Apakah Rambut Keriting Bisa Lurus? Begini Penjelasannya

Bobby Agung
Bobby Agung

Pertanyaan apakah rambut keriting bisa lurus atau tidak, bukan cuma diajukan oleh wanita tapi juga para pria. Yuk, ketahui jawabannya di sini!

Keriting adalah salah satu jenis rambut yang umum ditemukan di masyarakat. Jenis rambut ini terbagi lagi atas beberapa tipe, seperti keriting tebal atau longgar.

Sama seperti jenis rambut lainnya, pertumbuhan rambut keriting dipengaruhi oleh bentuk folikel. Semakin asimetris bentuknya, maka semakin keriting pula bentuk rambut seseorang.

Sementara, folikel rambut sendiri diwariskan secara genetik. Jika orang tua berambut keriting, maka kemungkinan besar anak-anaknya akan mewarisi jenis rambut yang sama.

Panduan Meluruskan Rambut Pria secara Permanen dan Sementara

Cara Meluruskan Rambut Pria

Lantas, apakah rambut keriting bisa lurus secara permanen? Jawabannya bisa. Namun, upaya tersebut harus dilakukan melalui proses smoothing dan rebonding rambut.

Proses smoothing dan rebonding rambut melibatkan alat-alat khusus yang tersedia di salon.

Dua cara ini juga menggunakan bahan-bahan kimia pelurus rambut, yang dibuat melalui proses pabrik sehingga tidak cocok untuk semua kalangan.

Karena itu, jika kalian memiliki kulit dan rambut yang sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk menghindari risiko iritasi, ya.

Selain meluruskan rambut secara permanen, ada pula metode meluruskan rambut sementara. 

Proses ini terbilang lebih cepat dan aman, sebab dilakukan dengan cara mencatok rambut dan mengaplikasikan perawatan ringan.

Nah, Brother sendiri lebih tertarik melakukan metode yang mana? Sebagai referensi, mari kita bahas semua cara tersebut di bawah ini.

Cara Meluruskan Rambut Pria secara Permanen

1. Smoothing Rambut

Smoothing Rambut Pria

Demi menjawab pertanyaan apakah rambut keriting bisa lurus atau tidak, Brother bisa mencoba metode pelurusan rambut yang disebut smoothing.

Smoothing membantu meluruskan rambut secara cepat dan tanpa efek kering berkepanjangan. 

Metode ini cocok dipilih untuk pria dengan jenis rambut keriting mengembang atau longgar.

Hasil lurusnya jauh lebih alami, efek rambut menjadi kering pun tidak langsung terlihat nyata.

Ini dikarenakan smoothing menggunakan obat kimia yang lebih ringan. Proses smoothing juga kadang disertai dengan tambahan keratin, lho.

2. Rebonding Rambut

Jika smoothing cocok untuk pria berambut keriting longgar, rebonding lebih pas jika dilakukan oleh pria-pria berambut keriting tebal sampai keribo.

Metode satu ini jelas menggunakan bahan-bahan kimia yang lebih keras, sebab prosesnya dapat “memaksa” struktur rambut kerting menjadi lurus.

Obat kimia dalam proses smoothing juga dapat menimbulkan efek kering pada rambut pria.

Karena itu, gunakan vitamin rambut setiap hari dan creambath seminggu sekali. Lalu gunting ujung rambut secara rutin, untuk menyingkirkan bagian yang bercabang.

Cara Meluruskan Rambut Pria untuk Sementara

1. Keratin Treatment

Keratin Rambut Pria

Perawatan keratin atau keratin treatment sejatinya lebih cocok untuk pria berjenis rambut ikal.

Namun cara satu ini bisa juga dicoba, bila kalian hanya ingin melesmaskan serta melembutkan permukaan rambut keriting yang mengembang.

Perawatan keratin menggunakan nutrisi berupa protein (keratin) untuk meluruskan rambut.

Protein ini berfungsi untuk memberi nutrisi sekaligus mengisi keratin alami yang hilang.

Karena itu, daripada meluruskan rambut, proses perawatan keratin lebih cocok untuk mengatasi masalah kebotakan atau menumbuhkan rambut.

2. Mencatok Rambut

Seperti yang telah dijelaskan, jawaban untuk pertanyaan apakah rambut keriting bisa lurus untuk sementara adalah dengan mencatoknya.

Metode mencatok rambut pria dan wanita sendiri sebenarnya tak jauh berbeda. Namun karena rambut pria biasanya lebih pendek, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Pilihlah ukuran catokan dengan pelat kecil untuk rambut keriting pendek. Sedangkan untuk rambut panjang, pilihlah ukuran pelat medium atau besar.
  • Jangan pernah mencatok rambut dalam keadaan basah. Energi panas yang dikeluarkan dapat merusak kutikula, sehingga pastikan rambut dalam kondisi kering saat mencatok.
  • Gunakan heat protection spray, hair oil atau hair serum, dan tunggu hingga benar-benar meresap sebelum mencatok. Ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan rambut jika sering melakukan pencatokan.

Selain beberapa hal di atas, jangan lupa gunakan sampo berbahan alami yang dapat menjaga kesehatan rambut dan mempertahankan kecerahannya.

Salah satu sampo alami yang bisa dicoba adalah Maaz Grooming Nourishing Shampoo.

Produk ini mengandung organic pea sprout extract dan multivitamin, sehingga bisa mendukung pertumbuhan rambut secara alami dan membuat lebih tebal.

Kandungan aloe vera-nya membuat rambut lebih lembut dan halus. Rambut kalian akan lebih mudah diatur, meskipun jenisnya bergelombang atau keriting.

Dapatkan produk perawatan rambut Maaz Grooming secara langsung di website Maaz.id, atau melalui laman e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Semoga pertanyaan apakah rambut keriting bisa lurus atau tidak sudah terjawab ya, Brother.

Selamat mencoba!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.