Gen Brewok dan 2 Cara Tumbuhkan Brewok Tanpa Gen Ini!

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia
Gen Brewok dan 2 Cara Tumbuhkan Brewok Tanpa Gen Ini! 3
Gen Brewok
Pexels.cOm

Menumbuhkan brewok atau jenggot telah menjadi salah satu trend yang banyak diikuti pria masa kini. Namun, mungkin Bro sering mendengar bahwa mereka yang tidak memiliki gen brewok tidak dapat menumbuhkan brewok atau jenggot sama sekali. Jika Bro menyadari bahwa tidak ada pria lain di keluarga Bro yang memiliki brewok atau jenggot, mungkin Bro akan merasa berkecil hati apabila ingin mulai menumbuhkannya.

Lantas, Apakah benar bro tidak dapat menumbuhkan brewok atau jenggot sama sekali jika tidak memiliki gen brewok? Ketahui faktanya berikut ini dan juga cara untuk menumbuhkan brewok meskipun mungkin tidak memiliki keturunan atau gen brewok.

Mengapa Bro Sulit Menumbuhkan Brewok?

Memang benar bahwa tingkat pertumbuhan brewok atau jenggot Bro dan potensi pertumbuhannya dipengaruhi oleh genetika tubuh pria termasuk gen brewok.

Beberapa pria dapat menumbuhkan brewok atau jenggot dalam waktu yang singkat dan tak perlu menunggu lama sementara yang lain harus menunggu dalam waktu yang lama hanya untuk menumbuhkan beberapa rambut tipis di bawah dagu mereka. Jika Bro sangat sulit menumbuhkan brewok dan tidak memiliki keturunan atau keluarga dengan brewok sebelumnya, apakah ini berarti bahwa tidak ada yang dapat Bro lakukan untuk menumbuhkan brewok atau jenggot?

Jawabannya adalah tidak, karena sebenarnya jika Bro tidak memiliki gen brewok maka Bro hanya perlu melakukan usaha yang ekstra keras untuk menutupi kekurangan potensi genetis untuk mendapatkan brewok atau jenggot yang Bro inginkan. Lantas bagaimana sebenarnya genetika brewok dan bagaimana pengaruhnya dalam tubuh terutama pada pertumbuhan brewok dan jenggot?

Faktor Lain yang Mempengaruhi Pertumbuhan Brewok

Pertumbuhan Brewok memang dipengaruhi oleh genetik dan tentunya faktor genetik inu mempengaruhi fungsi organ tubuh termasuk hormon. Ada dua hormon utama dalam tubuh pria yang mempengaruhi pertumbuhan Brewok yakni testosteron dan dihidrotestosteron atau DHT.  Secara umum, kadar hormon yang tinggi membuat pria lebih cepat menumbuhkan brewok sementara pria dengan kadar hormon yang rendah cenderung lebih lambat menumbuhkan brewok atau jenggot. Meskipun demikian tidak berarti bahwa mereka yang memiliki kadar lemak tinggi selalu dapat menumbuhkan brewok dengan cepat karena pertumbuhan brewok juga dipengaruhi oleh reseptor androgen.

Meskipun belum banyak penelitian yang mengungkapkan tentang pengaruh gen pada pertumbuhan brewok atau jenggot, gen yang bro miliki menentukan seberapa sensitif folikel rambut terhadap testosteron. Jika folikel Bro lebih sensitif terhadap hormon ini, maka Bro akan memiliki lebih banyak kesempatan memiliki jenggot atau brewok yang lebat.

Para ilmuwan juga telah menemukan bahwa penanda pada gen LNX1 pada kromosom 4 berperan dalam pertumbuhan rambut wajah. Secara khusus, variasi gen ini tampaknya mempengaruhi seberapa tebal atau jarang rambut wajah Bro bisa tumbuh. Meskipun demikian diperkirakan ada gen lainnya yang juga ikut berperan penting dalam pertumbuhan rambut wajah namun belum banyak penelitian yang mempelajari hal tersebut.

Dengan kata lain hormon tidak dapat memasuki folikel akar rambut jika tidak terikat dengan reseptor terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa pria Asia pada umumnya dan Amerika memiliki sensitivitas reseptor androgen yang lebih rendah dibandingkan pria Eropa atau ras lainnya. Itulah mengapa pria Asia Timur lebih sulit menumbuhkan brewok dibandingkan dengan pria dari ras lainnya. Meskipun demikian jika Bro adalah seorang pria Asia atau tidak memiliki genetis brewok, Bro tetap dapat memiliki Brewok atau jenggot dengan cara meningkatkan sensitivitas reseptor androgen dalam tubuh. 

Faktor lainnya yang juga menyebabkan sulitnya pertumbuhan brewok adalah buruknya sirkulasi darah dalam tubuh. Sistem sirkulasi yang tidak baik tentunya tidak dapat mengalirkan hormon, nutrisi maupun oksigen yang dibutuhkan folikel rambut agar dapat tumbuh dengan semestinya. Tak perlu khawatir jika Bro mengalami masalah ini karena kami punya tips untuk membantu mengatasi masalah sirkulasi yang buruk dan menumbuhkan brewok meskipun Bro tidak memiliki bakat menemukannya.

Cara Tumbuhkan Rambut Wajah Tanpa Gen Brewok

Meskipun faktor genetis Bro tidak mendukung pertumbuhan brewok, apa cara yang bisa dilakukan untuk tetap mendapatkan brewok impian.  Berikut adalah beberapa cara yang bisa Bro praktekkan di rumah untuk mendapatkan Brewok yang tebal dan lebat.

Mengoleskan Minyak Peppermint

Minyak Peppermint
Pexels.cOm

Minyak esensial peppermint atau peppermint oil adalah minyak esensial yang sangat kuat. Minyak ini dikenal dengan efeknya dalam meningkatkan sirkulasi darah didalam tubuh. Namun hal tersebut bukanlah alasan mengapa Bro harus mengoleskan minyak peppermint pada wajah. Sebuah penelitian dilakukan untuk menguji beberapa bahan yang memiliki efek pada pertumbuhan rambut diantaranya adalah minyak jojoba, larutan garam, minoxidil 3% dan larutan minyak peppermint 3%.

Hasilnya penelitian menyebutkan bahwa minoxidil 3% memiliki efek Pada pertumbuhan rambut sementara larutan garam dan minyak jojoba tidak memiliki efek sama sekali. Penelitian tersebut juga mengungkapkan hasil yang mengejutkan dimana minyak peppermint ternyata memiliki hasil atau efek yang lebih terlihat dibandingkan minoxidil karena dapat merangsang hormon IGF-1 atau hormon pertumbuhan di dalam tubuh yang juga mempengaruhi pertumbuhan rambut. Dengan kata lain minyak peppermint ternyata dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dan membuatnya terlihat lebih tebal.

Minyak Peppermint bisa Bro gunakan untuk membantu pertumbuhan brewok atau jenggot. Caranya adalah dengan melarutkan 18 tetes minyak peppermint pada minyak pembawa seperti minyak jojoba sebanyak 100 gram. Oleskan larutan tersebut pada wajah yang ditumbuhi Brewok atau jenggot secara rutin 1 hingga 2 kali dalam sehari. Jika digunakan secara teratur minyak peppermint dapat mengaktifkan kembali folikel rambut yang tertidur atau tidak aktif serta mempercepat fase telogen atau fase istirahat sehingga folikel rambut dapat segera masuk ke tahap pertumbuhan selanjutnya.

Gunakan Obat Penumbuh Brewok

Obat penumbuh brewok atau penumbuh rambut juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan brewok meskipun beliau tidak memiliki gen. Salah satu obat penumbuh rambut atau brewok yang paling populer adalah minoxidil. Minoxidil bekerja dengan cara memperlebar pembuluh darah atau fasilitator sehingga nutrisi dan zat lainnya yang diperlukan oleh folikel rambut dapat diterima dan diserap secara maksimal. Selain itu minoxidil juga dapat merangsang pertumbuhan folikel rambut dan hasilnya dapat diketahui setelah pemakaian beberapa bulan.

Selain minoxidil obat penumbuh brewok lainnya yang relatif lebih aman digunakan adalah redensyl. Obat penumbuh brewok yang terbuat dari ekstrak tanaman ini dijual bebas dan dapat digunakan tanpa resep dokter tidak seperti minoxidil. Redensyl juga memberikan hasil yang lebih singkat dibandingkan penggunaan minoxidil dan bro bisa merasakan pertumbuhan brewok dalam beberapa minggu.

Obat penumbuh brewok bisa bekerja dengan sempurna jika didukung beberapa faktor seperti penggunaan Dermaroller.  Dermaroller adalah sebuah alat yang terdiri dari  banyak jarum mikro yang digunakan untuk melukai kulit dengan tujuan memperlancar sirkulasi darah dan agar kulit dapat menghasilkan lebih banyak kolagen.

Maaz Grooming punya beragam pilihan produk penumbuh Brewok yang bisa Bro gunakan untuk membantu pertumbuhan rambut pada wajah.  Ada banyak rangkaian beard serum dan beard oil serta dermaroller yang berkualitas yang bisa Bro coba gunakan sekarang juga! 

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.