Punya Masalah Rambut Rontok? Hindari 7 Hal ini!

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia

Rambut yang penuh dan sehat bisa jadi penunjang penampilan dan kepercayaan diri banyak orang. Kalau rambut mulai menipis atau rontok, pasti cukup menyusahkan. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah rambut rontok atau mendorong pertumbuhan rambut. Cara terbaik untuk memperlambat atau menghentikan masalah rambut rontok adalah dengan mengatasi penyebab yang mendasarinya. 

Terkadang, kerontokan rambut bersifat sementara atau yang dikenal sebagai telogen effluvium. Kondisi ini dapat disebabkan oleh persalinan, pembedahan, atau penyebab lainnya. Setelah fase telogen berlalu, rambut biasanya akan tumbuh kembali. Dalam kasus lain, penyebab rambut rontok bisa jadi lebih rumit.

Meskipun normal untuk kehilangan sekitar 100 rambut sehari karena siklus pertumbuhan rambut, kamu perlu waspada jika jumlah rambut rontok sudah berlebihan. Ketahui hal yang harus kamu hindari jika memiliki rambut rontok dan apa yang harus kamu lakukan untuk meminimalisir dan mengatasinya.

Rambut Rontok
Pixabay

Hal yang Harus Kamu Hindari saat Mengalami Masalah Rambut Rontok

Meski terdengar sepele, ternyata ada beberapa hal yang sebaiknya kamu tidak lakukan jika memiliki masalah rambut rontok. Berikut diantaranya!

Menunda perawatan atau pengobatan 

Bertindak sejak awal dan mendapatkan perawatan yang tepat dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok dan mencegah terlalu banyak folikel rambut yang mati. Karena mungkin tidak banyak rambut yang tersisa untuk tumbuh jika seseorang menunggu terlalu lama untuk mengatasi masalah yang satu ini.

Percaya bahwa suplemen makanan dapat mengatasi masalah rambut rontok

Suplemen Rambut Rontok
Pexels

Meskipun ada vitamin dan mineral tertentu yang dapat meningkatkan kualitas rambut, tetapi tidak akan meningkatkan pertumbuhannya atau mencegah kerontokan. Suplemen makanan memang bisa membantu merawat rambut sehat tetapi tidak berarti kamu bisa mengatasi masalah rambut rontok hanya dengan mengkonsumsi suplemen makanan tanpa merawatnya dengan produk yang tepat atau pengobatan.

Memulai perawatan dengan pengobatan yang belum terbukti

Jangan sampai kamu membuang-buang waktu dan uang pada produk yang belum teruji klinis maupun nyata manfaatnya. Lakukan periksa terlebih dahulu sebelum membeli produk dan pastikan produk tersebut mengandung bahan yang aman serta telah teruji secara klinis. Sebaiknya kamu juga tidak terpaku gambar sebelum dan sesudah di situs web produk perawatan rambut rontok. Mereka bisa jadi memalsukan gambar dan kamu tentu harus teliti sebelum menggunakannya.

Menggunakan air panas saat keramas atau membilas rambut

Mencuci rambut menggunakan air panas dapat membuatnya rapuh dan keropos, sehingga menyebabkan peningkatan kerusakan rambut. Selain itu, air panas membuka pori-pori kulit yang dapat membuat akar rambut menjadi lebih lemah, yang selanjutnya dapat memperparah kerontokan rambut serta membuat rambut lebih kering. Untuk menghindarinya kamu bisa gunakan air hangat atau air dingin untuk membilas rambut setelah keramas.

Menyikat rambut saat basah

Rambut Rontok
Pixabay

Rambut paling lemah saat basah dan menyikat rambut saat basah dapat dengan mudah merusaknya. Pastikan kamu hanya menyikat atau menyisir rambut saat kering. Hindari juga menyisir rambut  keras dan hindari styling berlebihan termasuk pengeringan. Hal ini dapat memperparah kerontokan rambut.

Mencoba untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut

Kadang beberapa orang berusaha untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut dengan meningkatkan dosis obat penumbuh rambut atau menggunakan beberapa perawatan pada saat yang sama. Kamu harus konsisten dan sabar, karena kamu tidak akan melihat hasilnya sebelum dua hingga empat bulan setelah memulai pengobatan atau perawatan. Menggunakan obat penumbuh rambut secara overdosis dapat menimbulkan masalah lainnya atau justru memperparah kerontokan.

Stress dan khawatir berlebihan

Stress Rambut Rontok
Pexels

Stres dan kecemasan psikologis dapat menyebabkan kerontokan rambut, jadi menjaga kesehatan minta lembu tentunya akan sangat penting dalam menjaga rambut agar tidak semakin rontok. Begitu juga jika kamu mengalami masalah rambut rontok jangan terlalu stres memikirkannya karena hal itu justru dapat memperparah kerontokan. Yakinlah rambutmu bisa tumbuh kembali jika kamu rutin merawatnya.

Lakukan Hal Ini Jika Kamu ingin Mengatasi Masalah Rambut Rontok!

Kamu sudah mengetahui beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat memiliki rambut rontok. Lantas apa yang harus kamu lakukan jika ingin masalah rambut rontok terhenti dan rambutmu tumbuh kembali. Berikut tips yang bisa kamu coba!

Konsumsi nutrisi yang tepat dan seimbang

Nutrisi Rambut Rontok
Pexels

Nutrisi yang baik adalah bagian penting dari memiliki rambut yang sehat. Rambut terbuat dari protein, jadi penting untuk memastikan kamu mengkonsumsi cukup protein untuk menjaga folikel yang sehat. Jangan lupa juga untuk minum 7 – 8 gelas air putih setiap hari. 

Membersihkan rambut dengan benar dan teratur

Gunakan sampo dengan formula yang lembut sekali atau dua kali dalam seminggu. Namun kamu bisa mencuci rambut berminyak setiap hari. Pilihan sampo tergantung pada jenis rambut. Kamu bisa mengetahui jenis rambut dan kebutuhanmu untuk memilih sampo mana yang paling cocok.

Pijat kulit kepala dengan ujung jari

Memijat kulit kepala dengan ujung jari dan bukan kuku setiap hari untuk merangsang dan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala. Dengan sirkulasi darah yang baik nutrisi tentu akan lebih mudah masuk ke folikel rambut begitu juga obat penumbuh rambut yang mungkin kamu konsumsi. 

Pilih gaya rambut pendek

Rambut Rontok
Pexels

Rambut panjang tentunya lebih sulit dirawat dan mudah rontok karena patah terutama di bagian ujung. Kamu bisa memotong ujung rambut hingga kamu merasa rambutmu sudah terlalu panjang dan mudah rontok. 

Keringkan rambut dengan lembut setelah keramas

Mungkin kamu terbiasa menggosok rambut dengan menggunakan handuk tapi sebaiknya kamu gunakan handuk yang lembut agar rambut tidak mudah rontok. Jika kamu tidak memiliki handuk lembut, kamu juga bisa menggunakan kaus berbahan katun untuk mengeringkannya. 

Waspada penggunaan produk dengan klaim anti rambut rontok

Ada banyak solusi perawatan masalah rambut rontok yang tersedia di pasaran, tetapi jangan membelinya tanpa riset maupun konsultasi. Bukan keputusan yang bijaksana untuk menghabiskan uang dan waktu pada produk yang belum teruji secara klinis dan terbukti manfaatnya. Kamu bisa menemui dokter kulit atau ahli dermatologi yang bisa membantumu mendapatkan perawatan rambut rontok terbaik jika kerontokan yang kamu alami sudah cukup parah. 

Bersikaplah terbuka untuk menggunakan obat rambut rontok 

Masalah Rambut Rontok
Pixabay

Produk alami tidak selalu lebih aman karena sangat sedikit dari bahan tersebut yang pernah menjalani uji klinis yang ketat. Tidak seperti perawatan rambut rontok yang terbukti secara ilmiah. Obat penumbuh rambut seperti serum rambut rontok yang sudah terbukti secara ilmiah tidak hanya menunjukkan efektivitasnya tetapi juga aman digunakan berdasarkan anjuran medis.  

Bersabar menunggu hasilnya

Kamu tidak kehilangan semua helai rambut dalam semalam karena sifat alami dari siklus pertumbuhan rambut. Kamu juga tidak akan melihat hasil apapun dalam waktu yang singkat setelah kamu memulai program perawatan rambut rontok. Lakukan perawatan secara konsisten dan bersabarlah hingga beberapa bulan untuk mengetahui hasilnya.

Ingatlah bahwa rambutmu akan terus rontok secara alami

Kamu perlu tahu bahwa setiap orang kehilangan rambut secara alami setiap hari. Tetapi kerontokan rambut secara alami digantikan oleh batang rambut baru. Setelah melakukan perawatan Kamu mungkin akan menemukan rambut-rambut halus yang mulai tumbuh pada bagian yang rontok. Teruslah melakukan perawatan hingga kamu mendapatkan rambut tebal kembali.

Kesimpulan

Pada akhirnya gaya hidup sehat dan perawatan rambut yang teratur dapat membantu kamu mengatasi masalah rambut rontok. Berolahraga dan menghindari rokok dapat membantu kamu mendapatkan pertumbuhan rambut kembali. Memilih produk yang tepat juga dapat membantu termasuk memilih sampo rambut rontok yang kamu gunakan setiap hari. Jangan terlalu khawatir Jika kamu mengalami kerontokan rambut karena kamu bisa mengatasinya jika kamu bersungguh-sungguh.

 

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.