Apakah Beard Roller Efektif Tumbuhkan Brewok?

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia

Sejak zaman dahulu jenggot telah menjadi lambang maskulinitas dan seringkali pria berusaha melakukan apapun untuk menumbuhkannya. Jika jenggot tidak tumbuh setebal yang diinginkan, Bro mungkin mencari cara untuk meningkatkan pertumbuhan jenggot. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pria mencoba menggunakan produk penumbuh brewok termasuk derma roller. Alat ini telah banyak digunakan untuk membantu mengobati bekas jerawat, pori-pori besar, dan kerutan selama bertahun-tahun. Ketahui fungsi beard roller lebih lanjut dan apakah alat ini efektif dalam membantu menumbuhkan brewok dalam ulasan artikel ini. 

Beard Roller
Theruggedbros

Apa itu Beard Roller?

Beard roller atau dermaroller adalah salah satu produk penumbuh brewok yang memiliki seperangkat jarum mikro. Sebenarnya alat Ini bukan hal baru di dunia perawatan jenggot. “Versi” pertama dari produk beard roller dibuat pada tahun 1995 oleh seorang ahli bedah plastik untuk mengobati bekas luka di wajah. Segera setelah itu, mereka menemukan fakta bahwa dermaroller memiliki efek positif pada kerutan juga.

Meskipun produk ini tergolong baru, proses penusukan kulit ini dapat ditelusuri kembali di zaman Asia kuno. Kemudian digunakan untuk mempromosikan penyembuhan diri, dan membentuk dasar akupunktur. Setelah banyak digunakan untuk memperbaiki struktur kulit, beberapa orang kemudian memutuskan untuk mencobanya pada jenggot dan ternyata cukup berfungsi. 

Beard roller dengan barisan jarum mini digunakan seperti pisau cukur namun dengan menggunakannya searah, tidak bolak balik selama beberapa kali. 

Bagaimana Cara Kerja Beard Rollers?

Proses ini dikenal sebagai microneedling, menggunakan roller yang dilapisi titanium kecil atau jarum stainless steel untuk menembus lapisan luar kulit. Goresan ini dimaksudkan untuk menginduksi produksi kolagen di kulit. Kolagen terdiri dari asam amino yang digunakan sel folikel rambut untuk memproduksi protein keratin yang mendorong pertumbuhan dan kekuatan rambut. Beard roller juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cara lain juga. Apalagi jika digunakan dengan produk penumbuh brewok lain.

Penggunaan beard roller juga menimbulkan efek positif pada kulit. Jika kamu menggunakan dermaroller untuk perawatan kulit, alat ini dapat membantu mengurangi kerutan, menyamarkan penuaan, dan bahkan menyembuhkan bekas luka. Jika kamu ingin meningkatkan pertumbuhan rambut, dermaroller bisa membantu meningkatkan aliran darah dan nutrisi yang kemudian merangsang peremajaan folikel. 

Gunakan Beard Roller dengan Produk Penumbuh Brewok

Beard Roller

Meskipun tidak ada penelitian yang dilakukan secara khusus untuk mengetahui efek beard roller pada pertumbuhan janggut, ada beberapa penelitian yang membuktikan efek beard roller pada rambut di kulit kepala. Sementara roller jenggot dengan sendirinya akan meningkatkan beberapa pertumbuhan, baik di kepala dan di wajah. Sebuah studi ilmiah menunjukkan peserta mendapatkan hasil yang lebih baik dengan menggunakan zat pembantu seperti minoxidil (Rogaine) atau minyak atau lotion kaya vitamin lainnya setelahnya.

Dalam penelitian tersebut, roller dengan jarum berukuran 1,5 mm digulung melintasi kepala pria hingga terlihat kemerahan. Mereka juga diberi 1 ml lotion minoxidil 5% yang dioleskan dua kali sehari. Untuk golongan minoksidil mengambil dosis minoksidil yang sama tetapi tidak melakukan prosedur penggulungan. Faktanya roller dengan minoxidil menunjukkan hasil yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan penggunaan minoxidil saja.

Mengapa menggunakan minoxidil dengan roller jenggot meningkatkan kinerja pertumbuhan? Sebab, lubang-lubang kecil yang dibuat atau ditimbulkan oleh roller jenggot memungkinkan lebih banyak produk menembus ke lapisan yang lebih dalam. Proses ini memungkinkan vitamin dan hormon mengalir lebih lancar ke area yang digilas dengan beard roller. 

Biotin sebagai Pilihan Kedua 

Jika kamu pernah melihat ‘pil penumbuh jenggot’ di pasaran, sebagian besar mengandung biotin sebagai bahan utamanya. Biotin adalah vitamin B yang membantu tubuh memproduksi keratin, protein yang ditemukan pada rambut. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan biotin dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jadi, alasan sebaliknya – jika kekurangan menyebabkan kerugian, dapatkah biotin ekstra membantu pertumbuhan rambut jenggot?

Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 2017 pada orang dengan pertumbuhan rambut dan kuku yang buruk. Penelitian ini menunjukkan “bukti perbaikan klinis setelah peserta menerima biotin”.

Biotin atau minoksidil? 

Dibandingkan dengan minoxidil, biotin adalah pilihan yang lebih terjangkau dan disebut-sebut oleh banyak orang. Namun, sampai sekarang belum ada penelitian yang cukup tepat tentang topik tersebut. Minoxidil tentu lebih efektif. Selain itu, penelitian ini telah dilakukan pada rambut kepala, bukan rambut janggut. Meski demikian hal ini mungkin saja tidak menimbulkan perbedaan. 

Selain biotik ada juga produk penumbuh jenggot lainnya yang bisa digunakan bersamaan dengan beard roller yakni redensyl. 

Bersabar dengan Prosesnya

Seperti biasa dengan semua hal yang berhubungan dengan janggut, kamu mungkin tidak langsung melihat hasilnya. Meski kamu menggunakan Beard roller secara rutin hasilnya tidak akan kamu lihat dalam semalam. Tunggulah 6 hingga 8 Minggu untuk melihat pertumbuhan jenggot meskipun belum begitu kentara. Untuk melihat kemajuan atau hasil yang lebih signifikan diperlukan setidaknya 6 bulan perawatan secara rutin. Jadi lakukan perawatan dengan sabar secara rutin dan gunakan juga produk perawatan yang tepat untuk mendukung pertumbuhan brewok atau jenggot.

Pro Kontra Penggunaan Beard roller

Bagian terbaiknya adalah harga beard roller atau rol jenggot sangat terjangkau. Plus, ada beberapa minyak jenggot yang sangat bagus dan lotion yang mengandung vitamin di luar sana. Minoxidil (Rogaine) bisa berharga mahal, jadi kamu harus memutuskan seberapa serius kamu ingin menebalkan jenggot sebelum melakukan investasi dengan menggunakan minoxidil

Meskipun rol jenggot atau beard roller memiliki banyak aspek positif, kamu harus berhati-hati! Di masa lalu, dokter telah memperingatkan bahwa tanpa sterilisasi, roller dapat membawa bakteri, terutama jika merusak kulit. Jaga agar perangkat tetap steril dan bersih jika kamu ingin mencegah terkena infeksi. Terakhir, jaga kebersihan kulit sebelum dan sesudah menggunakan beard roller. Secara umum, memiliki rutinitas pembersihan jenggot dan kulit yang tepat akan sangat membantu. 

Kesimpulan 

Jadi, apakah rol jenggot atau beard roller benar-benar berfungsi? Ya, tapi kamu harus menentukan apakah kamu bersedia meluangkan waktu dan tenaga dan cukup sabar untuk melihat hasilnya. Kamu juga perlu meluangkan waktu untuk meneliti jika ingin menghabiskan uang ekstra untuk membeli minyak, losion, atau minoxidil untuk meningkatkan peluang pertumbuhan. 

Kalau Bro sedang mencari beard roller yang berkualitas, Bro bisa Coba beard roller dari Maaz Grooming. Beard roller dari Maaz punya 530 jarum mikro yang dilapisi 0,5 mm titanium, yang dapat menembus lapisan kulit atas dan menciptakan titik-titik mikroskopis. Titik inilah yang akan membantu penyerapan beard serum atau oil menjadi lebih maksimal. Alat ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah serta merangsang pembentukan kolagen dan juga mengaktifkan folikel rambut yang tertidur. Cek produk Maaz Growth beard roller sekarang juga dan buktikan khasiatnya.

 

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.