Salah Cukur Brewok? Ini Cara Mengatasinya

Dengan memiliki brewok atau jenggot berarti seorang pria harus dapat merawatnya dengan baik termasuk dengan bercukur. Memang bercukur atau memangkas brewok adalah hal yang rutin dilakukan oleh pria dengan rambut pada wajahnya. Kegiatan bersyukur bisa menjaga tampilan brewok agar tetap keren dan stylish. Dengan menggunakan alat cukur baik razor maupun alat cukur elektrik, Bro bisa bercukur kapan saja dan dimana saja. Meski demikian, kadang Bro yang sudah terbiasa bercukur pun bisa mengalami masalah seperti salah cukur. Masalah yang satu ini memang bisa membuat Bro merasa frustasi, tapi tenang tetap ada cara untuk mengatasinya. 

Mengatasi bencana bagi para pria berbulu: salah cukur brewok.

Mengatasi salah cukur brewok

Sebuah studi pada tahun 2016 menyebutkan bahwa bercukur adalah salah satu kebiasaan pria yang sudah ada sejak 8000 tahun lalu dan harus dilakukan hati-hati jika tidak ingin kulit teriritasi. Saat bercukur telah menjadi suatu kebiasaan rutin biasanya Bro akan merasa lebih mudah untuk bercukur sehingga tidak terlalu memperhatikan kemana arah alat cukur tersebut. Terkadang hanya dengan mengandalkan memori dan kebiasaan, pria jadi tidak memperhatikan cara mencukur jenggot dengan benar. Akhirnya terjadilah kecelakaan yang membuat hasil cukur jenggot atau brewok yang tidak sempurna seperti bagian brewok di pipi yang tidak sama atau memotong bagian atas pipi terlalu rendah. 

Kalau Bro mengalami masalah salah cukur tersebut ada baiknya Bro memperbaiki kesalahan dengan melihat kondisinya. Kalau hasil cukur masih bisa diperbaiki dan disamaratakan maka Bro bisa melakukannya tetapi jika tidak maka biarkan saja. Jangan berpikir untuk memangkas habis semua brewok atau jenggot yang beliau miliki karena bagian tersebut tentu akan tumbuh kembali. Diperlukan waktu untuk menumbuhkan brewok yang mengalami salah cukur sehingga Bro harus tetap sabar dan melakukan perawatan dengan benar.

Brewok tak kunjung tumbuh kembali

Lantas, bagaimana jika setelah beberapa waktu brewok yang mengalami salah cukur tidak tumbuh kembali dan kesalahan tersebut terlalu terlihat. Bro pasti akan merasa malu karena hasil cukur yang tidak rata atau mungkin terlihat aneh. Haruskah Bro mencukur semua brewok di wajah dan tampil clean shaved? Jawabannya, tidak perlu karena bisa dibilang memangkas semua brewok adalah pilihan terakhir dan jika masih ada jalan untuk memperbaiki kesalahan tersebut maka Bro bisa melakukannya. 

Sadarkah Bro kalau salah cukur sebenarnya bisa membuat Bro lebih kreatif karena ada banyak gaya atau model yang bisa digunakan untuk brewok atau jenggot mu. Bro bisa bereksperimen dengan model brewok lainnya seperti goatee, mutton chops, Fu Manchu, dan lainnya. Lihat referensi model brewok yang saat ini banyak beredar dan pertimbangkan mana gaya yang sesuai dengan brewok yang saat ini Bro miliki. Tak masalah jika Bro tampil beda dengan model brewok yang berbeda pula. Bro mesti menerima kesalahan dan tampil lebih percaya diri apapun alasannya.

Tips mengatasi salah cukur brewok

Suatu ketika Bro sudah siap untuk bersyukur dan alat cukur yang biasa Bro gunakan sudah siap di tangan. Bro dengan percaya diri mulai memangkas dan melakukan trimming pada brewok atau jenggot tetapi tiba-tiba Bro memotong terlalu dalam atau memangkas brewok pada bagian yang tidak semestinya. Jika demikian, Bro tidak harus menyamaratakan kesalahan tersebut pada bagian lainnya. Ikuti tips berikut kalau Bro melakukan kesalahan saat mencukur.

  1. Lepaskan dan letakkan terlebih dahulu alat cukur brewok yang Bro gunakan minimal selama lima menit
  2. Ambil nafas dalam-dalam dan perhatikan tampilan brewok Bro di cermin
  3. Pertimbangkan apa yang bisa Bro lakukan untuk memperbaiki kesalahan yang sudah Bro perbuat pada brewok atau jenggot
  4. Lanjutkan trimming dengan hati-hati pada bagian yang bisa membuat brewok Bro terlihat lebih baik dan kesalahan menjadi sedikit tidak terlihat
  5. Fokus saat melakukan trimming terutama jika Bro memutuskan untuk mencoba model atau style brewok yang baru
  6. Saat selesai, Bro bisa tinggalkan tempat bercukur sejenak minimal satu jam baru setelah itu Bro bisa kembali untuk melihat hasil cukur yang Bro lakukan

Jika Bro merasa bahwa gaya atau model baru yang Bro gunakan pada brewok atau jenggot tidak sesuai maka Bro sebenarnya bisa mempertimbangkan untuk membuatnya lebih tipis. Jika awalnya belum memiliki janggut yang panjang atau full beard maka Bro bisa memangkasnya lebih tipis. Tak masalah kalau harus berkorban, bukankan brewok tipis lebih baik daripada tidak memiliki brewok sama sekali?

Gunakan alat cukur terbaik untuk mencegah salah cukur

Untuk mencegah dan mengatasi masalah hasil cuku yang tidak sempurna sebenarnya Bro bisa menggunakan alat cukur terbaik termasuk clipper atau trimmer dan juga gunting. Pilih trimmer atau clipper berkualitas yang dilengkapi dengan fitur pengatur panjang brewok yang akan dipotong serta fitur lainnya yang mendukung. Dengan menggunakan alat cukur yang baik tentu Bro bisa melakukan proses bercukur dengan lebih presisi. Namun, meskipun Bro sudah menggunakan alat terbaik dan sudah sering bercukur Bro harus tetap hati-hati dan melakukannya pelan saja. Sebelum mulai mencukur, pastikan Bro sudah menyisir atau menyikat brewok maupun jenggot yang Bro miliki. 

Dengan menggunakan sisir, proses bercukur tentu akan lebih mudah. Selain itu, sebaiknya jangan bercukur saat Bro sedang terburu-buru karena bisa menyebabkan salah cukur. Cek juga fitur pengaturan pada alat cukur sebelum digunakan agar tidak terjadi kesalahan terutama jika ada orang lain yang juga sering menggunakan alat cukur tersebut. 

Minta bantuan ahli atau barber

Menumbuhkan brewok yang panjang dan lebat memang tidak mudah. Jika Bro memutuskan untuk merawat dan menumbuhkan brewok yang lebih panjang ada baiknya Bro menggunakan jasa barber atau ahli yang lebih profesional. Terkadang Bro akan lebih cenderung melakukan kesalahan saat mencukur jenggot atau brewok yang lebih panjang. Kalau tidak mau ini terjadi maka Bro bisa mempercayakannya pada ahlinya. Demikian juga jika Bro sudah terlanjur mencukur sendiri brewok atau jenggot yang belum memiliki dan melakukan kesalahan, Bro bisa datang ke barbershop jika tidak bisa memperbaikinya sendiri. Bro juga bisa minta bantuan barber jika bro tidak bisa mencukur kumis sendiri karena jika sampai salah tentu akan terlihat aneh. 

Jangan merasa dunia sudah berakhir kalau Bro melakukan kesalahan saat mencukur baik mencukur jenggot maupun mencukur kumis. Salah cukur adalah hal biasa yang dialami oleh pemilik brewok atau jenggot. Ingat, brewok atau jenggot yang beliau miliki bisa tumbuh kembali dan untuk mendapatkannya Bro bisa melakukan perawatan yang tepat seperti menggunakan produk khusus penumbuh brewok. Ada banyak jenis produk seperti beard oil atau beard balm yang bisa Bro gunakan untuk mempercepat pertumbuhan brewok atau jenggot. Pastikan Bro memilih produk berbahan alami yang aman digunakan. Maaz Grooming adalah brand perawatan pria yang bisa membantu Bro menumbuhkan kembali jenggot atau brewok jika mengalami salah cukur. Daftarkan email dan subscribe untuk dapatkan info dan promo menariknya.

Tulis komentar