5 Penyebab Rambut Rontok Berlebihan dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

Elmi Rahmatika
Elmi Rahmatika

Kerontokan rambut sebetulnya adalah hal yang wajar dialami setiap orang. Namun, jika rambut rontok berlebih, ini harus Brother waspadai! Apa kira-kira penyebab rambut rontok berlebihan ini?

Rambut memiliki suatu siklus dalam pertumbuhannya. Siklus tersebut mencakup tiga fase, yaitu fase tumbuh, fase jeda, dan fase istirahat.

Sesuai namanya, fase tumbuh adalah momen ketika rambut tumbuh, disusul fase jeda saat rambut berhenti tumbuh beberapa saat. Kemudian, diakhiri dengan fase istirahat, ketika fase inilah rambut merontok.

Lalu, apa jadinya jika rambut rontok di luar siklus tersebut? Bahkan, jumlah kerontokannya melebihi batas normal?

Jika hal tersebut terjadi, maka ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab rambut rontok berlebihan yang perlu kamu ketahui berikut ini.

5 Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan
Image By Freepik

1. Ketidakseimbangan Hormon

Hormon adalah zat kimia dalam tubuh yang berfungsi untuk membantu mengontrol seluruh fungsi tubuh, salah satunya mengendalikan pertumbuhan rambut.

Di satu sisi, kehadiran hormon turut menopang keseimbangan tubuh. Namun, ketika terjadi ketidakseimbangan pada hormon itu sendiri, maka tubuh akan memunculkan gejala yang tidak wajar.

Beberapa hormon tertentu kerap dianggap sebagai penyebab utama kerontokan rambut berlebih. Hal ini berlaku baik untuk pria maupun wanita.

Beberapa hormon yang dapat menjadi penyebab rambut rontok berlebihan di antaranya adalah hormon testosteron, tiroksin, insulin, estrogen, dan kortisol.

Ketika kadar hormon-hormon tersebut mengalami peningkatan karena dipicu oleh hal tertentu, maka dapat menjadi penyebab rambut rontok berlebihan.

2. Stres Kronis

Stres kronis atau stres jangka panjang adalah stres berkepanjangan dan terus menerus yang dapat berisiko pada berbagai masalah kesehatan.

Selain menyebabkan kecemasan dan depresi, stres kronis juga dikaitkan sebagai biang dari masalah kerusakan rambut.

Menurut penelitian, stres kronis dapat merusak sel induk pada bagian folikel rambut.

Ketika sel induk pada folikel rambut rusak, maka folikel rambut akan rapuh dan tidak memiliki kekuatan untuk menumbuhkan dan menopang rambut.

Sehingga, rambut akan mengalami kerontokan dalam jumlah yang tidak wajar.

3. Efek Samping Obat-obatan

Obat-obatan memang dibuat untuk mengatasi masalah kesehatan. Namun, di balik khasiatnya terdapat efek samping yang tidak diinginkan.

Beberapa obat yang bisa menjadi penyebab rambut rontok berlebihan di antaranya adalah pil KB, anti depresan, dan obat hormonal.

Efek samping dari penggunaan obat-obatan tersebut dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut, yang kemudian menjadi penyebab rambut rontok berlebihan.

Kondisi paling umum dari kerontokan rambut yang disebabkan oleh efek samping penggunaan obat-obatan disebut Tellogen Effluvium.

Kondisi tersebut akan muncul setelah menggunakan obat-obatan selama 2-4 bulan.

Ditandai dengan rontoknya rambut dalam jumlah berlebihan hingga 30-70 persen lebih banyak dari jumlah normal.

4. Kurang Asupan Nutrisi, Vitamin, dan Mineral

Penyebab rambut rontok berlebihan selanjutnya adalah kurangnya beberapa vitamin yang penting untuk kesehatan rambut.

Berkat nutrisi, vitamin, protein dan mineral inilah akar rambut menjadi lebih kuat sehingga terjadinya kerontokan bisa diminimalisir.

Pastikan tubuh Brother tidak kekurangan vitamin D, biotin, zat besi, vitamin C, dan selenium agar terhindar dari kerontokan rambut yang berlebihan.

5. Penggunaan Produk Rambut Berbahan Kimia Keras

Ada beberapa produk perawatan rambut yang memang aman digunakan, tetapi tak sedikit juga yang mengandung bahan kimia keras yang justru merusak rambut.

Paparan bahan kimia berbahaya dapat mengakibatkan folikel atau akar rambut menjadi rapuh. Hal tersebut menjadi penyebab rambut rontok berlebihan.

Bahan kimia keras dapat ditemukan pada beberapa produk untuk rambut, seperti cat rambut dan bleaching rambut.

Hindari pemakaian produk untuk rambut dengan kandungan bahan kimia keras, ya Bro. Apalagi jika kulit rambut Brother sensitif dan menggunakan produk tersebut secara berlebihan.

***

Bagi Brother yang memiliki masalah serupa dan mencari penyebab rambut rontok berlebihan, semoga ulasan di atas bisa membantu ya, Bro.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter ahli terkait masalah rambut rontok jika kerontokan semakin parah ya!

Satu lagi yang perlu diingat adalah untuk terus merawat kesehatan rambut Brother, salah satu caranya dengan produk dari Maaz Grooming!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.