kamu juga bisa gunakan beard balm yang memberikan efek brewok atau jenggot lebih tertata dalam waktu yang lebih lama.
  • Selain menggunakan beard oil atau beard balm, kamu juga perlu merapikan jenggot dengan menggunakan sisir maupun produk untuk merapikan jenggotmu.
  • Gunakan produk perawatan dan styling yang tepat agar penampilanmu terlihat lebih profesional saat melakukan wawancara kerja. Bisa jadi karena penampilanmu yang nampak lebih percaya diri dan meyakinkan, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sudah diimpikan.

Meskipun kamu mendapati bahwa perusahaan yang akan merekrutmu tidak mengijinkan kamu memiliki jenggot atau brewok, dan kamu harus mencukurnya, ingat bahwa kamu bisa menumbuhkannya kembali. Tidak masalah kalau kamu harus mencukur habis brewok atau jenggot demi mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan dan setelah itu kamu bisa menumbuhkannya kembali. Saat ini ada banyak produk seperti obat penumbuh jenggot yang tersedia di pasaran. Maaz Grooming adalah salah satu brand yang bisa membantumu menumbuhkan jenggot dan merawatnya. Daftarkan emailmu di bawah ini dan dapatkan promo khusus saat produk diluncurkan. 

Tulis komentar