Tips dan Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumah, Jangan Asal!

Bobby Agung
Bobby Agung

Memangkas rambut ke salon atau barbershop memang mahal. Yuk, pelajari cara memotong rambut sendiri yang mudah di bawah ini!

Rambut adalah “mahkota” yang harus dijaga kesehatan dan keindahannya. Tidak cuma wanita, hal ini juga penting bagi sebagian besar pria.

Demi memastikan rambut terlihat menawan, tak sedikit orang menghabiskan biaya besar untuk melakukan perawatan ke salon dan barbershop.

Padahal, tidak semua proses pemotongan rambut membutuhkan jasa kapster profesional.

Jika hanya merapikan cabang dan ujung rambut saja, maka bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Tips Sebelum Memotong Rambut Sendiri

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengetahui cara memotong rambut sendiri. Agar prosesnya berjalan lancar, ikuti tips berikut ini:

1. Gunakan Gunting yang Tepat

Gunting Khusus Potong Rambut

Seperti namanya, gunting kertas atau kain tidak difungsikan untuk memotong rambut. Jika dipaksakan, hasil potongannya pun tidak akan sempurna.

Sebaiknya gunakan gunting khusus untuk trimming rambut, sebab gunting ini memiliki bentuk pisau yang sesuai dengan tingkat ketajaman tinggi.

2. Kenakan Pelindung Pakaian

Persis seperti memotong rambut di salon, pelindung pakaian sangat penting dipersiapkan. Ini bisa berupa apa saja, seperti kain bekas, koran, hingga plastik besar.

Bila memiliki dana lebih, kalian bisa membeli pelindung pakaian atau jubah pangkas secara daring. Harganya beragam, mulai dari Rp12–150 ribu-an.

3. Keramas Sebelum Potong Rambut

Brother terbiasa keramas setelah potong rambut? Tidak ada salahnya. Namun, alangkah lebih baik jika proses tersebut dilakukan juga sebelumnya.

Keramas membuat cara memotong rambut sendiri lebih mudah, sebab rambut terbebas dari minyak dan kotoran yang membuatnya sulit ditata.

4. Mulai dengan Potongan Kecil

Jangan terburu-buru memotong seluruh bagian rambut, ya. Jika ini pengalaman pertama kalian, sebaiknya mulailah dengan potongan kecil.

Setelah itu perhatikan bentuk rambut melalui cermin. Jika potongan pertama terlihat bagus, maka kalian dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

5. Perhatikan Arah Rambut dan Gunting

Tarik rambut lurus ke atas menggunakan jari. Lalu, letakkan gunting sejajar dengan rambut dan lakukan pemotongan secara vertikal.

Ini merupakan cara termudah untuk memastikan konsisten potongan. Selain modelnya, cara ini juga membuat panjang rambut menjadi sama rata.

Cara Memotong Rambut Sendiri yang Benar

Cara memotong rambut sendiri tergantung pada jenis rambut yang dimiliki. Selain itu, tekniknya pun mengikuti bagian rambut mana yang ingin kalian potong.

1. Cara Memotong Rambut Panjang

Cara Memotong Rambut Panjang

Untuk memotong rambut panjang, bagilah rambut dan potong menjadi beberapa bagian. Tarik satu bagian ke depan, lalu potong sesuai keinginan Brother.

Agar terlihat bervolume, rapikan bagian tepinya dengan ujung gunting. Jika memiliki referensi gaya rambut tertentu, kalian juga bisa membentuknya sedemikian rupa.

2. Cara Memotong Rambut Pendek

Potongan rambut pendek memang simpel, tetapi harus dilakukan secara hati-hati. Jika salah, maka rambut kalian akan terlihat botak atau terpotong tidak rata.

Cara memotong rambut sendiri bisa dilakukan dari samping. Gunakan sisir untuk mengarahkan gunting, lalu ukur seberapa panjang rambut yang ingin dipangkas.

3. Cara Memotong Rambut Keriting

Untuk tipe keriting yang tidak terlalu rapat, kita dapat memotongnya saat rambut sedang kering. 

Potong satu per satu bagian rambut yang diinginkan. Tidak perlu menarik rambut terlalu keras, sebab dapat membuat rambut menjadi longgar.

Sebaliknya untuk rambut keriting yang tebal dan rapat, gunakan tekanan kuat untuk menahan pergerakan rambut saat proses pemotongan.

4. Cara Memotong Rambut Bergelombang

Jepit untaian rambut ke belakang, lalu sisir bagian yang ingin dipotong ke depan. Tarik rambut dengan telunjuk dan jari tengah agar potongannya presisi.

Jika ingin mempertahankan bentuk ikal rambut, lakukan potongan secara vertikal. Gunakan bagian ujung gunting untuk memangkas tepi rambut tersebut.

5. Cara Memotong Poni Rambut

Untuk memotong bagian poni, gunakan sisir kecil sebagai panduan untuk membuat garis lurus.

Ikuti pola poni sesuai yang kalian inginkan. Demi menghindari potongan yang terlalu pendek, sebaiknya pangkas tiap bagian poni satu per satu, ya.

Demikian sejumlah cara memotong rambut sendiri yang bisa Brother praktikkan di rumah.

Jangan lupa gunakan produk perawatan rambut Maaz Grooming Nourishing Shampoo, agar tampilannya tetap sehat, kuat dan bercahaya.

Selain melalui situs Maaz.id, produk ini juga bisa kalian beli melalui laman e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee, lho.

Semoga bermanfaat!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.