Warna Brewok Berbeda dengan Warna Rambut? Ini Penjelasannya!

Mungkin Bro pernah bertanya-tanya mengapa warna brewok Bro sedikit berbeda dengan warna rambut yang ada di kepala. Hal ini sebenarnya sudah menjadi pertanyaan yang lumrah dan banyak dipertanyakan oleh sebagian besar pria. Perbedaan warna rambut pada brewok atau jenggot dengan rambut yang ada di kepala sebenarnya bukanlah suatu masalah besar karena hal tersebut biasa terjadi. Terkadang warna dan tekstur rambut berbeda pada beberapa bagian tubuh. Kalau Bro ingin tahu mengapa warna brewok berbeda, simak penjelasannya berikut!

Mengapa warna brewok berbeda dengan warna rambut ya?

Penjelasan ilmiah warna brewok berbeda

Sebagian pria menyadari bahwa warna brewoknya berbeda dengan warna rambut pada bagian kepala. Di Indonesia, hal ini mungkin jarang terjadi. Biasanya, pria dengan rambut kecoklatan terkadang memiliki jenggot yang berwarna merah demikian sebaliknya. Meskipun seorang pria tidak memiliki rambut berwarna merah atau redhead, ia tetap bisa memiliki kemungkinan memiliki brewok dengan warna merah tersebut. Sebenarnya warna rambut manusia sendiri dipengaruhi oleh pigmen atau zat warna. Ada beberapa pigmen yang menjadi penyusun rambut seperti eumelanin atau pigmen hitam, dan pheomelanin atau pigmen merah. Mereka yang memiliki rambut hitam tentunya memiliki lebih banyak eumelanin, sementara yang berambut pirang memiliki lebih eumelanin dan pemilik rambut merah tentu memiliki pigmen pheomelanin yang lebih banyak. Begitu juga yang terjadi pada warna brewok, tentunya dipengaruhi oleh pigmen warna rambut tersebut.

Penyebab perbedaan warna brewok

Setidaknya ada sekitar 2% pria di dunia yang memiliki warna brewok yang berbeda dengan warna rambutnya. Lantas, apa yang menyebabkan perbedaan warna brewok dan mengapa seseorang yang tidak berambut merah bisa memiliki brewok berwarna merah? Jawabannya ada pada faktor genetik. Warna brewok serta pigmen yang ada pada rambut dipengaruhi oleh faktor genetis yang berarti warna rambut tersebut diturunkan dari orang tua. Perlu Bro ketahui bahwa Bro mewarisi 0.78% DNA dari kakek buyut kelima, sehingga Bro bisa saja memiliki warna rambut dan brewok yang berbeda dengan orangtua. Selain itu, mutasi yang terjadi pada gen MC1R yang ada pada kromosom ke 16, juga menyebabkan seseorang dengan brewok berwarna merah memiliki warna rambut yang berbeda. 

Gen MC1R berperan penting dalam pembentukan protein yang terkait dengan produksi melanin atau zat warna pada rambut terutama pigmen merah. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa seseorang mewarisi gen MC1R dari kedua orangtuanya. Jika salah satu orangtua mewariskan gen MC1R yang bermutasi maka sang anak akan memiliki warna rambut dan warna brewok yang berbeda. Itulah mengapa sebagian pria berambut gelap seperti coklat bisa memiliki brewok berwarna merah. Meskipun demikian, sangat jarang ditemukan pria berambut merah yang memiliki brewok berwarna gelap, dan belum ada penelitian lebih lanjut tentang hal tersebut.

Faktor lain yang mempengaruhi warna brewok

Selain disebabkan karena mutasi gen, variasi warna rambut pada brewok juga bisa disebabkan karena hal lainnya. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan perubahan warna pada brewok diantaranya adalah kurangnya perawatan pada rambut brewok. Jika brewok kekurangan beberapa nutrisi seperti vitamin maka rambut brewok bisa tumbuh dengan warna yang berbeda. Penyebab lainnya bisa datang dari paparan sinar matahari. Ya, terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung bisa menyebabkan perubahan warna pada brewok. Meskipun tidak sepenuhnya merubah warna brewok, paparan sinar matahari dapat membuat brewok berwarna lebih terang dibandingkan dengan rambut yang ada di daerah kepala. Sinar UV pada sinar matahari dapat memecah pigmen  warna pada rambut sehingga rambut brewok mengalami proses bleaching dan terlihat lebih terang. Hal ini banyak terjadi pada pria Eropa dibandingkan dengan pria lainnya.

Brewok berubah warna menjadi putih atau abu-abu

Selain perbedaan warna merah dan gelap brewok juga bisa berubah warna menjadi putih atau beruban. Brewok dengan perpaduan warna hitam dan putih seperti salt n pepper memang cukup populer tapi apakah kamu tahu apa yang menyebabkan brewok berubah warna menjadi putih meskipun usia belum terlalu tua. Selain karena faktor usia, brewok bisa beruban karena faktor lainnya seperti faktor genetis, pola hidup tidak sehat dan stres. Itulah sebabnya jika Bro ini memiliki brewok yang sehat, Bro harus memperhatikan asupan nutrisi dan mengelola stres dengan baik. 

Merubah warna brewok

Kalau Bro mengalami masalah warna brewok berbeda atau warna jenggot yang berbeda dengan rambut di kepala, Bro tidak perlu khawatir. Namun, jika Bro merasa tidak percaya diri dengan perbedaan warna tersebut maka Bro bisa coba untuk mewarnai brewok atau rambut agar terlihat sama. Bro bisa menggunakan pewarna rambut untuk mewarnai brewok. Sebelum mewarnai brewok ada beberapa hal yang harus memperhatikan. 

  1. Pilih produk pewarna brewok atau rambut yang aman digunakan dan warnanya sesuai dengan yang Bro inginkan.
  2. Bacalah instruksi yang tertera pada produk untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan untuk menghindari kesalahan saat mewarnai brewok.
  3. Siapkan tempat untuk melakukan proses pewarnaan brewok agar saat proses mewarnai dilakukan Bro tidak mengotori area yang tidak seharusnya, siapkan juga handuk berwarna gelap dan juga gunakan petroleum jelly pada kulit wajah di sisi brewok agar tidak ikut terwarnai.
  4. Gunakan pewarna brewok dengan shade atau warna yang lebih terang terlebih dahulu sebelum mencoba warna yang lebih gelap. Akan lebih mudah menggelapkan bagian yang terang jika warnanya belum sesuai.
  5. Jika perlu Bro bisa menggunakan produk pewarna rambut yang memiliki color developer dengan kandungan hidrogen peroksida. Zat ini dapat membuat warna melekat pada brewok dengan lebih baik, tapi sebaiknya jangan gunakan jika Bro memiliki kulit sensitif.
  6. Mewarnai brewok tentunya melibatkan proses kimia yang cukup keras dan bisa menyebabkan iritasi pada kulit, sebelum mulai mewarnai ada baiknya Bro mengoleskan sedikit pewarna tersebut pada bagian kulit lainnya. Jika tidak terjadi reaksi alergi atau iritasi maka belum bisa menggunakan produk tersebut untuk mewarnai brewok. 
  7. Lakukan proses pewarnaan rambut dengan hati-hati agar mendapatkan hasil yang maksimal dan jangan sampai produk pewarna mengenai kulit pada bagian selain rambut brewok.

Sebenarnya tidak masalah apapun warna brewok yang Bro miliki, Bro harus tetap memelihara dan merawat brewok dengan benar. Lakukan perawatan pada brewok secara rutin agar warnanya tetap terlihat bagus dan tidak kusam. Selain rutin membersihkan brewok, Bro mesti menggunakan produk perawatan lainnya seperti pelembab berupa beard oil atau beard balm agar brewok terlihat berkilau sehat. Jika Bro sedang mencari produk yang tepat untuk merawat brewok, Bro bisa coba produk Maaz Grooming yang akan segera diluncurkan. Bro bisa daftarkan email dan subscribe untuk dapatkan info serta promo menarik dari Maaz.

Tulis komentar