Brewok Tidak Tumbuh Merata? Ini Cara Mengatasinya, Bro!

 

Saat Bro baru menumbuhkan brewok selama beberapa saat, Bro akan menemukan masalah brewok yang kerap dialami pria yakni brewok tidak tumbuh merata. Masalah brewok yang kerap disebut dengan istilah patchy beard memang sedikit mengganggu, terutama di saat Bro memimpikan brewok yang penuh dan lebat. Kalau Bro mengalami masalah ini dan merasa bagian yang kosong pada brewok tidak akan terisi, jangan khawatir. Hal ini lumrah terjadi pada awal pertumbuhan brewok, jadi yang Bro butuhkan hanya kesabaran dan perawatan yang tepat.

Brewok tumbuh tidak merata dan buat kesan penampilan tidak sempurna?

Penyebab brewok tidak tumbuh merata

Saat ini brewok atau jenggot sudah menjadi salah satu tanda kematangan dan maskulinitas pada pria. Banyak pria berusaha menumbuhkan brewok atau jenggotnya dengan menggunakan berbagai cara. Meski demikian, di tahap awal pertumbuhan brewok, banyak pria yang merasa kecewa karena brewok tidak tumbuh merata. Tidak sedikit pria yang merasa aneh dan akhirnya memutuskan memangkas kembali brewoknya hingga habis. Padahal, brewok tidak tumbuh merata bukan disebabkan karena suatu kelainan melainkan karena kecepatan pertumbuhan rambut yang tidak sama. Selain itu ada beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya patchy beard, diantaranya adalah faktor genetis, hormonal, kurangnya menjaga kebersihan, pola hidup tidak sehat, kurang konsumsi makanan seimbang, stres, infeksi jamur dan lainnya. 

Bersabar dan tunggu brewok tumbuh

Di awal pertumbuhan brewok, mungkin Bro akan mengalami beberapa masalah termasuk kulit gatal, ingrown hair dan juga patchy beard. Jika Bro menemukan bagian yang tidak ditumbuhi rambut pada brewok, baiknya Bro tunggu selama beberapa saat. Brewok pada bagian yang kosong tersebut lambat laun akan terisi jika Bro memberinya waktu untuk tumbuh. Jika setelah satu bulan atau lebih Bro belum melihat perkembangan pada bagian yang patchy, Bro masih bisa melakukan perawatan ekstra pada bagian tersebut. Bro juga coba gunakan produk yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut di titik tertentu seperti beard spot stick. Produk ini biasanya hanya digunakan atau dioleskan pada bagian brewok yang patchy atau pada area bald spot. 

Mitos seputar patchy beard

Seiring dengan meningkatnya popularitas brewok, banyak pula mitos yang beredar termasuk mitos tentang patchy beard. Sebelum mempercayai mitos tersebut ada baiknya Bro ketahui fakta tentang patchy beard terlebih dahulu. 

Patchy beard tidak akan pernah terisi

Mitos brewok yang satu ini juga cukup populer dan membuat banyak pria percaya bahwa bagian brewok yang patchy tidak akan pernah ditumbuhi rambut. Faktanya, rambut pada bagian tersebut akan tumbuh hanya saja dalam waktu yang lebih lama. Sebuah studi juga menjelaskan bahwa pria yang mudah menumbuhkan brewok sejak usia muda atau sekitar usia 20an juga akan lebih sering mengalami masalah patchy beard dibandingkan dengan pria yang sulit menumbuhkan brewoknya. Jadi, jangan khawatir kalau Bro mengalami patchy beard dan Bro masih berusia muda. 

Patchy beard tidak disebabkan karena ketebalan rambut

Mungkin Bro juga pernah mendengar mitos yang satu ini. Perlu Bro ketahui, sebenarnya ada beberapa penyebab brewok terlihat tebal di beberapa bagian dan patchy di bagian lainnya. Penyebab pertama adalah bagian rambut yang berwarna lebih terang akan terlihat lebih patchy dibandingkan bagian rambut dengan warna gelap. Selain itu, penyebab lainnya adalah rambut brewok yang tumbuh lebih tebal di bagian tertentu tentu akan terlihat lebih penuh, sama seperti rambut di daerah kepala yang memiliki perbedaan ketebalan. 

Tips mengatasi brewok tidak tumbuh merata

Ingatlah bahwa jika Bro mengalami masalah patchy beard atau brewok tidak tumbuh merata, mencukurnya bukan suatu solusi. Mencukur habis brewok atau jenggot tidak akan membuatnya tumbuh kembali lebih tebal atau lebih panjang. Hal yang perlu Bro lakukan hanyalah bersabar dan memiliki komitmen untuk merawatnya. Berikut beberapa tips yang bisa Bro lakukan agar brewok tumbuh lebih sehat dan lebat.

Tunggu hingga brewok tumbuh

Jika Bro baru menumbuhkan brewok atau jengkol selama beberapa minggu dan brewok terlihat patchy, yang baru bisa lakukan hanyalah bersabar. Tunggu sampai beberapa minggu lagi dan lihatlah perbedaannya. Brewok akan mulai tumbuh di bagian yang kosong dan akan membuat brewok terlihat lebih penuh dan lebat.

Biarkan brewok tetap pendek

Brewok yang patchy memang kerap mengganggu penampilan dan jika Bro merasa tidak percaya diri dengan patchy beard maka Bro bisa menjaganya agar tetap pendek. Gunakan model brewok stubble atau brewok tipis karena dengan brewok yang pendek dan tipis bagian yang kosong tidak akan terlalu terlihat. Bro bisa minta bantuan ahli atau barber untuk membentuk brewok stubble jika Bro belum mahir membentuk dan mencukur brewok sendiri.

Gunakan produk yang tepat

Salah satu cara untuk mengatasi patchy dan membuatnya terlihat lebih penuh adalah dengan menggunakan produk yang tepat. Gunakan produk dengan kandungan lebih "berat" seperti beard balm agar bisa menahan helaian rambut di tempatnya. Beard balm biasanya mengandung Shea butter dan minyak esensial yang bisa menjaga style brewok tetap terjaga sepanjang hari. Bro bisa gunakan produk beard oil di malam hari dan beard balm di siang hari. Oleskan beard balm pada bagian rambut yang cukup panjang untuk menutup bagian yang kosong. Cara ini efektif untuk memberikan ilusi brewok yang penuh. 

Sikat secara rutin

Sikat brewok atau beard brush atau beard bristle punya manfaat utama untuk mendistribusikan minyak alami ke seluruh bagian rambut brewok atau jenggot. Bro bisa memulai hari dengan rutin menyikat brewok atau jenggot yang belum memiliki supaya terlihat lebih rapi. Menyikat brewok bisa membantu Bro untuk menata rambut brewok yang panjang dan menutupi bagian yang kosong atau patchy. Baru setelah itu, Bro bisa oleskan beard balm ke seluruh permukaan brewok. Lakukan penyikatan dengan hati-hati dan pelan saja, pastikan arahnya teratur dan menutupi patchy beard dengan sempurna.

Warnai brewok

Salah satu tips yang mungkin bisa Bro coba untuk mendapatkan kesan brewok yang penuh adalah dengan mewarnainya. Cara ini berguna untuk Bro yang memiliki warna jenggot yang berbeda, atau terdapat bagian rambut berwarna gelap dan terang. Bro bisa mewarnai rambut brewok yang berwarna terang dengan warna yang gelap agar tampak serupa. Gunakan produk pewarna khusus brewok atau jika bagian yang patchy atau berambut terang hanya sedikit, Bro bisa gunakan bantuan pensil alis. Ya, pensil alis yang  digunakan wanita untuk mengisi rambut alisnya juga bisa Bro gunakan untuk mewarnai bagian brewok yang berwarna terang atau kosong. 

Konsumsi suplemen 

Tidak semua pria bisa melakukan transplantasi brewok atau injeksi testosteron untuk menumbuhkan brewoknya melalui prosedur medis. Kalau Bro ingin menumbuhkan brewok yang lebih tebal dan mengatasi brewok tidak tumbuh merata, Bro bisa coba konsumsi suplemen khusus. Ada beberapa vitamin yang bisa membantu pertumbuhan brewok seperti biotin. Meskipun Bro bisa mendapatkan vitamin tersebut dari makanan, Bro tetap mengkonsumsi vitamin tambahan dari suplementasi. Selain biotin, suplemen lain yang kerap digunakan untuk membantu pertumbuhan brewok adalah minoxidil. Minoxidil mampu meningkatkan aliran darah ke akar rambut dan membuat nutrisi terserap dengan lebih baik. Kalau Bro memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen, sebaiknya Bro konsultasikan dahulu dengan dokter. 

Cara mengatasi brewok tidak tumbuh merata tersebut bisa Bro coba dan praktekkan sendiri. Jika Bro tidak bisa mengkonsumsi suplemen maka Bro bisa menggunakan produk khusus brewok yang lebih aman digunakan seperti beard oil atau beard balm dengan kandungan bahan alami. Sedang mencari produk yang tepat? Maaz Grooming punya solusinya. Bro bisa daftarkan email dan subscribe untuk mendapatkan informasi tentang produk perawatan brewok dari Maaz plus promo menarik saat produk diluncurkan.

 

Tulis komentar