Perbedaan Shaving, Trimming, dan Clipping untuk Merapikan Brewok Bro

Hai, Bro-bro sekalian! Apa kalian saat ini sedang berupaya numbuhin brewok? Ada yang udah berhasil? Atau memang diberkahi genetik bagus sehingga memang dari sananya udah punya brewok? Nah, kalau kalian punya brewok, pastinya bercukur akan jadi kegiatan rutin kalian tiap beberapa saat sekali. 

Perbedaan shaving, trimming, dan clipping dalam mencukur brewok

Punya brewok untuk kalian yang nggak ada bakat numbuhin brewok memang butuh pengorbanan biaya dan pastinya waktu. Dan begitu udah tumbuh, butuh perawatan juga pastinya. Di dunia per brewokan itu banyak istilahnya, Bro. Termasuk juga berbagai macam jenis kegiatan mencukur. Ada 3 cara utama mengurangi volume padatnya brewok kita, yaitu shaving, trimming, dan clipping. Apa aja, sih, perbedaan shaving, trimming, dan clipping itu? Simak artikel berikut ini, yuk, Bro!

  • Mengapa harus merapikan brewok?

  • Sebelum kita mengenal perbedaan antara shaving, trimming, dan clipping, yuk, kenali dulu brewok kita lebih baik. Tentunya kalau kalian brewokan, kalau didiamkan beberapa minggu akan mulai lebat tak keruan. Kalau sudah brewok berantakan tak teratur begini, ketampanan kalian justru bisa berkurang karena nggak terlihat rapi. Apalagi di dunia kerja, kalian bisa aja dicap nggak professional di depan rekan dan bos kalian. “Gimana mau ngurusin kerjaan kalau ngurusin diri sendiri aja nggak bisa,” kata orang, sih, biasanya begitu, ya. Untuk dari itu, merapikan rambut wajah kalian yang menawan itu sangat diperlukan, demi kalian sendiri dan demi orang-orang yang melihat kalian. Kalian bisa cukur sendiri atau pergi ke barbershop sekalian cukur rambut biar tampilan baru kalian tambah nampak.

  • Apa itu beard shaving?

  • Untuk mengatasi supaya kalian nggak kelihatan berantakan, antara babat habis dulu brewok kalian atau cukur sampai taraf tertentu sesuai yang Bro inginkan. Kalau mau versi yang nggak ribetnya, sih, dan jika sudah terjamin brewok kalian akan tumbuh lagi, kalian pastinya pilih babat habis, ya. Nah, yang ini disebut shaving, Bro. Shaving ini artinya membabat habis brewok kalian. Biasanya biar cepat dan praktis, sih, pakai pisau cukur. Untuk shaving ada caranya, Bro.

    Pertama-tama kalian basuh wajah kalian, terutama basuh bagian brewok dengan merata, kemudian keringkan. Lalu oleskan krim cukur. Jangan lupa pakai krim, ya. Kalau belum punya, beli. Ini supaya mengurangi kemungkinan cedera atau iritasi di kulit wajah kalian pada saat shaving. Tahap selanjutnya, gerakan pisau cukur secara vertikal, dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Lakukan ini di seluruh bagian wajah kalian yang tumbuh brewok, biasanya dari pipi, sekitar mulut, dan leher. Setelah sudah mengucapkan selamat jalan pada brewok kalian, cukur kembali sekali lagi seperti tahap sebelumnya agar yakin nggak ada bulu yang tertinggal. Lakukan ini sampai kalian yakin nggak ada lagi sisa-sisa bulu di wajah kalian. Jika sudah selesai shaving, selamat, wajah kalian kembali mulus seperti bayi!

    Tips lain dalam shaving: hindari menggunakan pisau cukur dengan horizontal agar tidak terjadi cedera, Bro. Agar nggak terjadi iritasi juga, disarankan menggunakan pisau cukur yang berkualitas. Jangan lupa juga untuk membasuh dan mengelap pisau cukur kalian setelah digunakan, ya! Kalian bisa mencelup pisau cukur ke air hangat supaya nggak ada bulu yang nyangkut di pisau cukurnya.

  • Apa itu beard trimming?

  • Lain halnya dengan shaving yang mencukur habis brewok, trimming ini artinya mencukur brewok hanya sebagian, hanya sampai rapi saja. Ini pas banget untuk kalian yang brewoknya masih dalam masa pertumbuhan. Atau kalau kalian masih ingin berpenampilan brewokan dan nggak rela ‘balik ke wajah semula’. Apa pun itu, trimming juga ada caranya, Bro.

    Pertama-tama, kalian harus tahu trimming yang bagus itu mencukur sampai brewok kalian terlihat halus, rata, dan pastinya rapi. Sama seperti shaving, sebelum mencukur, selalu basuh wajah kalian terutama di bagian brewok agar hasilnya menjadi maksimal. Lalu, sisir dengan rapi brewok kalian supaya mempermudah trimming, juga supaya kalian bisa tahu bagian mana yang menonjol panjangnya bulu individual kalian. Kemudian, rencanakan mau dibentuk seperti apa brewok kalian. Idealnya, cocokkan bentuk brewok dengan garis pipi kalian. Kalian bisa lakukan riset sebentar seperti apa bentuk brewok yang terlihat bagus di muka Bro-Bro sekalian. Setelah itu, tentukan juga mau seperti apa bentuk kumis kalian: apa bagusnya potong sejajar dengan brewok kalian nantinya, atau lebih panjang, atau lebih tipis, dan seterusnya.

    Nah, kalau visi dan misi trimming kalian sudah mantap, gas ke tahap trimming! Lakukan trimming menggunakan trimmer. Gerakkan trimmer secara vertikal. Jangan lupa sesekali matikan trimmer agar mesinnya tidak overheat. Jangan lupa juga sesekali menyikat sekitar bagian pisau agar bulu-bulu kalian tidak menghalangi mesin cukur. Disarankan menggunakan trimmer yang berkualitas dan tahan lama supaya trimmernya tidak mati di tengah-tengah mencukur.

  • Apa itu beard clipping?

  • Hampir sama dengan trimming, clipping artinya melakukan ‘tebang pilih’ pada brewok kalian. Biasanya inspirasi untuk melakukan clipping ini dari melihat brewok artis atau nggak sengaja melihat orang yang bentuk brewoknya unik dan mikir “mau bentukin kayak gitu juga, deh”. Seni memangkas dengan akurat ini cocok untuk kalian yang ingin ‘mengedit’ bentuk brewok kalian sesuai yang kalian inginkan. Clipping biasanya dilakukan setelah trimming. Untuk ini, kalian bisa menggunakan gunting, atau supaya lebih mudah, gunakan trimmer yang bentuk kepalanya lebih ramping. Biasanya kalian kalau sedang makan, kumis yang panjang suka ikut masuk ke mulut. Nah, siasati dengan mengklip kumis kalian. Gunakan gunting atau trimmer untuk mengklip kumis yang tumbuh sampai bibir atas kalian. Clipping juga tentunya bisa untuk mengkreasikan gaya brewok dan kumis sesuai yang kalian mau.

  • Mana yang terbaik untuk brewok Bro?

  • Dari tiga gaya mencukur di atas, tentunya kalian harus sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Kalian bisa mengalternasikan ketiganya sesuai waktu. Kalau misalnya akan melakukan presentasi di depan orang penting dan ingin tampilan mulus dan tanpa brewok, kalian bisa pilih shaving. Kalau ingin menarik perhatian pasangan atau gebetan kalian dengan brewok kalian yang mempesona dan ingin terlihat rapi dengannya, bisa pilih trimming. Kalau ingin memangkas dan berkreasi bentuk brewok dan kumis layaknya seniman, pilih clipping. Pokoknya, sesuaikan dengan kebutuhan, ya, Bro!

    Gimana, Bro-Bro sekalian? Apa sekarang kalian sudah paham bedanya shaving, trimming, dan clipping? Jangan lupa sesuaikan bentuk muka kalian, ya! Gimana kalau kalian baca artikel ini hanya iseng-iseng semata, dan sekarang jadi terinspirasi pengen numbuhin brewok juga? Nggak ada yang mustahil, Bro! Kalian bisa pesan produk penumbuh brewok di Maaz Grooming. Maaz Grooming adalah brand men’s grooming yang berfokus pada produk perawatan brewok (janggut, kumis, dll). Ditunggu pesanannya!

    Tulis komentar