Tips Alami Menumbuhkan Brewok dan Kumis

Brewok dan kumis memang bisa membuat pria terlihat lebih maskulin. Meski demikian, tidak semua pria memiliki kesempatan untuk menumbuhkan brewok atau kumis yang lebat. Jika kamu ingin menumbuhkan brewok atau kumis, maka kamu harus memperhatikan beberapa hal dan tips yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkannya. Memang dibutuhkan sedikit waktu tapi usaha tidak akan mengkhianati hasil. Jadi tunggu apalagi, kamu bisa ikuti beberapa tips alami menumbuhkan brewok yang dapat kamu praktikkan sendiri di rumah.

Tips alami menumbuhkan brewok dan kumis

Konsumsi makanan sehat

Jika ingin mendapatkan brewok dan kumis yang lebat kamu tidak boleh mengandalkan obat penumbuh brewok ataupun kumis saja. Kamu tetap harus menjaga pola hidup sehat jika ingin brewok atau kumismu terlihat lebih subur. Mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan demi menumbuhkan brewok atau kumis. Beberapa makanan yang mengandung vitamin tertentu mampu merangsang pertumbuhan folikel rambut yang semula tidak aktif. Begitu juga dengan makanan yang mengandung protein, yang merupakan senyawa penyusun kulit dan rambut.

Dengan kata lain, nutrisi dapat membuat akar rambut tumbuh lebih baik dan lebih lebat. Vitamin D adalah vitamin yang berperan dalam mengaktifkan kembali reseptor folikel rambut yang sudah tidak aktif. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin D diantaranya adalah ikan, telur dan susu kedelai. Selain vitamin D, vitamin lainnya yang juga berperan dalam pertumbuhan rambut pada wajah adalah vitamin B, sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah studi yang dimuat dalam National Library of Medicine. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B seperti ikan, susu, kacang-kacangan, dan daging. Konsumsi makanan tersebut secara teratur untuk mendapatkan efek yang maksimal pada pertumbuhan brewok atau kumismu

Olahraga teratur

Memang belum ada penelitian yang secara spesifik mengungkapkan efek olahraga terhadap pertumbuhan brewok atau kumis. Meski begitu, olahraga bisa memperlancar aliran darah sehingga akar rambut pada wajah juga bisa mendapatkan lebih banyak nutrisi. Selain itu, olahraga seperti HIIT atau High Intensity Interval Training juga dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Semakin tinggi kadar testosteron maka semakin tinggi pula kadar dihydrotestosterone atau DHT yang berperan dalam menumbuhkan rambut di area wajah.

Tidur berkualitas

Tidur juga menjadi salah satu hal penting yang harus kamu lakukan jika ingin mendapatkan brewok atau kumis yang lebat. Kurang tidur bisa menyebabkan berkurangnya kadar testosteron dalam tubuh sehingga menyebabkan rendahnya pula kadar DHT atau dihidrotestosteron yang merupakan pemicu tumbuhnya rambut brewok atau kumis. Jika kadar DHT dalam tubuhmu rendah maka brewok dan kumismu akan tumbuh semakin lambat. 

Tidur juga bisa mengurangi stress pada tubuh yang disebabkan oleh tingginya hormon kortisol. Perlu kamu ketahui, kortisol adalah salah satu penyebab kerontokan pada rambut dan masalah kulit lainnya. Jadi, pastikan kamu mendapatkan tidur yang berkualitas setiap malam dan sebaiknya hindari begadang jika tidak perlu. Kamu juga sebaiknya mengatasi insomnia jika kamu memiliki masalah tersebut. Cobalah untuk tidur lebih cepat setiap malam karena hal tersebut sangat baik untuk kulit dan pertumbuhan brewok atau jenggotmu.

Rutin merawat wajah

Dengan memiliki wajah yang lembab dan bersih maka rambut wajah atau brewok maupun kumis dapat tumbuh dengan maksimal. Untuk membersihkan wajah ada baiknya kamu menggunakan pembersih yang berbahan natural seperti minyak esensial yang dapat memicu tumbuhnya brewok atau kumis. Setelah membersihkan wajah, jangan lupa untuk menggunakan pelembab dengan basis minyak alami seperti minyak kelapa atau minyak almond yang juga efektif menutrisi kulit dan mampu menyuburkan rambut pada wajah. 

Agar lebih praktis, kamu juga bisa menggunakan beard oil atau beard balm yang diformulasikan khusus dari bahan alami. Lakukan perawatan secara rutin dan jangan malas jika kamu ingin mendapatkan brewok atau kumis yang lebat. Jangan lupa juga untuk rutin mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati pada wajah. Sel kulit mati yang menumpuk pada area wajah atau brewok dapat menyebabkan lambatnya pertumbuhan rambut brewok tersebut serta dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit. Gunakan exfoliator atau scrub halus yang aman dan dan lembut pada wajah.

Berhenti merokok

Satu hal yang bisa kamu ketahui adalah bahwa merokok dapat menyebabkan lambatnya pertumbuhan brewok atau kumismu. Nikotin dan senyawa kimia lainnya yang terkandung dalam rokok dapat memicu terjadinya peradangan dan kerusakan kerusakan DNA pada Pembuluh darah yang mengalirkan nutrisi pada folikel rambut termasuk di daerah wajah. Dengan berhenti merokok, kamu bisa mencegah kerusakan pembuluh darah tersebut sehingga rambut di area wajah bisa mendapatkan nutrisi maksimal dan bisa tumbuh lebat. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Ralph M. Trueb pada tahun 2003 menyebutkan bahwa nikotin pada rokok dapat menyebabkan kerontokan rambut, kebotakan dan juga penuaan dini pada kulit. Kalau kamu kesulitan berhenti merokok maka kamu bisa meminta bantuan dokter atau ahli medis. Berhenti merokok juga tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi kamu juga bisa mendapatkan brewok atau kumis idaman.

Jangan percaya mitos

Ada banyak mitos yang berkembang soal pertumbuhan brewok atau kumis. Salah satunya adalah mitos yang mengatakan bahwa Semakin sering kamu mencukur maka semakin cepat dan semakin lebat pula brewok atau kumis yang kamu miliki. Faktanya tidak demikian. Mencukur memang bisa menghilangkan rambut brewok atau kumis yang tipis dan memperlihatkan bagian yang tebal dan gelap saja. Meski begitu tidak membuat brewok atau kumismu tumbuh lebih cepat maupun lebat. Sebaliknya, mencukur brewok atau jenggot saat sedang dalam masa pertumbuhan justru dapat menghambat proses dan kecepatan tumbuhnya. Cukup lakukan trimming pada brewok atau kumismu beberapa kali dalam seminggu dan kamu tidak perlu melakukannya setiap hari. Selain itu, ada banyak mitos lainnya tentang brewok yang beredar. Sebelum kamu mempercayai mitos tersebut sebaiknya kamu lakukan riset terlebih dahulu.

Intinya, jika kamu ini menumbuhkan brewok atau kumis maka kamu harus bersabar dan melakukan pola hidup sehat. Brewok atau kumis mu tidak dapat tumbuh cepat hanya dalam waktu semalam meskipun kamu menggunakan obat atau produk penumbuh rambut pada daerah wajah. Meski sebenarnya tidak ada cara untuk membuatnya tumbuh lebih cepat kamu bisa menerapkan tips alami menumbuhkan brewok di atas untuk mendapatkan rambut wajah yang lebih lebat, sehat dan nampak terawat. 

Jika kamu sedang mencari produk perawatan khusus pria yang bisa membantu menumbuhkan brewok atau kumismu maka kamu bisa mencoba produk Maaz Grooming yang akan segera diluncurkan. Daftarkan emailmu pada mailing list yang sudah kami sediakan di bawah dan dapatkan promo menarik saat produk sudah meluncur ke pasaran.

Tulis komentar