Seni Mengukur Pertumbuhan Brewok Biar Tahu Progres Menuju Tampil Menawan

Menumbuhkan brewok menjadi tantangan tersendiri bagi para pria, khususnya untuk mereka yang memang tidak memiliki brewok lebat. Dengan berjalannya waktu, brewok yang dirawat pasti bertambah panjang dan tebal. Adakalanya Bro pasti ingin mengetahui seberapa cepat atau lebat Brewokmu tumbuh. Untuk itu, diperlukan seni mengukur pertumbuhan brewok yang oke. Ada banyak cara untuk mengukur pertumbuhan brewok, tidak hanya dengan penggaris atau meteran tentunya. Ketahui alur pertumbuhan  dan seni mengukur brewok yang tepat berikut ini!

Seni mengukur pertumbuhan brewok agar capai tingkat kelebatan yang kamu inginkan

Pertumbuhan rambut brewok pada pria

Sama seperti rambut yang ada pada daerah kepala, rambut pada brewok atau jenggot juga memiliki tahapan pertumbuhan. Sebelum membahas tentang tahap pertumbuhan rambut brewok, mungkin Bro ingin mengetahui mengapa rambut brewok hanya tumbuh pada pria ada tidak pada wanita maupun anak-anak. Pertumbuhan brewok dipengaruhi oleh testosteron, hormon pada pria yang direspon oleh folikel rambut, dan pria menghasilkan lebih banyak testosteron dibanding wanita. Beberapa pria juga memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dibandingkan pria lainnya sehingga lebih mudah memiliki brewok. Saat testosteron mulai mempengaruhi pertumbuhan rambut dan brewok mulai tumbuh ada tiga tahap yang dialami rambut yakni anagen, katagen dan telogen.

Fase pertumbuhan rambut brewok

Anagen adalah fase pertumbuhan rambut dimana saat ini juga menentukan panjang brewok yang dimiliki. Pria yang memiliki brewok pendek atau tidak tumbuh biasanya memiliki fase anagen yang lebih pendek dibandingkan dengan pria lainnya. Meski seorang pria memiliki fase anagen yang panjang, fase ini juga bisa berkurang lambat laun karena faktor usia. Itulah mengapa sangat penting bagi pria untuk menutrisi rambut brewoknya agar tetap tumbuh panjang dan lebat. Setelah itu, rambut akan mengalami fase katagen dimana rambut mengalami fase transisi dan tidak bertambah panjang. Fase ini berlangsung selama dua hingga tiga minggu sebelum masuk fase telogen. Fase terakhir dari pertumbuhan rambut adalah fase telogen dimana rambut berhenti tumbuh karena folikel menjadi non aktif, bahkan 6-8% diantaranya akan rontok dan digantikan dengan rambut baru yang memasuki fase anagen. Satu siklus yang terdiri dari tiga fase ini akan berlangsung selama tiga bulan dan akan berlanjut dengan siklus lainnya, begitu terus menerus.

Tahap pertumbuhan rambut pria

Kalau Bro baru mulai menumbuhkan brewok maka Bro mesti tahu beberapa tahapan yang akan dialami selama proses menumbuhkan brewok. Tahap pertama yang akan dialami adalah tahap saat Bro merasa aneh dan tidak nyaman karena rasa gatal. Rambut brewok yang baru tumbuh memang terasa aneh dan gatal, tapi sebaiknya Bro harus tetap bertahan selama kurang lebih tiga minggu untuk tidak mencukurnya, jika ingin punya brewok yang lebat. Tahap kedua pertumbuhan brewok akan berlangsung pada minggu keempat hingga minggu ke keenam. brewok memang akan terasa gatal dan muncul masalah lainnya seperti patchy atau terdapat bagian kulit yang tidak ditumbuhi rambut brewok. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh genetis tetapi jangan menyerah. Tetap pertahankan brewok menggunakan beard oil atau beard serum agar masalah tersebut lambat laun bisa teratasi. 

Tahap ketiga pertumbuhan brewok akan terjadi pada minggu kedelapan hingga minggu kesepuluh. Di minggu-minggu inilah fase anagen sedang terjadi dan Bro bisa sedikit merapikannya jika brewok sudah tumbuh panjang. Setelah empat atau lima bulan, brewok akan masuk ke tahap selanjutnya dimana brewok sudah tumbuh lebat dan penuh, kulit tak teraga gatal dan Bro bisa menatanya sesuai keinginan. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa kalau Bro ingin mendapatkan brewok yang penuh dan lebat, maka Bro harus sabar menunggu selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Cara mengukur pertumbuhan brewok

Ada kebanggaan tersendiri bagi pria jika dia sudah bisa menumbuhkan rambut brewok secara penuh. Bro juga pastinya ingin mengukur seberapa panjang brewok yang Bro miliki atau membandingkan pertumbuhannya dari waktu ke waktu. Secara umum, rambut brewok akan tumbuh sepanjang 0.5 inchi atau sekitar 1.27 cm per bulan. Jika dihitung maka perharinya rambut brewok hanya tumbuh sekitar 0.4 mm. Dengan mengetahui seberapa cepat pertumbuhan brewok, Bro juga bisa memperkirakan berapa lama brewok atau berapa lama kumis tumbuh dalam waktu tertentu.

Metode visual

Untuk mengukur pertumbuhan brewok dan melihat perbedaannya dari waktu ke waktu, Bro bisa membuat sebuah jurnal visual yang berupa foto brewok di saat yang sama setiap hari atau dalam jangka waktu tertentu misal satu minggu. Bro bisa mengambil foto dengan brewok setelah mandi di pagi hari atau saat siap, dan melakukan hal yang sama di waktu yang lain. Dengan begitu Bro bisa membandingkan panjang brewok melalui foto dari waktu ke waktu. Jika sudah berada pada tahap di mana brewok tumbuh sesuai keinginan, Bro bisa menunjukkannya pada teman atau keluarga untuk melihat perbedaannya dari waktu ke waktu.  Metode ini juga bisa Bro gunakan kalau Bro memelihara kumis. 

Metode chart

Selain dengan menggunakan bantuan visual, Bro juga bisa memakai metode chart atau diagram yang digunakan untuk mengukur panjang rambut brewok atau jenggot. Caranya adalah dengan menggunakan penggaris atau mistar dan mengukurnya dari hari ke hari atau minggu ke minggu. Dengan menggunakan diagram, Bro juga bisa mengetahui dengan pasti seberapa panjang brewok yang dimiliki dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk menumbuhkan brewok sepanjang itu. Saat ini juga ada cara unik untuk mengukur panjang brewok atau jenggot yakni dengan kaos dengan diagram bertuliskan kata-kata lucu. Kamu bisa mendapatkan kaos ini di marketplace online. Kaos ini juga bisa jadi hadiah yang unik kalau Bro juga punya keluarga atau teman yang memiliki brewok atau jenggot panjang.

Tips mempercepat pertumbuhan brewok

Terkadang menumbuhkan rambut brewok membuat kulit terasa gatal dan jika Bro mengalaminya sebaiknya lakukan perawatan yang tepat. Jangan lupa untuk selalu membersihkan brewok dua kali sehari dengan pembersih yang tepat dan gunakan juga pelembab pada daerah wajah yang ditumbuhi rambut brewok. Dengan rutin membersihkan brewok dan melembabkan kulit di sekitarnya maka Bro akan merasa lebih nyaman dan tidak merasa gatal serta terhindar dari iritasi

Selain itu, untuk mendapatkan rambut brewok yang lebih panjang dan lebat kamu bisa memperhatikan asupan nutrisi, kualitas tidur serta rutin melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya. Bro juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin atau menggunakan beard oil atau beard serum yang dapat memelihara kesehatan serta merangsang pertumbuhan brewok. Jangan lupa untuk memilih produk perawatan brewok yang tepat dan pastikan kandungannya aman digunakan setiap hari serta terbuat dari bahan alami.

Kalau Bro tertarik menumbuhkan brewok, Bro juga bisa mencoba rangkaian perawatan pria dari Maaz Grooming. Maaz Grooming adalah produk khusus pria yang bisa membantumu mendapatkan brewok panjang yang Bro inginkan. Daftarkan email dan subscribe untuk mendapatkan informasi serta promo yang menarik. Tunggu apalagi, dapatkan brewok panjang dan lebat sesuai keinginanmu!

Tulis komentar