8 Manfaat Vitamin Rambut dan Kulit Kepala agar Selalu Sehat dan Berkilau

Elmi Rahmatika
Elmi Rahmatika

Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan rambut yang sehat. Salah satunya menggunakan vitamin rambut. Yuk ketahui ragam manfaat vitamin rambut yang sangat penting berikut ini.

Vitamin rambut memiliki kandungan yang beragam, di antaranya vitamin A, vitamin E, dan banyak lagi.

Selain itu ada juga kandungan zat antioksidan yang mampu mencegah rambut dari kerusakan.

Setiap orang sebetulnya dianjurkan memakai vitamin rambut karena manfaatnya sangat banyak.

Di antaranya bisa menjaga kelembapan rambut, membantu pertumbuhan rambut, hingga menunda penuaan rambut.

Ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana vitamin rambut dapat membantu kesehatan rambut Brother? Simak ragam manfaat vitamin rambut berikut ini.

Ragam Manfaat Vitamin Rambut

Manfaat Vitamin Rambut Untuk Pria

1. Menjaga Kelembapan Rambut

Seperti halnya kondisioner, manfaat vitamin rambut yang paling umum adalah untuk menjaga kelembapan rambut.

Bahkan, penggunaan vitamin rambut dipandang lebih aktif melembapkan rambut dibandingkan produk sampo atau kondisioner.

Pasalnya, vitamin rambut merangsang kelenjar kulit kepala untuk menghasilkan sebum, yaitu zat berminyak yang dihasilkan oleh kulit kepala untuk menjaga kelembapan rambut.

Selain menggunakan vitamin rambut yang berbentuk minyak, Brother juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi makanan sehat. Misalnya sayuran hijau dan produk hewani.

2. Membantu Pertumbuhan Rambut

Pada umumnya vitamin rambut mengandung ragam vitamin dan zat anti oksidan yang berdampak positif untuk pertumbuhan rambut.

Rambut akan tumbuh lebih cepat, karena kandungan anti oksidan tersebut dapat melancarkan sirkulasi darah pada akar rambut.

Ketika nutrisi yang dialirkan darah bersirkulasi pada akar rambut, maka akan membuat akar rambut terstimulasi untuk menumbuhkan rambut lebih cepat.

3. Menciptakan Folikel Rambut Baru

Menurut penelitian, kandungan vitamin D pada vitamin rambut bisa membentuk folikel rambut baru.

Pembentukan folikel rambut baru dapat menjadi solusi bagi seseorang yang mengalami kebotakan dan masalah rambut rontok.

Vitamin rambut juga dapat menguatkan dan menyehatkan folikel rambut yang sudah ada.

Selain dari vitamin obat, Brother juga bisa menyerap vitamin D dari sinar matahari.

Cukup keluar rumah selama 15 menit setiap pagi ketika matahari belum menyengat, dan biarkan rambut terkena sinar matahari.

4. Rambut Lebih Mudah Ditata

Kerap dijumpai, penggunaan alat-alat yang mengeluarkan panas untuk menata rambut justru bisa merusak rambut.

Salah satunya menggunakan catokan. Paparan panasnya memang mampu membuat rambut cepat lurus dan rapi sesuai yang diharapkan.

Namun, paparan panas tersebut justru akan merusak rambut. Tidak hanya mengeringkan batang rambutnya saja, tetapi turut merusak akar rambut pada kulit kepala.

Alih-alih menata rambut menggunakan alat-alat tersebut, akan lebih sehat dan aman jika menggunakan vitamin rambut yang dapat membuat rambut lebih mudah ditata.

5. Menunda Penuaan Rambut

Menjaga Kesehatan Rambut
Image By Freepik

Manfaat vitamin rambut selanjutnya adalah mampu memperlambat penuaan rambut.

Penuaan rambut biasa terjadi pada orang berusia lanjut, ditandai dengan uban yang mulai tumbuh dengan marak, rambut yang mulai menipis, bahkan sampai mengalami kebotakan.

Nah, penggunaan vitamin rambut secara rutin dapat menjadi solusinya, Bro. Kandungan vitamin pada vitamin rambut akan membuat rambut Brother sehat dan tidak akan tua sebelum waktunya.

6. Mencegah Ketombe

Salah satu penyebab ketombe adalah kulit kepala yang tidak sehat, Bro.

Kulit kepala yang kering akan membuat sel-sel kulit mati pada kepala akan luruh dan menjadi serpihan-serpihan kecil yang bertebaran pada rambut.

Masalah kulit kepala ini dapat diatasi dengan menggunakan vitamin rambut secara rutin. Kulit kepala yang kering akan terasa lebih lembap berkat vitamin rambut yang mengandung zat anti oksidan.

7. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Memiliki rambut sehat dan berkilau adalah idaman setiap orang.

Setelah berhasil menumbuhkan rambut dengan cepat dan menguatkan akarnya, maka kilau rambut adalah pencapaian tersendiri dari sebuah upaya menyehatkan rambut yang sempurna.

Menjadikan rambut berkilau adalah salah satu dari sekian banyak manfaat vitamin rambut. Lantaran, vitamin rambut memiliki kadar vitamin E yang cukup.

Vitamin E berfungsi untuk meregenerasi jaringan pada rambut yang kering dan tampak kusam. Sehingga kilau rambut alami akan tercipta.

8. Terhindar dari Rambut Lepek dan Bau

Rambut lepek disebabkan oleh zat minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit kepala.

Zat minyak atau disebut sebum sebenarnya berguna untuk kelembapan rambut. Namun, jika produksinya berlebihan akan membuat rambut lepek.

Sedangkan, bau pada rambut disebabkan oleh banyak hal. Faktor paling umum adalah sengatan sinar matahari, polusi udara, atau keringat.

Kedua hal tersebut dapat diatasi dengan penggunaan vitamin rambut secara rutin terutama setelah mandi dan keramas.

Aplikasikan vitamin rambut ketika rambut dalam kondisi setengah basah, sehingga khasiatnya bisa diserap dengan maksimal.

***

Demikian Bro, berbagai manfaat vitamin rambut yang berperan dalam menciptakan rambut sehat dan alami.

Selain memanfaatkan vitamin rambut, bisa juga memanfaatkan beragam bahan alami untuk memiliki rambut yang penuh, berkilau alami, dan sehat.

Bagi Brother yang juga sedang mencari asupan vitamin bagi rambut wajahnya, baik itu kumis, brewok atau janggut, bisa percayakan pada ragam vitamin yang terkandung dalam produk Maaz Grooming, ya Bro!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.