10 Cara Menghilangkan Bulu Halus di Wajah yang Aman dan Alami

Bobby Agung
Bobby Agung

Sama sekali tak menyiksa, beberapa cara menghilangkan bulu halus di wajah ini terbukti aman dan efektif untuk membuat kulit muka terlihat mulus.

Munculnya bulu di wajah merupakan hal yang wajar. Ini adalah salah satu proses kedewasaan yang terjadi saat remaja atau pada fase akhir pubertas.

Namun, tidak semua pria tertarik menumbuhkan rambut tersebut. Ada pula yang ingin terlihat klimis, sehingga diperlukan cara untuk menghilangkan bulu di wajah.

Proses waxing dan terapi laser adalah dua cara yang paling populer saat ini. Walau terbilang efektif, kedua cara itu nyatanya memberi dampak buruk pada kulit kita.

Cara Menghilangkan Bulu Halus di Wajah yang Aman

Perlu digarisbawahi, cara aman menghilangkan bulu halus di wajah terbilang efektif dan tidak menyakitkan, tetapi hasilnya pun bersifat sementara.

Bila ingin menghilangkan rambut halus di wajah secara permanen, maka kalian bisa memilih metode elektrolisis yang tersedia di klinik kecantikan.

Jika sudah paham, berikut cara menghilangkan bulu halus di wajah yang aman dan efektif.

1. Menggunakan Alat Pencukur Jenggot

Menghilangkan Bulu Halus Di Wajah Dengan Alat Cukur

Jika menginginkan efek instan tanpa efek samping sama sekali, maka cara menghilangkan bulu halus dengan alat pencukur jenggot patut untuk dicoba.

Cara satu ini terbilang sederhana dan ampuh menghilangkan bulu antara 1–3 hari.

Namun, metode ini tidak bisa digunakan untuk mencukur rambut hingga ke akarnya. Ini hanya efektif untuk proses meratakan bulu-bulu halus saja.

2. Mencabut Bulu Halus dengan Pinset

Pinset dapat digunakan jika kalian ingin mencabut bulu halus sampai ke akarnya. Hasil yang diberikan pun terbilang lebih lama, bertahan 2–8 minggu.

Akan tetapi, cara menghilangkan bulu halus di wajah ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pasalnya, kalian harus mencabut batang rambut satu per satu hingga seluruh permukaannya terlihat rapi dan bersih.

3. Manfaatkan Alat Pencukur Epilator

Mirip seperti pencukur rambut di barbershop, epilator adalah alat pencukur bulu halus elektronik yang dapat menghilangkan bulu sampai ke akarnya.

Selain tidak menimbulkan rasa sakit, epilator juga mampu memberikan hasil yang cukup lama karena bertahan antara 4–8 minggu.

Dibandingkan pisau cukur biasa dan pinset, menggunakan alat ini terbilang praktis dan cepat.

4. Cabut Bulu Halus dengan Threading

Cara menghilangkan bulu halus di wajah dengan metode threading cukup mirip dengan waxing.

Namun threading biasanya tidak sesakit waxing, sebab proses ini tidak membuat permukaan kulit teratas kita terangkat.

Nantinya, seorang terapis kecantikan akan menggulung dua benang katun untuk mengangkat bulu yang tidak diinginkan, seperti prosedur threading alis.

Dengan menggunakan cara ini, hasil yang diberikan dapat bertahan antara 4–8 minggu, lho.

5. Menggunakan Kapas dan Air Hangat

Siapa sangka kapas dan air hangat efektif untuk meluruhkan rambut di wajah. Selain aman, cara ini terbilang sangat mudah, Brother.

Pertama-tama, siapkan kapas bersih dan air hangat di dalam sebuah wadah. Lalu basahi kapas tersebut dengan air hangat, kemudian usapkan pada wajah.

Cara ini cukup efektif untuk mengangkat batang rambut yang masih sangat halus. Jika ingin lebih rapi lagi, gunakan alat pencukur jenggot setelahnya.

Cara Menghilangkan Bulu Halus di Wajah secara Alami

6. Pepaya, Kunyit, Tepung Gram, dan Lidah Buaya

Menghilangkan Bulu Halus Di Wajah Dengan Masker Pepaya

Bukan untuk dimakan Brother, bahan-bahan ini akan kita campur sebagai masker alami yang dapat menghilangkan bulu halus tanpa rasa sakit.

Kalian hanya perlu perlu menyiapkan 2 sdm pepaya tumbuk mentah, 2 sdm gel lidah buaya, 1 sdt bubuk kunyit dan 2 sdm tepuk gram.

Campur seluruh bahan tersebut hingga menjadi pasta halus. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu cuci dengan air bersih.

7. Tambahkan Minyak Mustard pada Ramuan

Cara menghilangkan bulu halus di wajah sebelumnya tak efektif? Tambahkan minyak mustard.

Ini tak hanya memberikan relaksasi, tetapi juga bisa mengurangi pertumbuhan rambut di wajah.

Bahan yang diperlukan adalah 2 sdm pepaya tumbuk mentah, 1 sdm gel lidah buaya, 1 sdm tepung gram, 1/2 sdt bubuk kunyit, dan 2 sdm minyak mustard.

Campurkan seluruh bahan dan aduk hingga menjadi pasta halus. Lalu, oleskan pasta tersebut ke wajah dan biarkan hingga benar-benar kering.

Gosok wajah secara perlahan, basahi jari dan pijat dengan gerakan melingkar sampai pasta kering mengelupas dari kulit wajah.

8. Campurkan Ramuan Pepaya dan Kunyit

Saat kunyit dioleskan ke kulit, maka permukaannya akan mengeras dan menempel seperti lem.

Ini dapat kita gunakan sebagai bahan penghilang rambut halus alami, apalagi jika dicampurkan dengan pepaya tumbuk mentah.

Pertama-tama, siapkan 2 sdm pepaya tumbuk mentah dan 1/2 sdm bubuk kunyit. Campurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta halus.

Oleskan pasta tadi ke wajah dan lakukan pijatan memutar selama 5 menit. Biarkan masker 15 menit sebelum akhirnya dicuci dengan air bersih.

9. Manfaatkan Campurkan Pepaya dan Susu

Sejak dahulu kala, susu telah digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk kecantikan.

Bahan satu ini disinyalir mengandung asam laktat, sehingga efektif unutk memutihkan kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel.

Bahkan jika dicampur dengan pepaya, susu bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bulu halus di wajah secara alami, lho.

Siapkan 2 sdm parutran pepaya mentah dan 1 sdm susu. Campurkan hingga menjadi pasta halus, lalu oleskan pada muka dan biar selama 30 menit.

10. Masker dari Pepaya dan Tepung Gram

Dengan berbekal pepaya dan tepung gram saja, kita sudah bisa membuat masker alami yang ampuh untuk mencabut bulu halus di wajah.

Siapkan 2 sdm pepaya tumbuk mentah dan 2 sdm tepung gram. Campur hingga menjadi pasta halus, kemudian oleskan pada permukaan wajah.

Diamkan selama 20–30 menit, lalu bersihkan wajah dengan air. Agar lebih manjur, kalian bisa menambahkan ramuan tersebut dengan 1 sdt bubuk kunyit.

Demikianlah 10 cara menghilangkan bulu halus di wajah secara aman dan alami.

Tidak cuma menghilangkan, kalian juga bisa menstimulasi pertumbuhan jenggot dan menjaga kesegarannya dengan produk-produk Maaz Grooming.

Yuk, temukan berbagai produknya secara langsung di website Maaz.id atau laman e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia!

Selamat mencoba.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.