10 Cara Merawat Rambut Pria yang Mudah dan Sederhana

Bobby Agung
Bobby Agung

Cara merawat rambut pria bisa dilakukan dengan langkah sederhana. Ini penting agar rambut tidak rontok, kering, bahkan mengalami kebotakan.

Tak hanya wanita, memiliki rambut yang sehat dan indah merupakan idaman bagi banyak pria.

Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diri, serta ampuh membuat penampilan seseorang terlihat lebih memesona.

Apalagi jika kalian sering beraktivitas di bawah sinar matahari. Rambut menjadi lebih berisiko cepat rusak, kusam, hingga kehilangan warna aslinya.

Begini Cara Merawat Rambut Pria yang Mudah

Cara merawat rambut pria erat hubungannya dengan mengubah perilaku dan kebiasaan. Ini harus dilakukan secara rutin dan juga konsisten

Jika sudah siap, berikut langkah mudah merawat pria yang bisa Brother lakukan.

1. Kenali Jenis Rambut Pria

Ketahui Jenis Rambut Pria

Jenis rambut pria ada bermacam-macam, mulai dari lurus, bergelombang, ikal, dan keriting. 

Dengan mengetahui jenis rambut sendiri, kita dapat menentukan pola perawatan yang tepat.

Misalnya pemilik rambut ikal, sebaiknya jangan telalu sering menguncir rambut, hindari produk perawatan berbahan silikon, serta gunakan kondisioner tanpa bilas.

2. Perhatikan Frekuensi Keramas

Frekuensi atau seberapa sering kamu keramas juga perlu diperhatikan. Alih-alih memperindah rambut, sering keramas justru membuat kulit kepala menjadi kering.

Menurut penelitian, keramas dapat menurunkan kelembapan alami rambut. Sebaiknya lakukan aktivitas tersebut setiap 2–3 hari sekali saja, ya.

3. Pilih Sampo yang Tepat

Ada sampo yang diperuntukan bagi rambut normal, tetapi ada pula jenis sampo untuk rambut kering dan berminyak. Pilihlah sesuai dengan jenis rambutmu.

Hal ini juga berlaku bagi pria dengan masalah rambut tertentu, seperti berketombe atau rontok.

Maaz Grooming Nourishing Shampoo adalah produk perawatan rambut yang bisa digunakan.

Sampo dari Maaz.id ini diklaim dapat mendukung pertumbuhan rambut hingga 78% lebih cepat. Kandungannya juga alami sehingga aman untuk berbagai jenis rambut.

4. Gunakan Kondisioner Rambut

Cara Merawat Rambut Pria Dengan Kondisioner

Cara merawat rambut pria selanjutnya adalah menggunakan kondisioner. Terlebih untuk rambut keriting, menggunakan kondisioner sehabis mandi sangat dianjurkan.

Kondisioner berguna untuk melembapkan, menghaluskan, dan membuat rambut lebih berkilau.

Oleskan kondisioner pada batang rambut, lalu diamkan selama 2–3 menit sebelum dibilas.

5. Jangan Gosok Rambut dengan Handuk

Ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pria. Nyatanya, menggosok rambut yang basah dengan handuk dapat merusak permukaan batangnya.

Jika ingin mengeringkan rambut, sebaiknya kibaskan atau sugar rambut terlebih dahulu untuk menyingkirkan butiran-butiran air sehabis mandi.

Apabila terasa masih lembap, cukup tempelkan rambut dengan handuk secara perlahan hingga permukaannya perlahan mengering.

6. Gunakan Handuk Microfiber

Menggunakan handuk dari microfiber merupakan cara merawat rambut pria yang bisa dicoba.

Handuk berbahan microfiber jauh lebih lembut dibandingkan katun. Selain itu, daya serapnya jauh lebih tinggi jika dibandingkan handuk berbahan biasa.

Handuk jenis ini pun sangat rekomendasikan bagi pria dengan jenis rambut keriting yang tebal.

7. Batasi Penggunaan Produk Hairstyling

Sesuatu yang berlebih memang tidak baik, termasuk dalam persoalan merawat rambut pria.

Haistyling atau menata rambut sejatinya sah-sah saja, tetapi batasi penggunaan produk-produk tersebut karena berpotensi merusak folikel rambut.

Produk pewarna rambut dan pomade misalnya, mengandung bahan-bahan kimia yang dapat membuat rambut berketombe hingga rontok.

8. Hindari Pengering Bertenaga Panas

Hindari Hairdryer Untuk Rambut Pria

Hairdyrer, pelurus dan pengeriting rambut adalah alat-alat pengering rambut bertenaga panas. Sebaiknya hindari alat-alat ini, jika ingin rambutmu senantiasa terawat.

Mengapa demikian? Sebab, alat-alat itu menghasilkan panas yang dapat merusak rambut dan mengakibatkan kebotakan pada pria.

9. Cukur Rambut secara Rutin

Berikutnya, cara merawat rambut pria yang mudah adalah dengan mencukurnya secara rutin.

Cukurlah rambut setiap 3 bulan sekali agar tumbuh dengan baik. Memotong rambut secara rutin juga membantu menjaga ujung rambut agar tetap sehat.

Namun, pastikan kamu tidak menggunakan alat-alat yang berbahaya untuk rambut. Contohnya alat pengering berbahan panas, seperti yang telah disebutkan di atas.

10. Konsumsi Makanan Bergizi

Memenuhi kandungan nutrisi dapat menjaga kesehatan rambut dari dalam. Karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan bergizi agar rambutmu senantiasa indah.

Rambut membutuhkan asupan vitamin A, B, C, D dan E, serta zinc, zat besi, dan protein.

Berbagai nutrisi itu bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, telur, susu, hingga daging.

Bagaimana Brother, ternyata cukup mudahkan cara merawat rambut pria. Cara-cara ini bisa kalian lakukan sendiri di rumah.

Selamat mencoba!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.