9 Cara Potong Rambut Pria untuk Pemula, Mulai dari Persiapan hingga Perawatan

Bobby Agung
Bobby Agung

Cara potong rambut pria biasanya tidak serumit rambut wanita yang relatif panjang. Yuk, coba terapkan langkah-langkah ini sendiri di rumah!

Kegiatan memotong rambut adalah ritual wajib bagi para pria. Tak hanya menjaga penampilan, aktivitas ini juga bersifat relaksasi dari kesibukan yang padat.

Ketika di barbershop, proses pemotongan rambut biasanya dibarengi dengan creambath atau keramas, pemijatan bahu dan kepala, bahkan face grooming.

Karena itu, walau memberi rasa nyaman yang maksimal, aktivitas ini dapat menelan biaya yang cukup mahal hingga mencapai angka ratusan ribu rupiah.

Tata Cara Potong Rambut Pria untuk Pemula

Lantas, bagaimana jika Brother hanya ingin merapikan ujung rambut yang sudah panjang? Tentunya proses full treatment di atas tidak dibutukan.

Demi menghemat biaya dan waktu, sebaiknya lakukan cara potong rambut pria sendiri di rumah. Gampang kok, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Siapkan Alat-Alat yang Dibutuhkan

Alat Alat Potong Rambut Pria

Tak banyak alat-alat yang dibutukan untuk mencukur rambut sendiri, di antaranya ialah gunting, sisir, alat cukur listrik (jika ada), kursi, cermin, dan dua lembar kain bekas.

Untuk kain bekas sendiri usahakan ukurannya cukup besar. Kain pertama berguna sebagai alas lantai, sedangkan kain satunya bisa dikenakan sebagai penutup badan.

2. Kenali Jenis Rambut Sendiri

Setelah peralatan siap, kenali dulu jenis rambut kalian sendiri sebelum memulai pemotongan. 

Ini penting, sebab berpengaruh pada pilihan model rambut dan cara memangkasnya.

Untuk rambut lurus, basahi permukaan rambut terlebih dahulu dengan air agar ukurannya sama dan presisi saat dipotong.

Sedangkan untuk pemilik rambut ikal, sebaiknya pangkas rambut dalam keadaan kering agar ukurannya tidak memendek drastis setelah dipotong.

3. Basahi Rambut Terlebih Dahulu

Langkah selanjutnya sebelum mengaplikasikan cara potong rambut pria adalah, basahi rambut terlebih dahulu dengan melakukan keramas.

Rambut yang lembap membuat proses pemotongan lebih cepat. Sebaliknya, rambut berminyak membuat permukaannya menggumpal dan sulit dipangkas.

4. Pilih Model Rambut yang Tepat

Seperti yang disebutkan, beda jenis rambut maka beda pula gaya tatanan yang harus dipilih.

Bukan berarti Brother tidak boleh bereksplorasi dengan model rambut terbaru.

Namun karena proses pemotongan rambut dilakukan sendiri, ada baiknya kalian bermain aman terlebih dahulu sebelum benar-benar mahir.

Sebagai referensi, jenis rambut ikal sangat cocok menggunakan gaya pompadour dan crop cut.

Sedangkan rambut lurus dapat mengaplikasikan potongan undercut, curtain, hingga comb over.

5. Potong dari Samping dan Bawah Kepala

Cara Potong Rambut Pria Dari Samping Dan Bawah Kepala

Mulailah cara potong rambut pria dari bagian samping dan bawah kepala terlebih dahulu. Area ini terbilang mudah dijangkau, sehingga dapat diselesaikan dengan cepat.

Pangkas rambut dari sisi kiri dan belakang, serta akhiri pada bagian sisi kanan. Agar potongan tetap rapi dan presisi, hindari dulu area di atas telinga atau sejajar dengan mata.

Lakukan pemangkasan sedikit demi sedikit. Gunakan sisir untuk mengangkat rambut di bagian bawah kepala, lalu mulailah memotong dari pangkal kepala secara perlahan.

6. Pangkas Rambut ke Bagian Atas Kepala

Setelah memangkas rambut bagian samping dan belakang, lanjutkan proses pemotongan pada rambut bagian atas kepala.

Mulailah dengan memotong dari area depan ke belakang. Tarik rambut dengan jari-jari menjadi posisi tegak lurus, lalu potong sedikit demi sedikit dari ujungnya.

Ulangi langkah tersebut pada bagian sisi kiri dan kanan atas, serta pastikan semua sisi telah terpotong dengan ukuran yang sama.

7. Ratakan Rambut di Area Transisi

Agar potongan rambut Brother tampak smooth, jangan lupa ratakan permukaan di area transisi.

Area transisi rambut adalah batas antara bagian bawah dan atas kepala. Untuk merapikannya, kalian dapat menahan rambut yang tidak dipotong dengan jari.

Kemudian gunakan teknik mensisir yang sama seperti sebelumnya, lalu bayangkan siluet yang diinginkan ketika memangkas rambut.

8. Rapikan Bagian Ujung Rambut

Bila seluruh cara potong rambut pria di atas sudah kalian lalui, saatnya merapikan bagian ujung rambut tersebut. Cukup gunakan gunting, kaca, dan sisir kecil saja, ya.

Dengan ini kita bisa memastikan apakah gaya yang diusung sudah sesuai keinginan atau tidak. Berhati-hatilah agar sentuhan akhir ini tidak merusak seluruh tatanan rambut.

9. Bersihkan Rambut dan Simpan Alat Cukur

Hasil potongan sudah sesuai keinginan, saatnya membersihkan rambut yang menempel pada badan atau yang jatuh ke permukaan lantai.

Agar badan tidak terasa gatal, Brother bisa mandi dan diulangi keramas menggunakan sampo.

Sebaiknya gunakan sampo berbahan alami seperti Maaz Grooming Nourishing Shampoo.

Sampo ini diformulasikan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut, mengkuatkan akar, mengurangi kerontokan, serta menutrisi kulit kepala.

Selain dapat dibeli di situs Maaz.id, Maaz Grooming Nourishing Shampoo juga dapat kalian temukan di laman e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee.

Jangan lupa juga simpan alat cukur sebaik mungkin. Jangan taruh di tempat lembap, agar tidak memicu pertumbuhan bakteri dan kuman.

Selamat mencoba!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.