Manfaat Serum Bulu Mata dan Alis yang Ampuh

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia
Serum Bulu Mata
Pexels.cOm

Bagi sebagian besar wanita memiliki bulu mata dan alis yang tebal adalah impian. Bulu mata dan alis tebal bisa menambah daya tarik seorang wanita dan biasanya untuk mendapatkan tampilan bulu matanya tebal wanita karena menggunakan maskara. Meskipun maskara bisa membuat bulu mata tampak lebih tebal tetap saja maskara tidak dapat menebalkan bulu mata secara alami dan akan hilang efeknya setelah dibersihkan. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan serum bulu mata.

Saat ini ada berbagai cara untuk menebalkan bulu mata dan alis termasuk dengan cara extension, sulam alis atau bahkan menggunakan serum penebal bulu mata dan alis. Menggunakan serum penumbuh bulu mata dan alis sering dianggap lebih aman dibandingkan dengan melakukan tindakan perawatan lainnya. Simak penjelasan tentang komposisi serum bulu mata dan alis, keamanan penggunaan serta manfaatnya dalam membantu pertumbuhan rambut pada bulu mata dan alis.

Mengapa Wanita ingin Memiliki Alis dan Bulu Mata Tebal

Dalam tren dunia kecantikan, wanita biasanya cenderung lebih keras dan sangat selektif dalam memilih produk yang tepat untuk memenuhi keinginan mereka. Memiliki bulu mata yang tebal dan panjang secara alami adalah impian bagi sebagian besar orang kecuali jika sudah diberkati dengan bulu mata panjang dan tebal sejak lahir. Menggunakan riasan seperti maskara tentunya memakan waktu dan cukup repot digunakan, belum lagi beberapa jenis maskara bisa luntur dan membuat riasan menjadi kacau. Memiliki bulu mata dan alis yang tebal secara alami tentunya akan sangat menghemat waktu dan wanita tetap bisa tampil cantik tanpa menggunakan riasan wajah yang berlebihan. 

Cara Menebalkan Bulu Mata dan Alis

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menebalkan bulu mata dan alis secara alami tanpa perlu menggunakan riasan lagi. Salah satu metode untuk menebalkan bulu mata dan alis yang kerap digunakan adalah ekstensi. Tindakan ekstensi dapat memberikan tampilan bulu mata atau alis yang lebih alami. Wanita tidak perlu lagi menggunakan bulu mata palsu atau maskara jika melakukan perawatan ekstensi. Akan tetapi meskipun dapat membuat tampilan bulu mata terlihat lebih natural, biaya ekstensi cukup mahal dan jika tidak dirawat dengan baik justru dapat merusak bulu mata serta menyebabkan iritasi. Alternatif menebalkan bulu mata dan alis lainnya yang lebih aman adalah dengan menggunakan serum bulu mata dan alis. Tapi, apakah penggunaan serum benar-benar bisa bekerja untuk menebalkan bulu mata dan alis?

Apa itu Serum Bulu Mata

Serum bulu mata adalah formula yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan merangsang penebalan rambut pada bulu mata dan juga alis. Bila digunakan secara teratur serum bulu mata dapat memperpanjang fase telogen atau dengan kata lain memperpanjang siklus pertumbuhan bulu mata sehingga tidak mudah rontok.  Dengan semakin panjangnya siklus pertumbuhan bulu mata tersebut tentunya bulu mata atau alis akan menjadi lebih tebal dan kuat.

Perlu diketahui bahwa rambut terdiri dari protein atau tempatnya lebih dari 80% keratin. Serum bulu mata biasanya mengandung asam amino yang berperan penting dalam menyusun protein pada rambut termasuk bulu mata dan alis. Selain membantu pertumbuhan bulu mata dan alis asam amino tersebut juga dapat memperbaiki kerusakan dan juga memelihara bulu mata atau alis agar tetap sehat dan terawat. Ada banyak jenis asam amino yang digunakan dalam serum bulu mata tetapi salah satu asam amino yakni peptida diketahui lebih aman digunakan dan dapat membantu pertumbuhan serta memperkuat bulu mata yang rapuh.

Apakah serum bulu mata aman digunakan sehari-hari? Tentunya jika digunakan dengan benar sesuai instruksi maka serum relatif aman digunakan dan jangan lupa untuk mengoleskannya secara teratur dua hingga tiga kali sehari pada bulu mata atau alis yang bersih. Sebaiknya hindari menggunakan serum bulu mata jika Anda menggunakan lensa kontak. Hal ini dapat menyebabkan efek samping negatif seperti mata merah, gatal atau pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan di area tertentu, kelopak mata menjadi gelap atau pigmentasi iris yang meningkat. Jika mengalami efek samping akibat penggunaan serum bulu mata atau alis sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Meskipun pada umumnya serum bulu mata dan alis aman digunakan, beberapa orang mungkin memiliki alergi dan akan bereaksi terhadap peptida, minyak atau vitamin tertentu yang terkandung dalam serum. Alergi tersebut dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada daerah mata sehingga tentunya harus berhati-hati saat menggunakan serum tersebut. Apabila memiliki riwayat alergi sebaiknya lakukan uji tempel terlebih dahulu dengan mengoleskan serum pada daerah kulit lainnya atau dengan melakukan patch test. Jika reaksi alergi muncul pada bagian kulit yang diolesi serum maka sebaiknya hindari penggunaan serum tersebut pada bagian bulu mata dan alis.

Berapa Lama Serum Bulu Mata Bisa Digunakan? 

Serum penumbuh bulu mata dan alis bisa digunakan setiap hari tetapi berapa waktu yang diperlukan untuk mendapatkan efek yang diinginkan? Sebenarnya hal ini beragam tergantung pada jenis produk atau merek yang digunakan tetapi sebagian besar produk biasanya akan menampakkan hasil dan waktu 2 bulan penggunaan. Perlu diingat bahwa efek penggunaan serum pada bulu mata atau alis tidak akan nampak hanya dalam waktu semalam atau dalam waktu yang singkat. Itulah mengapa sangat penting untuk menggunakan produk secara konsisten setiap harinya sesuai petunjuk atau instruksi pada label kemasan maupun berdasarkan saran dokter. Selain itu efek penggunaan serum bulu mata atau alis juga hanya akan nampak jika serum digunakan dan rambut bulu mata atau alis akan tumbuh seperti biasa ketika penggunaan serum dihentikan.

Kandungan Serum Bulu Mata

Banyak serum bulu mata yang beredar di pasaran dan banyak juga orang yang menggunakannya karena suatu alasan salah satunya adalah karena formula serum tersebut benar-benar efektif. Serum bulu mata dan alis yang berkualitas biasanya memiliki kandungan komposisi yang kaya akan kandungan tertentu yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan alis dan bulu mata. Serum ini dapat memperbaiki kondisi bulu mata hanya dalam waktu beberapa minggu dan hanya dengan mengoleskannya pada akar bulu mata atau alis. 

Formula serum bulu mata dan alis sangat bervariasi dari merek yang satu dan merek lainnya, tetapi beberapa bahan umum yang ditemukan dalam serum bulu mata adalah asam amino yang berfungsi untuk merangsang pembentukan folikel rambut yang sehat, ceramides yang berfungsi untuk mengunci kelembaban, panthenol yang dapat menghidrasi dan melindungi bulu mata dari kerusakan serta peptida yang mampu melembabkan dan melindungi bulu mata dari kerusakan serta menutrisi dan memperkuat bulu mata. Terkadang serum bulu mata juga mengandung biotin yang dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut dan merangsang pembentukan keratin pada rambut .

Maaz grooming serum juga bisa digunakan untuk membantu menebalkan bulu mata atau alis. Serum Maaz terbuat dari bahan-bahan alami dan berkhasiat sebagaimana merangsang pertumbuhan brewok atau jenggot pada pria.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.