Masalah Rambut Rontok? Atasi dengan 10 Tips Berikut!

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia
Rambut Rontok
Masalah Rambut Rontok? Atasi dengan 10 Tips Berikut! 1

Rambut rontok adalah masalah yang kerap dialami oleh banyak orang termasuk para pria. Masalah rambut rontok dapat menyebabkan kebotakan atau yang dikenal dengan istilah androgenetic alopecia.

Androgenetic alopecia ini biasanya terjadi pada pria yang sudah berusia diatas 50 tahun tetapi bisa terjadi pada pria yang masih berusia lebih muda. Jika Bro sering mengalami masalah rambut rontok termasuk brewok dan jenggot, Bro bisa atasi dan cegah kerontokan dengan menggunakan bahan alami serta cara berikut ini!

Gunakan Obat Penumbuh Rambut

Masalah rambut rontok sebenarnya bisa diatasi dengan perawatan sederhana asalkan rutin dilakukan. Namun, ada kalanya Bro mengalami masalah rambut rontok yang menyebabkan kebotakan parah.

Jika Bro mengalami masalah kerontokan rambut yang cukup parah maka bro bisa berkonsultasi dengan dokter dan menggunakan obat penumbuh rambut yang tepat seperti minoxidil atau rogaine serta Finasteride. Penggunaan minoxidil dan finasteride tentunya harus sesuai dengan resep dokter dan biasanya digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Bro biasanya harus menunggu selama beberapa bulan atau hingga satu tahun untuk dapat melihat hasilnya.  Jika Bro menggunakan obat tersebut maka beliau tidak boleh menghentikannya sesuka hati karena harus sesuai dengan resep dan anjuran dokter.

Diet Sehat dan Seimbang

Diet sehat dan seimbang bisa jadi salah satu kunci mendapatkan rambut yang sehat dan mencegah kerontokan termasuk pada pria. Untuk mencegah kerontokan Bro bisa secara rutin mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran, biji-bijian, protein, asam lemak tak jenuh dan vitamin serta mineral penting yang dibutuhkan oleh folikel rambut.

Pertimbangkan untuk menambah asupan zat besi, protein serta asam lemak omega 3 untuk mencegah kerontokan menjadi lebih parah. Sebaiknya Bro juga kurangi konsumsi makanan manis dan perbanyak konsumsi air.

Berhenti Merokok

Menjalankan pola hidup sehat tentunya bisa membantu mencegah kerontokan dan pola hidup sehat tidak hanya soal makanan saja. Jika Bro adalah seorang perokok dan mengalami kerontokan rambut yang cukup parah maka sebaiknya pertimbangkan untuk berhenti merokok sesegera mungkin.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2020 oleh JCD menyebutkan bahwa merokok bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Rokok disebutkan mengandung berbagai senyawa kimia seperti nikotin dan turunan kotinin yang dapat menghambat penyerapan nutrisi pada folikel rambut serta mempercepat androgenetic alopecia pada pria. 

Pemijatan Kulit Kepala dan Wajah

Mendapatkan pijatan memang bisa membuat tubuh rileks, begitu juga dengan pijatan pada kulit kepala dan wajah. Pijatan pada kulit kepala dan wajah ternyata dapat membantu mencegah kerontokan rambut selain membuatnya lebih rileks.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2016, disebutkan bahwa pria Jepang yang mendapatkan pijatan pada kulit kepala selama 4 menit dalam rentang waktu 24 Minggu ternyata memiliki rambut yang lebih tebal dibandingkan mereka yang tidak mendapatkan pijatan.

Jika Bro ingin mendapatkan rambut kepala dan juga brewok yang tebal, tidak ada salahnya jika Bro rutin melakukan pijatan kulit kepala dan wajah setiap harinya. Pijatan dapat memperlancar peredaran darah sehingga folikel rambut mendapatkan cukup nutrisi untuk tumbuh sehat dan lebat.

Kurangi Stress

Stres juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok yang harus dihindari. Salah satu kondisi kerontokan rambut yang disebabkan oleh stres tingkat tinggi adalah telogen effluvium.

Telogen effluvium adalah suatu kondisi dimana folikel rambut dipaksa masuk kedalam fase istirahat lebih cepat dibandingkan fase normal siklus pertumbuhan rambut. Folikel rambut yang masuk ke dalam fase istirahat lebih cepat tentunya akan mengalami kerontokan lebih cepat dibanding biasanya.

Meskipun terkadang stress tidak bisa dihindari, ada banyak cara yang bisa bro gunakan untuk mengelola stres seperti bermeditasi, mendengarkan musik yang menenangkan, mandi air hangat serta cukup tidur.

Baca Juga: 

Gunakan Minyak Alami

Beberapa jenis minyak alami dapat membantu mencegah kerontokan sekaligus membantu pertumbuhan rambut terutama pada wajah. Beberapa jenis minyak yang yang terbukti efektif dapat mencegah kerontokan diantaranya adalah minyak kelapa.

Sebuah studi di tahun 2018 menyebutkan bahwa minyak kelapa dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat penggunaan alat maupun produk styling dan paparan sinar UV. Minyak kelapa menggunakan asam laurat yang dapat mengikat protein atau asam amino pada rambut sehingga membuatnya lebih kuat dan tidak mudah rontok. Selain minyak kelapa, minyak lainnya yang juga ampuh mencegah kerontokan pada rambut diantaranya minyak zaitun, minyak jojoba, minyak almond.

Merawat Rambut dengan Seksama

Merawat rambut kepala dan juga rambut wajah dengan baik dapat membantu mencegah kerontokan. Jangan lupa untuk membersihkan rambut setiap hari terutama jika Bro sering beraktivitas di luar ruangan.

Pastikan Bro hanya menggunakan produk perawatan rambut termasuk sampo dengan formula yang lembut. Hindari menggunakan produk perawatan rambut dengan komposisi bahan kimia yang cukup keras.  hal ini justru akan memperparah kerontokan dan membuat rambut lebih kering.

Bro juga bisa gunakan conditioner untuk menutrisi rambut dan membuatnya lebih kuat.

Konsumsi Suplemen

Beberapa vitamin dan mineral termasuk vitamin A, B, C, D, zat besi, seng, dan selenium dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerontokan.

Vitamin dan mineral tersebut diketahui dapat menutrisi folikel rambut dan membuatnya lebih kuat sehingga secara tidak langsung dapat mencegah kerontokan. Kalau Bro sering mengalami rambut rontok karena kurang mengkonsumsi vitamin dan mineral tersebut, Bro bisa menambah asupan makanan yang mengandung vitamin dan mineral tersebut atau mengkonsumsi suplemen.

Bro bisa diskusikan terlebih dahulu dengan dokter tentang suplemen yang akan Bro konsumsi apabila masalah kerontokan rambut yang Bro alami cukup serius.

Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur juga menjadi salah satu cara untuk mencegah rambut rontok.

Berdasarkan berbagai penelitian, olahraga dapat meningkatkan peredaran darah dalam tubuh dan membuat folikel rambut lebih mudah menyerap nutrisi. Meskipun demikian Bro tetap harus mempertimbangkan latihan atau olahraga secara moderat dan tidak berlebihan.

Olahraga yang terlalu berat justru dapat menyebabkan stres dan justru memicu kondisi telogen effluvium. Lakukan olahraga ringan seperti yoga atau jogging selama beberapa menit setiap harinya.

Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Mencegah rambut rontok atau mengatasi kerontokan tentu bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami asalkan Bro melakukan perawatan secara rutin. Saat ini ada banyak produk perawatan rambut termasuk produk perawatan Brewok dan jenggot yang tersedia di pasaran hanya saja Bro perlu berhati-hati saat menggunakannya.

Jika Bro mengalami masalah rambut rontok ada baiknya Bro menggunakan produk atau obat penumbuh Brewok maupun rambut yang terbuat dari bahan alami dan tanpa bahan kimia berbahaya.  Bro juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu soal produk yang akan digunakan jika masalah kerontokan rambut Bro cukup serius 

Maaz Grooming adalah lini produk perawatan rambut khusus pria yang bisa Bro coba untuk membuat rambut brewok lebih sehat dan lebat. Semua produk Maaz Grooming terbuat dari bahan alami termasuk beard serum, beard balm dan lainnya sehingga Bro tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya sebagai bagian dari perawatan sehari-hari.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.