7 Bahan Alami Alternatif Minoxidil yang Bebas Efek Samping

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia

Biotin

Biotin atau vitamin B7 juga menjadi salah satu suplemen alternatif minoxidil yang penting dalam menumbuhkan folikel rambut yang lebat dan sehat. Defisiensi atau kekurangan vitamin B7 dapat memicu kerontokan rambut atau dengan kata lain jika ingin mendapatkan brewok yang tepat dan sehat jangan lupa untuk memenuhi asupan biotin setiap harinya. Saat ini banyak tersedia produk perawatan rambut yang mengandung biotin dan Bro bisa menggunakannya untuk merawat rambut agar tetap sehat dan kuat.

Minyak Jarak

Minyak jarak atau castor oil adalah minyak yang dihasilkan dari ekstraksi biji jarak yang berasal dari India. Minyak ini mengandung senyawa asam risinoleat, sejenis Omega 9 yang dapat membantu melembabkan kulit sekaligus memperlancar peredaran darah. Selain itu minyak jarak juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit sehingga folikel rambut dapat tumbuh lebih sehat dan terhindar dari kerontokan. Meskipun belum banyak penelitian yang menyebutkan bahwa minyak jarak dapat membantu pertumbuhan brewok atau jenggot, minyak ini bisa digunakan sebagai pelengkap perawatan kulit.

Minyak Rosemary

Tidak banyak yang mengetahui bahwa minyak rosemary juga dapat menjadi alternatif minoxidil dan membantu pertumbuhan rambut serta mencegah kerontokan termasuk pada rambut wajah. Minyak rosemary terbuat dari ekstrak tumbuhan herbal rosemary yang mengandung senyawa anti bakteri dan anti inflamasi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minyak rosemary jika digunakan secara teratur hasilnya tidak kalah dengan penggunaan minoxidil 2%. Selain itu karena terbuat dari bahan alami tentunya minyak rosemary lebih aman digunakan ketimbang minoxidil yang membutuhkan resep dokter.

Kafein

Senyawa yang biasa ditemukan dalam kopi ini juga dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Sebuah studi menyebutkan bahwa kafein dapat membantu minoxidil bekerja lebih efektif untuk menumbuhkan rambut termasuk pada brewok dan jenggot. Penelitian skala kecil juga menyebutkan bahwa penggunaan kafein pada lotion ataupun shampo untuk rambut dapat membantu mencegah kerontokan serta menstimulasi pertumbuhan folikel rambut. Hal ini dikarenakan kafein dapat menghambat pengaruh negatif hormon androgen pada tubuh pria.

Minyak Jojoba

Minyak jojoba adalah salah satu bahan alami yang kerap digunakan dalam produk perawatan kulit dan rambut karena memiliki banyak manfaat. Minyak yang diperoleh dari ekstraksi jojoba ini dapat melembabkan kulit serta membuat selai rambut brewok lebih lembut dan berkilau. Kandungan vitamin E, asam amino, dan asam lemak dalam minyak jojoba terbukti dapat menutrisi folikel rambut sehingga secara tidak langsung dapat membantu pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan lebat. Begitu juga antioksidan yang dapat melindungi kulit dan rambut dari paparan polusi serta kerusakan, membuat minyak jojoba layak digunakan sebagai bagian dari perawatan rambut wajah terbaik.

Akupuntur

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, akupuntur atau terapi dengan jarum bisa jadi metode yang juga dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan rambut. Diketahui bahwa terapi ini dapat membantu memperlancar peredaran darah sehingga folikel rambut mendapatkan nutrisi serta aliran oksigen yang cukup. Perawatan rambut rontok atau kebotakan dengan menggunakan akupuntur di ketahui lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan minoxidil. Meskipun metode ini relatif aman ada baiknya Bro ketahui teknik serta terapis yang tepat untuk membantu merawat rambut serta menumbuhkan brewok.

Redensyl

Redensyl adalah obat penumbuh rambut alternatif minoxidil yang terbuat dari bahan alami dan digadang-gadang lebih efektif dan aman dibanding minoxidil. Bahan alami ini terbuat dari 7 senyawa tumbuhan yang aman digunakan seperti DHQG, metabisulfit, EGCG 2, glisin, seng klorida, gliserin dan air. Karena terbuat dari bahan alami dari hasil tentunya tidak memiliki efek samping dan Hal inilah yang membuat redensyl banyak digunakan sebagai komposisi dalam produk penumbuh rambut brewok dan jenggot. Berdasarkan studi kredensial diketahui tiga kali lebih efektif dibandingkan penggunaan minoxidil dan bisa digunakan tanpa resep dokter.

Saat ini ada banyak alternatif minoxidil sebagai produk perawatan brewok yang tersedia di pasaran dan Bro tentunya harus memilih produk dengan bahan alami yang tepat dan aman untuk digunakan sehari-hari. Maaz Grooming adalah produk perawatan Brewok dan jenggot yang terbuat dari bahan alami serta mengandung bahan aktif yang efektif membantu pertumbuhan rambut seperti Redensyl, kafein, dan minyak alami lainnya. Bro bisa dapatkan Brewok impian dengan menggunakan produk perawatan dari Maaz grooming secara teratur.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.