Jangan Keliru, Begini Cara Memakai Lidah Buaya untuk Rambut yang Benar!

Bobby Agung
Bobby Agung

Mengetahui cara memakai lidah buaya untuk rambut sangat penting. Ini dimaksudkan agar manfaat dari tanaman tersebut bisa terserap secara maksimal.

Lidah buaya atau aloe vera adalah salah satu tumbuhan herbal yang jamak digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti makanan hingga perawatan tubuh.

Flora berbentuk unik ini disinyalir mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, E dan B12, asam amino esensial, asam lemak, hingga mineral tembaga dan zinc.

Karena itu, tidak heran jika kandungannya banyak dimanfaatkan untuk pembuatan produk kecantikan kulit hingga perawatan rambut.

Seperti Maaz Grooming Nourishing Shampoo, produk terbaru dari Maaz.id ini mengandung aloe vera yang mampu menghaluskan dan memperkuat rambut.

Dengan kandungan alaminya, Maaz Grooming Nourishing Shampoo diklaim aman digunakan serta ampuh menstimulasi pertumbuhan rambut hingga 78%.

Cara Memakai Lidah Buaya untuk Rambut

Melansir laman Healthline, setidaknya ada lima manfaat lidah buaya untuk rambut yang dapat dirasakan oleh penggunanya, yakni:

  • Menenangkan kulit kepala yang gatal;
  • Membersihkan rambut secara mendalam;
  • Meningkatkan pertumbuhan rambut;
  • Memperbaiki helai rambut yang rusak; dan
  • Mengurangi risiko kerontokan rambut.

Namun, manfaat-manfaat tersebut hanya bisa dirasakan apabila kita tahu cara mengolahnya.

Selain membeli produk perawatan berbahan aloe vera, berikut sejumlah cara memakai lidah buaya untuk rambut yang bisa dipraktikkan di rumah.

1. Membuat Minyak Aloe Vera

Minyak Lidah Buaya

Pertama, campurkan secangkir gel lidah untuk memastikan tidak ada gumpalan.

Masukkan minyak kelapa dan gel lidah buaya ke dalam panci, lalu panaskan campuran tersebut sampai berhenti menggelegak dan residunya menjadi gelap.

Biarkan suhu minyak menjadi dingin terlebih dahulu, kemudian saring minyak tersebut dan simpan di dalam botol atau wadah khusus.

Minyak aloe vera ini dapat digunakan 3–4 jam sebelum keramas. Agar hasilnya maksimal, biarkan olesan minyak pada rambut selama semalaman.

2. Semprotan Lidah Buaya

Cara memakai lidah buaya untuk rambut selanjutnya, ialah menjadikannya cairan semprotan.

Langkah-langkah yang harus dilakukan tergolong sederhana Brother, yakni campurkan 1/2 cangkir gel lidah buaya dan 1/4 jus jahe segar ke dalam blender.

Setelah selesai, pindahkan campuran tersebut ke botol semprot yang telah disiapkan.

Lalu, semprotkan cairan tadi ke seluruh kulit kepala dan pijat selama 20 menit. Untuk hasil yang lebih baik, biarkan selama semalaman dan bilas saat pagi hari.

3. Membuat Masker Rambut

Masker rambut dari gel lidah buaya bermanfaat untuk memperkuat batang rambut. Ini juga baik untuk mempertebal volume serta mempercerah warnanya.

Untuk membuat masker lidah buaya, campurkan gel tanaman tersebut dengan minyak jojoba maupun putih telur.

Balur dan pijatkan campuran tadi ke kulit kepala dan rambut. Gunakan topi mandi, lalu biarkan selama 15 menit sampai 1 jam sebelum dibilas dengan sampo.

4. Kondisioner Lidah Buaya

Masker Lidah Buaya

Kondisioner dari bahan lidah buaya terbilang praktis, sebab tidak perlu dibilas dengan air.

Pertama, campurkan 1/2 cangkir gel lidah buaya dengan 15 tetes minyak lavender di dalam mangkuk. Setelah rata, pindahkan ke dalam botol untuk digunakan.

Lalu, oleskan ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala setelah keramas.

5. Aplikasikan secara Langsung

Cara memakai lidah buaya untuk rambut yang terakhir sangat simpel. Ini bisa diterapkan jika kalian malas untuk mengolahnya terlebih dahulu.

Pertama, potong daun aloe vera segar dan gunakan sendok untuk mencungkil gelnya.

Jika sudah banyak gel yang terkumpul, aplikaskkan pada rambut dan kulit kepala selama 1 jam.

Setelah itu, gunakan sampo untuk mencuci rambut dan kulit kepala. Ulangi proses ini sebanyak 2–3 kali seminggu atau sesuai kebutuhanmu.

Perlu digarisbawahi, tidak semua orang cocok terhadap kandungan aloe vera alami.

Untuk memastikan apakah kulit kepalamu toleran terhadap tanaman tersebut, gosokkan sedikit gel ke pergelangan tangan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Bila kulit terasa gatal atau terlihat berwarna merah, maka segera hentikan pemakaian. Gejala tersebut mengindikasi bahwa kulitmu terkena iritasi akibat alergi.

Bagaimana, cukup mudah β€˜kan cara memakai lidah buaya untuk rambut?

Selamat mencoba, Brother.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.