Rambut Rontok Ketika Menua, Ini Alasan dan 4 Tips Mengatasinya!

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia

 

Rambut Rontok
Rambut Rontok Ketika Menua, Ini Alasan dan 4 Tips Mengatasinya! 2

/wp:image –>

Proses penuaan karena pertambahan usia adalah salah satu faktor penyebab kerontokan rambut yang paling sering dialami. Marie Hayag,MD., seorang dermatologis asal New York menyebutkan bahwa saat kita menua terjadi perubahan kadar hormon dalam tubuh yang menyebabkan folikel rambut kehilangan kemampuan untuk tumbuh dan memperbaharui diri. Hal ini menyebabkan jumlah folikel rambut pada kulit kepala maupun bagian tubuh lainnya berkurang. Rambut rontok akibat pertambahan usia biasanya lebih terlihat pada pria dan menyebabkan kebotakan. Berikut adalah penjelasan mengapa rambut kita rontok seiring dengan pertambahan usia dan tips mengatasinya.

Alasan Ilmiah Mengapa Rambut Mengalami Kerontokan Saat Usia Menua

Sebagai informasi, helai rambut kita terbuat dari untaian protein. Sehelai rambut memiliki siklus normal dan dapat tumbuh sekitar dua sampai tujuh tahun dengan pertumbuhan rata-rata 0,5 inci sebulan atau sekitar enam inci setahun.

Seiring bertambahnya usia, rambut memiliki siklus hidup yang lebih pendek dan hal inilah yang menyebabkan kerontokan dan rambut menjadi tipis. Rambut rontok biasanya diganti dengan rambut baru yang lebih halus dalam siklus normal. Namun, seiring berjalannya waktu dan pertambahan usia, hampir setiap orang mengalami kerontokan rambut bahkan menyebabkan kebotakan pada pria. 

Saat ini ada banyak penelitian terkait rambut rontok dan mengapa rambut semakin menipis saat seseorang mengalami pertambahan usia atau menua. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Hiroyuki Matsumura, asisten professor Tokyo Medical and Dental University yang berfokus pada sel punca folikel rambut menemukan fakta tentang kerontokan rambut akibat penuaan. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa semakin tua usia seseorang, maka sel punca atau sel induk folikel rambut akan mengalami perubahan genetis atau mutasi yang mengakibatkan folikel rambut menyusut. Namun, penelitian tersebut juga menemukan fakta bahwa penyusutan dan kerontokan rambut pada hewan percobaan yakni tikus dapat dicegah dengan melakukan modifikasi genetik dimana mereka dapat memproduksi protein Col17A1, kerontokan rambut dapat diminimalisir.

Fakta penelitian tersebut juga diperkuat dengan pengamatan pada sel folikel rambut pada kulit kepala wanita berusia 22 hingga 70 tahun. Mereka menemukan bahwa wanita yang lebih tua memiliki folikel yang sudah menyusut. Saat sel punca atau sel induk sudah tidak lagi beregenerasi maka kerontokan rambut tidak dapat lagi dihindari.

Studi lainnya yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Colorado menemukan fakta bahwa saat menua sel punca atau sel induk pada folikel rambut mengalami masa dorman atau tertidur. Sebuah protein bernama Foxc1 diketahui menjadi penyebab tidak aktifnya sel punca pada folikel rambut. Jika protein tersebut dapat dihilangkan, folikel rambut bisa aktif kembali sehingga bukan tidak mungkin masalah kerontokan akibat penuaan bisa dihindari 

Tips Mengurangi Rambut Rontok Akibat Penuaan

Seiring bertambahnya usia, rambut tidak hanya mengalami kerontokan tetapi juga perubahan warna karena produksi pigmen yang berkurang. Jika Bro mengalami masalah kerontokan rambut akibat pertambahan usia, Bro bisa lakukan beberapa tips sesuai anjuran seorang dermatologis,  Wilma Bergfeld,MD., berikut ini!

Hindari Keramas Terlalu Sering

Mencuci rambut memang perlu dilakukan agar rambut tetap bersih dan sehat. Meskipun diperlukan, ada baiknya untuk mengurangi frekuensi keramas saat rambut mengalami kerontokan parah atau ketika rambut rontok akibat usia bertambah. Keramas atau mencuci rambut secara berlebihan dapat membuat rambut lebih kering dan rapuh sehingga mengakibatkan rambut lebih cepat rontok. Lakukan keramas atau cuci rambut dua kali dalam seminggu menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut baik itu rambut normal, kering maupun berminyak.

Gunakan Kondisioner dan Volumizer

Menggunakan kondisioner setelah keramas sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Kondisioner adalah produk perawatan rambut yang penting karena dapat menambahkan kelembaban serta membantu mengisi kembali kilau rambut dan minyak alami yang hilang selama keramas. Selain menggunakan kondisioner, Bro juga bisa gunakan volumizer untuk menambah ketebalan serta memperkuat setiap helai rambut. Meski demikian, jangan lupa untuk memilih kondisioner dan volumizer yang terbuat dari bahan alami yang aman digunakan.

Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi dan Kaya Protein

Kita memang tidak bisa menghentikan kerontokan rambut akibat pertambahan usia atau mengatur pertumbuhan rambut, tapi kita bisa membantu rambut tetap tumbuh dan sehat dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi. Kalau Bro merasa sering mengalami kerontokan rambut yang cukup parah maka Bro harus mempertimbangkan apa yang Bro makan.

Karena folikel rambut terbuat dari protein, jangan lewatkan zat gizi yang satu ini. Kekurangan konsumsi protein dapat menyebabkan rambut rontok semakin parah. Makanan kaya nutrisi yang bisa membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan diantaranya seperti bayam atau sayuran hijau lainnya yang mengandung folat, zat besi, vitamin A dan C, telur yang kaya kandungan biotin, ikan yang kaya omega 3 serta alpukat yang kaya akan vitamin E serta lemak sehat. Bro juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin atau mineral yang dapat membantu menjaga kesuburan rambut.

Pilih Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Memilih produk perawatan rambut yang tepat juga menjadi salah satu kunci mendapatkan rambut yang sehat dan mencegah kerontokan. Sebaiknya pertimbangkan penggunaan alat penata rambut yang menggunakan panas seperti pengering rambut, catokan dan lainnya. Kita memang ingin membuat rambut tampak lebih rapi dan tertata namun ada baiknya hindari penggunaan alat-alat penata rambut tersebut karena dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut. Jika memang harus menggunakan alat penata rambut yang menggunakan panas, ada baiknya Bro gunakan produk pelembab atau produk yang dapat melindungi rambut dari panas yang ditimbulkan dari alat tersebut.

Hindari produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti  paraben dan ftalat yang biasa ditemukan di banyak produk rambut. Menggunakan produk perawatan rambut seperti shampo atau conditioner yang mengandung bahan kimia berbahaya tentunya dapat menyebabkan kerusakan rambut dan menyebabkan kerontokan yang cukup parah.

Selain produk perawatan rambut beberapa obat yang biasanya dikonsumsi untuk mengatasi masalah kesehatan seperti obat-obatan untuk jantung dan terapi hormon juga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Ada baiknya untuk mengkonsultasikan pada dokter dan meminta nasehat untuk mengurangi efek dari pengobatan tersebut.

Rambut rontok memang tidak bisa dihindari ketika kita menua karena siapapun yang berusia diatas 60 tahun tentu tidak akan memiliki rambut seperti mereka yang berusia 15 tahun. Namun demikian, dengan perawatan yang tepat kita dapat menghindari kerontokan rambut yang terjadi akibat penuaan dini ataupun penggunaan produk yang tidak tepat. Jika Bro mengalami masalah rambut rontok termasuk rambut wajah atau brewok, Bro bisa gunakan produk yang mengandung obat penumbuh rambut dan pelembab kulit seperti produk dari Maaz Grooming. Produk Maaz Grooming terbuat dari bahan alami seperti redensyl yang terbukti efektif dapat membantu pertumbuhan rambut. Miliki produknya dan buktikan khasiat Maaz Grooming sekarang juga!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.