Komposisi Beard Oil Terbaik untuk Tumbuhkan Brewok

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia

Minyak Karier

Minyak karier atau minyak pembawa adalah komposisi utama yang menjadi bahan dasar beard oil. Bahan dasar beard oil ini bisa terdiri dari satu bahan saja atau bisa juga merupakan campuran dari beberapa jenis minyak. Minyak pembawa berfungsi sebagai pelembab sekaligus penyedia nutrisi untuk pertumbuhan rambut. Minyak ini juga dapat mencegah rasa gatal pada kulit dan membuat kulit lebih terlihat sehat. Selain itu minyak membawa digunakan dalam oil sebagai pelarut minyak atsiri atau minyak esensial mengingat minyak ini tidak boleh digunakan secara langsung pada kulit dan harus diencerkan terlebih dahulu. 

Beberapa jenis minyak karier atau minyak pembawa yang sering digunakan dalam beard oil diantaranya sebagai berikut.

Minyak Jojoba

Bisa dibilang jika minyak jojoba adalah minyak pembawa terbaik yang bisa digunakan sebagai komposisi beard oil. Minyak jojoba memiliki tekstur yang ringan dan mudah meresap ke dalam kulit sehingga saat digunakan minyak ini tidak akan membuat brewok atau jenggot terlihat mengkilap maupun berminyak. Minyak ini juga mengandung yodium yang berfungsi sebagai antiseptik sehingga dapat mencegah iritasi dan rasa gatal pada kulit wajah. Terlebih minyak jojoba hampir tidak memiliki aroma sehingga sangat cocok digunakan sebagai produk perawatan brewok atau jenggot karena terkadang minyak alami memiliki bau yang cukup menyengat.

Minyak Jarak

Selain minyak jojoba, minyak jarak adalah jenis minyak pembawa lainnya yang kerap digunakan sebagai komposisi dalam beard oil. Minyak jarak mengandung senyawa asam lemak tunggal yakni asam risinoleat yang sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan rambut pada wajah. Minyak ini juga tidak gampang tengik karena hanya mengandung sedikit asam lemak tak jenuh ganda. Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk mendukung pertumbuhan brewok atau jenggot minyak ini memiliki tekstur yang kental dan lebih sulit meresap dalam kulit sehingga penggunaannya biasanya dicampur dengan minyak lain yang lebih ringan seperti minyak jojoba. Jika Bro menggunakan beard oil yang murni mengandung minyak jarak pastinya jenggot baru akan terlihat lebih berminyak dan mengkilap.

Minyak Argan

Minyak argan adalah minyak yang kerap dijuluki sebagai emas cair karena minyak ini sangat berharga dan banyak digunakan dalam industri kosmetik. Hal tersebut juga  dikarenakan minyak argan memiliki manfaat yang sangat baik untuk mendukung kesehatan kulit dan rambut. Minyak argan mengandung emolien yang merupakan pelembab alami serta asam lemak yang dapat mendukung pertumbuhan folikel rambut. Minyak ini juga memiliki konsistensi yang tidak terlalu kental dan relatif stabil sehingga tidak mudah tengik. 

Minyak Almond Manis

Minyak almond manis juga merupakan minyak pembawa yang paling banyak digunakan setelah minyak jojoba. Minyak ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah meresap pada kulit ditambah kandungan nutrisi serta asam lemaknya yang baik untuk pertumbuhan rambut. Meskipun minyak ini banyak digunakan dalam komposisi beard oil, minyak ini sangat mudah terpengaruh oleh kondisi luar seperti panas, oksigen dan cahaya akibat kandungan PUFA atau asam lemak tak jenuh ganda yang tinggi. Itulah mengapa minyak ini mudah tengik dan penggunaannya biasanya dicampur dengan jenis minyak lainnya atau ditambahkan antioksidan seperti vitamin E atau vitamin C.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga kerap menjadi minyak pembawa dalam produk kosmetik atau perawatan kulit. Jika Bro bertanya-tanya apakah minyak zaitun bisa digunakan untuk merawat rambut pada wajah tentu jawabnya bisa saja. Minyak zaitun kaya akan asam lemak dan nutrisi lainnya yang baik untuk pertumbuhan rambut. Walaupun demikian penggunaan minyak zaitun pada brewok biasanya dicampur dengan minyak pembawa lainnya yang memiliki tekstur lebih ringan karena minyak ini cenderung lebih kental dan berat. 

Minyak Esensial

Selain minyak pembawa, komposisi lainnya yang kerap ditambahkan pada oil adalah minyak esensial atau minyak aromatik. Minyak ini ditambahkan pada produk beard oil untuk menambah aroma dan juga memberikan manfaat seperti sebagai anti mikroba dan lainnya. Minyak esensial biasanya dilarutkan dengan perbandingan 1 hingga 10 tetes dalam 30 ml minyak pembawa. Jenis minyak esensial yang biasanya digunakan juga bervariasi mulai dari minyak esensial dengan aroma yang ringan dan segar seperti minyak jeruk manis dan minyak peppermint, lembut dan hangat seperti minyak lavender atau cemara serta minyak dengan aroma yang lebih kuat dan tahan lama seperti sandalwood, patchouli dan lainnya. 

Tidak hanya menambah aroma pada beard oil, beberapa jenis minyak esensial juga memiliki manfaat lainnya seperti halnya minyak peppermint. Berdasarkan penelitian minyak esensial ini dapat membantu merangsang pertumbuhan folikel rambut serta mencegah munculnya ketombe pada rambut brewok atau jenggot. 

Sekarang Bro Sudah tahu jenis minyak yang biasa digunakan sebagai komposisi dalam beard oil. Sebelum membeli produk beard oil di pasaran pastinya Bro harus membaca dulu label komposisi produk tersebut. Dengan mengetahui fungsi serta kelebihan dan kekurangan masing-masing komposisi tentu bro bisa memutuskan mana beard oil terbaik yang bisa Bro gunakan. Maaz Grooming adalah brand beard oil yang bisa Bro pertimbangkan karena produk Beard Oil dari Maaz Grooming terbuat dari bahan berkualitas serta diracik dengan komposisi yang tepat sehingga dapat membantu menumbuhkan serta merawat brewok atau jenggot impian Bro. Tunggu apalagi, dapatkan produk beard oil favoritmu dari Maaz Grooming sekarang juga!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.