Apakah Kamu Perlu Memakai Beard Conditioner Untuk Jenggotmu?

Merawat jenggot akan menjadi tugas yang lebih membutuhkan perhatian ekstra disbanding sekadar merawat rambut kepala. Jenggot memiliki karakter yang lebih sensitif dan bisa jadi berbeda dengan tipe rambut kepala yang lurus. Jika rambut kepala membutuhkan kondisioner, sudah tentu jenggot Kawan juga perlu memakai beard conditioner secara rutin.

Sama halnya seperti memilih kondisioner untuk rambut kepala, memilih kondisioner untuk jenggot juga harus teliti. Kamu bisa memilih kondisioner khusus jenggot sehingga bulu jenggot bisa terasa lebih lembut dan terawatt. Kondisioner tersebut juga bisa mengembalikan dan mempertahankan kelembapan bulu-bulu jenggot setiap harinya. Jenggot pun akan selalu ternutrisi dengan baik dan tidak lagi terasa kering dan kasar. Berikut ini beberapa tips untuk memaksimalkan kinerja beard conditioner yang perlu Kamu ketahui:

Cuci Bersih Sebelum Menggunakan Kondisioner

Seperti merawat rambut kepala, sebelum menggunakan kondisioner tentu saja rambut kepala harus dicuci bersih dengan menggunakan shampoo. Begitu pula langkah yang harus ditempuh untuk jenggot. Pastikan kamu sudah mencuci jenggot dengan shampoo khusus jenggot dan membilasnya secara bersih tanpa ada sisa shampoo yang tertinggal. Selanjutnya, kamu bisa mulai mengaplikasikan kondisioner pada bulu-bulu jenggot. Dengan mencuci jenggot menggunakan shampoo terlebih dahulu, maka kandungan nutrisi dalam kondisioner akan lebih mudah dan cepat menyerap ke dalam akar maupun batang-batang rambut jenggot karena tidak lagi terhalang oleh minyak, kotoran, maupun debu yang menempel.

Baca Cara Pakai Kondisioner Pilihan Kamu

Setiap produk beard conditioner tentu akan memiliki instruksi atau cara pakai pada kemasan kondisionernya. Agar cara kerja kondisioner bisa lebih maksimal, kamu perlu membaca dan mengikuti cara pakai tersebut. Apabila diinstruksikan untuk mendiamkan hanya sekitar 2-5 menit, maka lakukan sesuai jangka waktu yang tertera. Jangan terlalu sebentar karena nutrisi mungkin terserap sempurna, dan jangan pula melebihi waktu yang diinstruksi karena bisa jadi justru menimbulkan iritasi atau hal lain yang tidak diinginkan.

Penting Untuk Memijat Kulit Hingga Batang Rambut Jenggot

Ketika kondisioner baru dioleskan pada jenggot, aplikasikan hingga ke kulit tempat akar jenggot tersebut tertanam. Oleskan hingga ke ujung batang rambut jenggot pula. Jangan lupa untuk melakukan Gerakan pijatan lembut mulai dari kulit hingga batang rambut. Pijatan tersebut penting untuk membuat kulit terasa lebih rileks untuk menyerap nutrisi kondisioner. Selain itu, batang rambut yang juga dipijat akan lebih mudah menyerap kondisioner hingga ke dalam. Hal ini tentu akan membuat kinerja beard conditioner menjadi lebih efektif dan cepat menunjukkan pengaruh.

Jangan Gunakan Kondisioner Setiap Hari

Walaupun manfaat beard conditioner sangat baik dalam menjaga kelembapan dan menutrisi rambut jenggot Kawan, tentu saja hal yang berlebihan akan membawa akibat yang kurang baik. Pada kemasan jenggot biasanya juga telah ditulis informasi bahwa penggunaan kondisioner hanya boleh dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Kecuali jika kamu memiliki kebutuhan khusus seperti habis melaksanakan liburan jauh atau aktivitas outdoor yang berlebihan, maka kamu boleh menambah jadwal pencucian dan kondisioner untuk rambut jenggotmu demi menjaga kebersihan dari kotoran atau debu yang menempel berlebihan.

Jika kamu tidak melakukan aktivitas outdoor atau aktivitas yang memicu debu, minyak, atau kotoran berlebihan, maka kamu hanya perlu memakai kondisioner sebanyak 2 atau 3 kali saja dalam seminggu. Pencucian dan penggunaan kondisioner pada jenggot secara berlebihan akan menyebabkan kulit menjadi kering dan rawan iritasi. Secara alami, rambut pada jenggot juga akan memproduksi minyak dan memiliki sistem menjaga kelembapannya sendiri.

Jika terlalu banyak menggunakan kondisioner, dikhawatirkan sistem alami yang dimiliki kulit dan rambut akan terganggu sehingga justru kulit dan rambut menjadi kering karena minyak alami tidak bisa terproduksi. Atau justru tubuh mengirimkan sinyal produksi minyak yang lebih banyak karena kulit sangat kering. Oleh karena itu, untuk menghindari risiko dan kekhawatiran tersebut, kamu hanya perlu mencuci dan memberi kondisioner sebanyak 2 hingga 3 kali saja dalam satu minggunya.

Cara Mengeringkan Jenggot yang Tepat

Setelah kamu mencuci dan memberi kondisioner pada jenggot, tentu langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengeringkannya. Ada banyak Kawan yang membiarkan saja jenggotnya menyimpan banyak air tanpa berusaha mengeringkannya. Hal ini justru tidak baik karena bakteri akan mudah hinggap pada tempat yang lembab. Oleh karena itu, Kawan bisa mengeringkan jenggot dengan menggunakan bantuan handuk.

Ada pun cara menggunakan handuk yang benar adalah hanya dengan menepuk-nepuk halus kulit dagu dan rahang serta batang rambut jenggot. Jangan lakukan pengeringan dengan menggosok-gosok kasar handuk ke permukaan kulit atau batang rambutnya. Hal tersebut akan memicu iritasi atau kerusakan permukaan batang rambut akibat gesekan kasar handuk.

Jika kamu memilih menggunakan hair dryer, pastikan untuk menggunakannya secukupnya. Jangan menggunakan level panas yang tinggi karena juga akan menimbulkan kerusakan pada permukaan batang rambut. Cukup berikan angin-angin saja untuk mempercepat proses pengeringan.

Rawat Jenggot Secara Rutin

Hal yang paling sulit dilakukan adalah menjaga konsistensi perawatan yang rutin. Apabila harus menggunakan kondisioner sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu, maka lakukan secara rutin pada minggu-minggu selanjutnya tanpa bolong-bolong. Perawatan yang dilakukan disiplin dan rutin tentu akan mendukung hasil optimal yang lebih baik ketimbang perawatan yang tidak disiplin. Selain itu, kamu juga bisa menambah oil atau minyak khusus untuk treatment jenggot kamu bila perlu. Beri pula vitamin rambut khusus jenggot agar nutrisi rambutnya lebih terjaga.

Selain itu, Kawan juga perlu untuk menjaga kerapian jenggot. Seperti yang diketahui, tumbuhnya rambut jenggot tentu tidak teratur. Oleh karena itu, diperlukan waktu rutin untuk merapikannya agar jenggot kamu terlihat rapi dan nyaman dipandang. Kamu juga perlu menjaga kebersihan agar tidak banyak debu dan kotoran yang sering menempel di jenggot kamu.

Tips-tips untuk memaksimalkan kinerja kondisioner jenggot di atas sangat mudah untuk dilakukan dan tidak perlu menghabiskan banyak biaya. Kawan bisa segera mempraktikannya di rumah tanpa perlu menghabiskan banyak waktu. Hal-hal yang sederhana tersebut ternyata bisa membawa hasil optimal bagi tumbuhnya jenggot Kawan. Selain itu, kamu juga perlu memilih produk beard conditioner andalan yang bekerja dengan optimal. Pilihlah produk dengan kandungan nutrisi terbaik dan bahan kimia yang tidak berbahaya. Produk-produk beard conditioner telah banyak tersedia di pasaran, ada merk-merk terbaik yang bisa Kawan andalkan seperti misalnya produk milik Maaz Grooming.

Produk tersebut akan diluncurkan perdana sebagai pelopor beard conditioner yang memiliki nutrisi paling efektif untuk Kesehatan jenggot kawan-kawan. Penawaran spesial untuk launching bisa kamu dapatkan dengan mudah hanya dengan menyertakan email dan subscribe di sini. Tunggu apa lagi? Miliki dan buktikan sendiri bagaimana beard conditioner terbaik bisa memberikan perubahan yang Kawan impikan selama ini!

Tulis komentar