Tips dan Cara Mencukur Jenggot yang Benar, Keren Maksimal!

Bobby Agung
Bobby Agung

Setidaknya ada lima cara mencukur jenggot yang penting diketahui. Kelima cara ini bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Bagi para pria, menumbuhkan jenggot adalah sebuah bentuk kedewasaan. Selain terlihat lebih maskulin, kehadiran jenggot juga ampuh meningkatkan kewibawaan.

Karena itu, tidak heran jika banyak pria yang tertarik mempelajari cara menumbuhkan jenggot.

Apalagi, jenggot dapat dibentuk sedemikian rupa. Permukaannya dapat menyatu dengan kumis dan jambang, hingga menjadi brewok keren yang digandrungi oleh wanita.

Brother berminat menumbuhkan jenggot di wajah? Bukan cuma cara menumbuhkan, kalian juga harus tahu bagaimana cara merawatnya.

Tips Mencukur Jenggot yang Benar

Mengetahui cara mencukur jenggot yang benar sangat penting. Selain membuat penampilan terlihat rapi, ini berguna untuk menghindari risiko iritasi dan terluka.

Lagipula, membiarkan jenggot tumbuh serampangan justru membuat wajah terlihat kusam.

Sebelum mengetahui cara-caranya, berikut beberapa tips mencukur jenggot yang dikutip dari laman American Academy of Dermatology (AAD).

1. Basuh Kulit dan Jenggot dengan Air

Basuh Kulit Dan Jenggot Dengan Air Sebelum Mencukur

Membasuh kulit dan jenggot dengan air berguna untuk melembutkan permukaannya. Jika sudah lembap, maka risiko terluka saat bercukur akan berkurang.

Waktu terbaik untuk bercukur adalah setelah mandi, sebab kulit kalian cenderung bebas minyak dan sel-sel kulit mati yang menghambat kinerja pisau cukur.

2. Gunakan Gel atau Krim Cukur

Gel atau krim cukur dibutuhkan untuk mengantisipasi terluka saat trimming. Ini juga sangat baik diaplikasikan oleh orang-orang dengan kulit yang sensitif.

3. Pilih Alat Cukur Berpisau Tajam

Selain mempermudah cara mencukur jenggot, menggunakan alat cukur berpisau tajam dapat menghindari kita dari risiko iritasi dan masalah kulit lainnya.

Tidak cuma tajam, pisau tersebut juga harus higienis. Selalu gunakan alat cukur baru, serta jangan pernah berbagi pisau cukur dengan orang lain.

4. Cukur Jenggot Searah Pertumbuhan Rambut

Tips satu ini sangat penting, sebab dapat mencegah terjadinya selip dan terluka saat mencukur.

Selain itu, memotong jenggot searah pertumbuhan rambut berguna menghindari ingrown hair

Brother tentu enggak mau dong, kalau jenggot tersebut tidak tumbuh kembali.

5. Lakukan Pencukuran secara Perlahan

Bagaimanapun kalian sibuknya, cara mencukur jenggot harus dilakukan secara perlahan.

Ini dimaksudkan untuk menghindari iritasi dan terluka akibat mencukur. Apalagi jika kulit sedang berjerawat, sebaiknya gunakan mesin cukur listrik yang lebih aman.

6. Bersihkan Pisau Setelah Dipakai

Bersihkan pisau dengan air dan keringkan menggunakan kain bersih setelah dipakai. Ini bertujuan agar alat tersebut tetap higienis.

Selain itu, ganti pisau dengan yang baru setelah 5–7 kali pencukuran. Hal ini penting untuk meminimalisasi iritasi saat mencukur.

7. Simpan Pisau Cukur di Tempat Kering

Sama seperti membersihkannya, menyimpan pisau cukur di tempat kering dapat menghindari risiko terjangkitnya bakteri, kuman, dan kotoran.

Jika perlu siapkan tempat khusus untuk menyimpan alat cukur. Hindari tempat-tempat yang lembap dan basah, seperti di dekat wastafel.

Brother, setelah mengetahui tips mencukur jenggot, saatnya kita membahas cara-caranya. Ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan, seperti:

Cara Mencukur Jenggot di Rumah

1. Gunakan Trimmer Jenggot

Gunakan Trimmer Jenggot

Cara mencukur jenggot yang pertama adalah menggunakan trimmer. Cara ini terbilang efektif menjaga kerapian jenggot, sebab tidak mencabut habis hingga ke akarnya.

Setidaknya ada dua metode mencukur yang bisa dilakukan; mencukur kering dan basah.

Mencukur kering berarti langsung mengaplikasikan pisau cukur ke kulit. Sedangkan mencukur basah menggunakan bantuan krim atau gel.

2. Mencabut atau Tweezing

Tweezing biasa dilakukan oleh pria yang ingin mencukur habis jenggotnya. Dengan bantuan pinset, jenggot dicabut satu per satu hingga ke bagian akarnya.

Untuk meminimalisasi rasa sakit dan kemerahan, awali prosesnya dengan mencuci muka menggunakan air hangat.

Setelah selesai bilas dengan air dingin atau larutan astringen untuk mencegah iritasi pada kulit.

3. Metode Waxing

Sama seperti tweezing, metode waxing dilakukan para pria untuk mencabut jenggot ke akarnya.

Cara mencukur jenggot satu ini terbilang lebih menyakitkan, sehingga hindari area kulit yang terbakar sinar matahari, bertahi lalat, atau berkutil.

Untuk Brother yang ingin mencoba waxing di rumah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Hindari penggunaan retinoid 2–5 hari sebelum waxing
  • Cuci dan keringkan wajah sebelum waxing
  • Uji temperatur lilin di tangan, apakah menimbulkan rasa sakit atau tidak
  • Untuk mengurangi rasa sakit, berikan kompres dingin setelah waxing.

4. Menggunakan Epilator

Mirip seperti trimmer, alat epilator berguna untuk mencukur jenggot sampai ke bagian akarnya.

Lebih aman dari tweezing dan waxing, alat ini bisa kalian temukan dengan mudah di pasaran.

5. Oleskan Krim Khusus

Saat ini, ada pula krim khusus yang digunakan untuk menghilangkan jenggot di wajah. Krim ini bekerja dengan meluruhkan struktur rambut pada jenggot tersebut.

Beberapa orang mungkin akan mengalami iritasi atau reaksi alergi saat menggunakannya. 

Brother disarankan untuk menguji keamanan krim di tangan sebelum dioleskan ke wajah.

Selain itu, kalian juga tidak dianjurkan menggunakan krim ini di area kulit yang sensitif, teriritasi, mengalami peradangan, dan pecah-pecah.

Bagaimana, cukup mudahkan cara mencukur jenggot di rumah? Biar tambah memesona, jangan lupa rawat jenggot tersebut sebaik mungkin.

Kalian bisa menggunakan Maaz Grooming Beard Serum dan Maaz Grooming Beard Oil dari Maaz.id sebagai langkah pemeliharaan.

Lalu, atur rambut jenggot, kumis dan brewok dengan Maaz Grooming Beard Care Accessories (terdiri dari sisir, gunting dan sikat), agar tampilannya lebih menawan.

Selamat mencoba!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.