Ragam Alat Cukur Kumis dan Tips Memilihnya

Kumis bisa jadi salah satu hal yang dibanggakan oleh pria selain jenggot atau brewok. Memiliki kumis juga merupakan simbol maskulinitas pada laki-laki. Agar kumis tampak rapi dan menawan kamu tentunya harus rajin merawat dan mencukur kumis. Selain mengetahui teknik mencukur yang benar kamu juga harus menggunakan alat pencukur kumis yang tepat. Jika kamu adalah seorang pemula, berikut beberapa alat yang digunakan untuk bercukur dan tips memilih alat cukur yang tepat.

Alat cukur kumis yang wajib kamu miliki

Jika kamu seorang pemula, mungkin kamu akan sedikit kebingungan memilih alat cukur kumis yang tepat. Berikut beberapa alat cukur kumis yang bisa kamu gunakan dan sebaiknya kamu miliki sendiri di rumah 

Trimmer

Alat cukur kumis yang satu ini wajib kamu miliki. Trimmer adalah alat cukur kumis yang dapat mencukur dalam jarak yang lebih dekat pada kulit dan biasanya digunakan untuk mencukur rambut kumis yang pendek. Dengan menggunakan trimmer, kamu bisa mengatur panjang rambut kumis yang kamu inginkan dan membuatnya lebih rapi tanpa membuang banyak waktu.

Gunting

Gunting juga merupakan alat cukur  yang penting dan wajib dimiliki oleh para pria yang memiliki kumis atau jenggot. Jika kamu sering tidak punya waktu untuk datang ke barber, kamu bisa mencukur kumismu sendiri. Agar bisa melakukannya dengan benar, pastikan kamu memilih gunting khusus rambut yang nyaman digunakan. Beberapa bagian kumis memiliki rambut yang tentunya sulit dicukur atau dirapikan dengan menggunakan trimmer, dan disinilah fungsi dari gunting cukur. Dengan menggunakan gunting ini, kamu bisa menyesuaikan panjang kumis dan memotong rambut yang tidak diinginkan.

Sisir

Salah satu pelengkap alat cukur yang terlihat sepele tetapi harus dimiliki oleh kamu yang ingin memelihara kumis adalah sisir. Sisir khusus jenggot atau kumis bisa membantu mencukur lebih rapi. Dengan menggunakan sisir, kamu bisa memperkirakan panjang kumis yang ingin kamu cukur, dan juga meluruskan rambut kumis yang kusut sebelum dicukur. Selain itu, penggunaan sisir khusus kumis juga bisa membuat kumis terlihat lebih rapi setelah diatur dengan menggunakan produk aftershave seperti wax, beard oil atau beard balm.

Kuas rambut atau hair brush

Selain sisir, alat lainnya yang bisa digunakan untuk membuatnya terlihat lebih rapi adalah kuas rambut atau hair brush. Kuas berbentuk sisir ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati, ketombe atau kotoran yang ada pada kumis maupun jenggot. Tidak hanya itu, kuas rambut tersebut juga bisa memberikan pijatan lembut pada daerah wajah yang ditumbuhi kumis atau jenggot sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan aliran darah yang lancar tentunya kulit akan terlihat lebih segar dan rambut pada area wajah juga bisa tumbuh lebih sehat.

Hair dryer

Mencukur kumis sebaiknya dilakukan saat kumis dalam keadaan kering. Hal ini bisa memberikan perkiraan panjang rambut yang harus dipangkas dengan tepat, mengingat rambut akan lebih panjang saat basah. Jika kamu tak punya banyak waktu untuk mencukur dan harus menunggu kumis kering, ada baiknya kamu menggunakan hair dryer. Hair dryer atau pengering rambut bisa membantu mengeringkan kumis atau jenggot yang akan dicukur dan ditata. Saat menggunakan hair dryer pada kumis, jangan gunakan suhu yang terlalu panas karena bisa merusak rambut, atau gunakan pengaturan "cool setting" yang tersedia.

Tips memilih alat cukur kumis yang tepat

Beberapa alat cukur kumis memang harus kamu miliki jika kamu ingin mendapatkan kumis atau jenggot yang rapi. Jika kamu adalah pemula yang baru memulai menumbuhkan kumis, kamu bisa pertimbangkan beberapa tips memilih alat cukur berikut ini!

Brand

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih alat cukur kumis, salah satunya adalah brand atau merek. Alat cukur kumis atau jenggot dari brand ternama biasanya lebih terpercaya dan memiliki banyak kelebihan dibanding dengan alat cukur biasa yang tidak memiliki merek. Jika kamu adalah orang yang peduli dengan kumis atau jenggot yang rapi, berinvestasi dengan alat cukur kumis yang berkualitas dari brand ternama sepertinya perlu dipertimbangkan.

Material

Agar lebih awet dan mudah digunakan, kamu mesti memilih alat cukur yang terbuat dari bahan berkualitas. Kamu bisa memilih primer yang terbuat dari bahan plastik berkualitas dengan mata pisau yang terbuat dari baja tahan karat. Selain bisa membuat kegiatan mencukur lebih mudah, material yang berkualitas juga biasanya lebih nyaman dan tidak mudah selip saat digunakan.

Budget

Salah satu hal yang juga penting dalam memilih alat cukur kumis adalah dengan mempertimbangkan budget yang kamu miliki. Saat ini ada banyak alat cukur yang dijual dengan harga murah dan kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih terjangkau jika memiliki budget yang terbatas. Jika kamu memiliki budget lebih kamu bisa membeli alat cukur kumis yang memiliki fitur multifungsi dan dapat digunakan untuk mencukur bagian tubuh lain. Selain itu, kamu bisa memilih alat cukur dengan brand ternama yang lebih awet digunakan jika memiliki budget yang lebih banyak.

Elektrik atau Manual

Memilih alat cukur kumis memang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Mungkin kamu bingung harus memilih alat cukur kumis yang bagaimana. Jika kamu bisa membeli alat cukur kumis yang berkualitas seperti alat trimmer elektrik, kamu bisa mencobanya. Alat ini lebih efisien dan menggunakan daya listrik sehingga bisa digunakan berkali-kali tanpa harus membuangnya. Kamu juga bisa lebih berhemat dengan menggunakan alat cukur kumis elektrik dibanding alat cukur kumis manual. Kamu juga bisa memilih alat cukur kumis elektrik dengan kabel maupun tanpa kabel sesuai kebutuhan. Jika kamu sering bepergian, ada baiknya kamu memilih alat cukur tanpa kabel atau alat cukur manual yang mudah digunakan dimana saja dan kapan saja.

Fitur

Biasanya setiap alat cukur kumis akan dibekali dengan berbagai macam fitur atau keunggulan. Sebelum membeli, ada baiknya kamu memperhatikan dan mengetahui fitur yang ditawarkan pada setiap alat cukur kumis tersebut. Kamu bisa membeli dan menggunakan alat cukur kumis tersebut jika fitur yang ada dirasa penting dan dapat membantu kamu saat mencukur. Ketahui kebutuhan terlebih dahulu baru kamu bisa memilih fitur apa yang yang penting dalam alat cukur kumis yang kamu inginkan.

Mencukur kumis memang tidak boleh sembarangan dan kamu harus mengetahui alat serta metode yang tepat saat mencukur. Kamu juga bisa menggunakan produk yang dapat membantu menata kumismu seperti halnya saat menata jenggot. Berbagai produk perawatan jenggot dan kumis saat ini bisa dengan mudah diperoleh di pasaran dan kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Maaz Grooming adalah produk perawatan pria yang akan segera meluncur dipertengahan tahun 2021 dan dan memiliki tujuan untuk membantu menumbuhkan dan merawat jenggot pria Indonesia. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kamu bisa daftarkan emailmu pada kolom di bawah untuk mendapatkan informasi serta promo yang menarik saat produk sudah diluncurkan. Jangan sampai kelewatan!

Tulis komentar