7 Bahan Alami untuk Atasi Rambut Rontok dan Kebotakan

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia

Rambut rontok dan kebotakam sering dimaklumi dan dianbbap  sebagai bagian alami dari kehidupan. Kebanyakan pria dan wanita, akan kehilangan sebagian atau seluruh rambut mereka seiring bertambahnya usia. Namun ketika kerontokan rambut terjadi secara tiba-tiba, dan banyak helai rambut rontok saat mandi atau saat menyisir pastinya akan sangat menyusahkan. Hal ini juga bisa menjadi sinyal masalah kesehatan yang perlu ditangani.

Rambut Rontok
Unsplash

Mengapa Rambut Saya Rontok? 

Untuk memahami mengapa terjadi kerontokan rambut, ada baiknya kamu ketahui siklus pertumbuhan rambut. Biasanya, sebagian besar rambut berada dalam fase pertumbuhan, atau fase anagen di mana helai rambut memanjang sekitar 1,25 centimeter per bulan. Tahapan siklus ini berlangsung antara dua hingga delapan tahun. Setelah itu, ada fase tengah, berlangsung sekitar tiga minggu, di mana rambut tidak bertambah panjang tetapi juga tidak rontok. Akhirnya, helai memasuki fase istirahat atau fase telogen, di mana akar rambut mulai melonggar tetapi masih berada di folikelnya. 

Kemudian, ketika folikel mulai menumbuhkan rambut baru, rambut yang lama akan rontok. Karena proses pada siklus ini, kita semua kehilangan hingga 100 helai rambut setiap hari. 

Baca juga : Memahami Proses Natural Bagaimana Brewok Tumbuh

Rambut yang Rontok secara Tiba-tiba

Jennifer Jones, penasihat British Association of Dermatologists di London, Inggris menyatakan bahwa pada suatu waktu, sekitar 10 persen dari rambut kita berada dalam fase rontok. Ketika siklus pertumbuhan rambut terganggu, seseorang dapat memiliki terlalu banyak rambut dalam fase istirahat. Akibatnya beberapa bulan kemudian, dia mungkin akan mengalami kerontokan rambut yang parah dan sekaligus.

Salah satu pemicu utama gangguan ini adalah perubahan hormonal dalam tubuh. Estrogen menjaga rambut dalam fase pertumbuhan, sedangkan androgen memperpendek siklus pertumbuhan. Karena alasan ini, melahirkan dan masalah tiroid keduanya menggeser keseimbangan lebih ke arah androgen yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Stres juga merupakan pemicu kerontokan yang parah. 

Penyebab umum lainnya adalah kondisi autoimun, terutama alopecia. Kondisi ini, yang mempengaruhi dua persen orang di seluruh dunia,. Dalam beberapa kasus, alopecia tidak akan nampak tapi bisa jadi di lain waktu, penderita kehilangan semua rambut termasuk rambut tubuh, alis, dan bulu mata. 

Jaringan parut dari kondisi autoimun lainnya, termasuk eksim, psoriasis, dan lichen planopilaris dapat menyebabkan bercak kerontokan rambut. Demikian pula, kurap, infeksi jamur, dapat mempengaruhi bagian kepala yang muncul. Beberapa orang yang menggunakan obat resep juga mengalami gangguan siklus pertumbuhan. Misalnya, rambut rontok adalah efek samping yang diketahui dari beberapa obat tekanan darah, statin dan terapi penggantian hormon.

Tips Menumbuhkan Kembali Rambut Rontok secara Alami

Rambut rontok terjadi ketika siklus pertumbuhan rambut melambat dan helai rambut berlebih. Oleh karena itu, kamu perlu fokus pada pertumbuhan rambut dan mengambil tindakan pencegahan rambut rontok yang lebih parah. Berikut adalah beberapa solusi alami yang dapat membantu menumbuhkan kembali rambut dengan cepat.

Minyak Peppermint

Minyak Peppermint
Unspash

Aplikasi atau mengoleskan minyak peppermint pada bercak atau bagian kepala yang mengalami kebotakan dapat membantu menumbuhkan kembali rambut secara alami. Menurut penelitian, minyak esensial peppermint dapat menginduksi fase anagen atau pertumbuhan rambut. Hal ini dapat menghasilkan pertumbuhan rambut lebih cepat tanpa efek samping berbahaya pada tubuh. Minyak peppermint biasanya mulai menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan rambut dalam dua minggu. Kamu bisa mencampur beberapa tetes minyak esensial peppermint dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau almond. Oleskan ke kulit kepala dua kali seminggu untuk melihat pertumbuhan rambut lebih cepat.

Minyak rosemary

Minyak rosemary adalah salah satu solusi alami terbaik untuk rambut rontok. Minyak esensial ini memiliki sifat antiseptik kuat yang dapat membantu mengobati kulit kepala terkelupas, ketombe, dan infeksi yang semuanya merupakan penyebab kerontokan rambut. Minyak ini juga merupakan perawatan rambut rontok alami yang bertindak sebagai stimulan ampuh bila diterapkan secara langsung. Dalam International Journal of Biotechnology, disebutkan bahwa minyak rosemary memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang unggul, dimana keduanya menyebabkan pertumbuhan kembali rambut yang nyata

Jus bawang

Jus Bawang
Unsplash

Sebuah penelitian dalam Journal of Dermatologi menemukan fakta bahwa jus bawang sangat baik mencegah kerontokan dan dapat mendukung pertumbuhan rambut. Setelah mengoleskan jus bawang ke kulit kepala dua kali sehari selama enam minggu, 20 dari 23 peserta melihat hasil positif. Mereka melaporkan bahwa jus bawang adalah perawatan rambut rontok alami yang benar-benar bekerja. Bawang telah lama digunakan sebagai perawatan rambut rontok alami karena kandungan belerangnya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan produksi kolagen, dan mengandung sifat antibakteri yang mengobati infeksi kulit kepala. Penggunaanya juga mudsh, cukup oleskan jus bawang ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan sampo.

Bawang putih 

Dalam sebuah penelitian tahun 2007, peneliti dermatologis menemukan fakta bahwa mengoleskan gel bawang putih ke area yang mengalami kerontokan rambut bersamaan dengan perawatan steroid dapat membantu pertumbuhan rambut kembali. Percobaan ini dibandingkan dengan perawatan plasebo dengan obat steroid, yang berfungsi untuk memperkuat rambut. Sama seperti bawang merah, bawang putih kaya akan mineral dan vitamin yang secara alami  dapat mengkondisikan dan membalikkan kerontokan rambut. Menerapkan pasta bawang putih bisa menjadi obat rumahan yang sangat baik untuk menghentikan rambut rontok segera.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Unsplash

Aplikasi topikal minyak kelapa pada kulit kepala adalah obat alami lain yang efektif untuk rambut rontok dan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Menurut penelitian, minyak kelapa memiliki afinitas untuk rambut dan dapat menembus jauh ke dalam batang rambut. Minyak kelapa mencegah hilangnya protein dari rambut dan mampu merangsang pertumbuhan rambut. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa dan membiarkannya selama beberapa jam atau semalaman sebelum mencuci rambut.

Pijat Kulit Kepala 

Memijat kulit kepala dengan lembut selama 10-15 menit setiap hari juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Menurut sebuah penelitian, orang yang memijat kulit kepala mereka dengan lembut setiap hari selama 11-20 menit mengalami pertumbuhan rambut yang signifikan dan mengurangi kerontokan rambut. Pijat rambut meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala yang membuat folikel rambut sehat.

Gel Lidah Buaya 

Gel Lidah Buaya
Pixabay

Menurut penelitian, mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Lidah buaya mengandung enzim yang dapat melindungi kulit kepala dari infeksi. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya segar pada kulit kepala atau mencoba mencampurnya dengan bahan alami lainnya sebagai masker seperti madu dan lemon.

Kalau kamu mengalami masalah kerontokan rambut yang cukup parah kamu bisa coba bahan-bahan alami di atas untuk menumbuhkan rambut kembali. Sebaiknya hindari penggunaan shampo atau produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia seperti SLS atau paraben. Kamu bisa pilih produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan alami dan mengandung formula yang lembut. Jika kerontokan masih terus terjadi dan mengakibatkan kebotakan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat perawatan yang tepat secara medis.

 

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.