Cara Pakai Beard Oil untuk Tumbuhkan Brewok

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia

Bro mungkin pernah menjumpai produk minyak jenggot atau beard oil bersamaan dengan produk yang biasa Bro gunakan untuk bercukur seperti shaving cream. Namun, kalau Bro belum pernah menggunakan beard oil sebelumnya, Bro mungkin tidak yakin atau belum tahu manfaatnya dan bagaimana menggunakannya. Sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa  minyak jenggot atau beard oil dapat membuat jenggot tumbuh lebih cepat.

Beard oil pada dasarnya bertindak sebagai pelembab untuk menjaga jenggot atau brewok tetap lembut dan kulit di bawahnya terhidrasi. Banyak orang menemukan fakta bahwa minyak jenggot memudahkan untuk merawat jenggot mereka, terutama saat jenggot semakin panjang. Mari kita simak manfaat, cara menggunakan beard oil dengan benar, dan apa yang harus Bro hindari saat menggunakannya!

 Beard Oil
Pexels

Manfaat Menggunakan Beard Oil

Jika Bro masih belum yakin apa manfaat menggunakan minyak jenggot, berikut adalah diantaranya:

Melembabkan kulit. Mengaplikasikan minyak jenggot dapat membantu melembabkan kulit di bawah janggut, mencegah kulit kering dan mengelupas. Beard oil dapat menciptakan lapisan anti air atau barrier untuk memblokir kehilangan air pada bagian trans-epidermal kulit. 

Mengurangi rasa gatal. Sifat pelembab beard oil dapat membantu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh kulit mengelupas. 

Melembutkan jenggot. Minyak yang mengandung lemak jenuh atau lemak tak jenuh tunggal mungkin dapat menembus lapisan luar rambut untuk membantu menjaga penghalang kelembaban alaminya. Mempertahankan penghalang kelembaban ini membuat rambut wajah terhidrasi dan tetap lembut.

Melindungi dari folikulitis. Beberapa jenis minyak seperti minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah folikulitis. Folikulitis adalah peradangan folikel rambut  yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur.

Mengharumkan jenggot. Banyak komposisi minyak jenggot atau beard oil yang mengandung wewangian sehingga dapat memberikan aroma yang menyenangkan pada jenggot Bro.

Apa Perbedaan antara Beard oil, dan Produk Perawatan Jenggot Lainnya? 

Beard Product
Pexels

Beard oil, beard balm, dan wax sebenarnya memiliki fungsi yang serupa tetapi teksturnya berbeda. Semua produk tersebut menawarkan manfaat yang sama tetapi punya efek yang sedikit berbeda. Beard oil  terbuat dari minyak karier atau pembawa dan minyak esensial yang juga ditambah wewangian. Beard oil adalah opsi yang paling ringan dan tidak akan membuat janggut terasa lengket. 

Beard balm sebenarnya mengandung jenis minyak yang sama tetapi memiliki tekstur yang lebih tebal. Produk ini sering direkomendasikan untuk pria dengan janggut yang lebih tebal. Balsem jenggot membutuhkan waktu lebih lama untuk diserap daripada minyak, sehingga memiliki efek yang lebih tahan lama saat menata jenggot. Formulanya yang lebih berat juga dapat membantu menjinakkan rambut kering yang cenderung susah diatur.

Beard wax sendiri adalah pilihan produk perawatan jenggot yang paling kental dibandingkan produk lainnya. Wax atau lilin  ini dibuat dari minyak karier dan minyak esensial yang ditambah beeswax atau lilin lebah. Beard wax memberinya kemampuan untuk menahan jenggot yang sulit diatur jika Bro mencoba gaya brewok tertentu. Wax bisa jadi pilihan terbaik jika Bro merasa janggut Bro sangat kering atau sulit diatur.

Kapan Harus Mengoleskan Minyak Jenggot? 

Beard Oil
Pexels

Waktu terbaik untuk mengoleskan beard oil adalah setelah mencuci muka atau mandi air panas serta saat rambut dan wajah bersih. Sebelum mengoleskan minyak, keringkan jenggot dengan handuk agar lembab tapi tidak basah. Bro sebenarnya tidak perlu mengoleskan minyak jenggot setiap hari jika tidak terlalu kering. 

Bro bisa mulai dengan menerapkannya setiap hari sesuai kebutuhan. Jika Bro tinggal di iklim yang sangat kering atau memiliki jenggot yang lebih panjang, Bro mungkin perlu mengoleskannya lebih sering. Sementara jika jenggot Bro terasa berminyak, Bro dapat mengurangi frekuensi mengoles beard oil pada wajah.

Apa yang Bro butuhkan?

Minyak jenggot mudah diaplikasikan, yang Bro butuhkan hanyalah sisir, dan jika Bro memiliki jenggot yang sangat pendek, Bro bahkan mungkin bisa mengoleskannya hanya dengan menggunakan tangan. Bro bisa temukan banyak jenis brush atau sisir di pasaran khusus untuk jenggot, dan banyak pria lebih suka merawat jenggot mereka dengan sisir kayu.

Kebanyakan produk minyak jenggot tersedia dengan pipet atau penutup yang memungkinkan Bro menuangkan tetes demi tetes pada satu waktu. Kalau Bro menggunakan minyak jenggot buatan sendiri, Bro bisa gunakan pipet atau gunakan wadah yang tepat untuk menyimpannya.

Cara Menggunakan Minyak Penumbuh Jenggot 

Biasanya ada instruksi khusus tentang bagaimana cara menggunakan beard oil di bagian belakang wadah atau kemasan. Namun, inilah cara minyak jenggot umumnya diterapkan:

  • Oleskan dua hingga tiga tetes minyak jenggot di telapak tangan dan gosok kedua tangan untuk menyebarkan minyak di sekitar telapak tangan dan jari-jari. Bro mungkin membutuhkan lebih banyak minyak nantinya, tetapi lebih baik memulai dengan dosis kecil agar jenggot Bro tidak terlalu berminyak. 
  • Gosokkan telapak tangan dan jari pada rambut di kedua pipi. Selanjutnya, gosokkan tangan ke bawah bagian depan wajah Bro sehingga menutupi kumis dan dagu
  • Oleskan pada bagian kumis lagi dengan ujung jari. Jalankan sisir melalui janggut untuk mendistribusikan minyak secara merata.
  • Sisir dengan cara melawan pertumbuhan rambut. Oleskan lebih banyak minyak jika Bro merasa belum cukup menggunakannya. Orang dengan janggut yang sangat panjang atau kering kemungkinan besar membutuhkan lebih banyak minyak yang berfungsi sebagai pelembab.
  • Sisir jenggot kembali ke tempatnya dan rapikan sesuka gaya yang Bro suka. 

Apa yang Tidak Boleh dilakukan Saat Mengoleskan Minyak Jenggot?

Jumlah dan frekuensi minyak jenggot tergantung pada kebutuhan Bro? Meski begitu Bro harus menghindari: mengoleskan terlalu banyak minyak sehingga janggut terasa berminyak. 

  • Mengoleskan terlalu banyak minyak juga dapat meninggalkan gumpalan yang tidak disisir. Menuangkan minyak langsung ke wajah juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau iritasi
  • Mengoleskan minyak saat jenggot masih basah.

Pilih Beard Oil Berkualitas

Minyak Jenggot
Pexels

Terlepas dari apa yang mungkin Bro dengar, tidak ada bukti bahwa minyak jenggot membuat jenggot atau brewok tumbuh lebih cepat. Namun, Bro memiliki potensi untuk menjaga janggut Bro tetap terhidrasi dan memberikan tekstur yang berkilau. 

Bro dapat dengan mudah menemukan minyak jenggot di sebagian besar tempat yang menjual produk perawatan pria, atau Bro dapat membuatnya sendiri dengan minyak jarak atau minyak kelapa.

Jika tidak ingin repot bro bisa menggunakan minyak jenggot atau Beard oil yang kini banyak tersedia di pasaran. Produk tersebut biasanya memiliki klaim dapat membantu menumbuhkan brewok tetapi sebelum membeli pastikan Bro cek terlebih dahulu kandungan serta keamanannya. Ketahui kriteria yang perlu diperhatikan sebelum memilih beard oil. Pastikan minyak tersebut terbuat dari minyak karier berkualitas dan juga minyak esensial yang aman digunakan sehari-hari. Maaz Grooming punya produk perawatan jenggot termasuk minyak atau Beard oil yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas serta terbukti efektif dapat membantu pertumbuhan jenggot. Bro bisa dapatkan produknya sekarang juga dan buktikan khasiatnya.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.