7 Cara Membuat Rambut Ikal Pria yang Alami, Gak Perlu ke Barbershop!

Bobby Agung
Bobby Agung

Karena sedang ngetren, yuk pelajari cara membuat rambut ikal pria! Tidak perlu ke barbershop, cara ini bisa kita lakukan sendiri di rumah, Brother.

Gaya rambut ikal memang sedang digandrungi oleh anak-anak muda. Influence-nya tentu saja dari kalangan artis, mulai dari artis Hollywood hingga Korea.

Potongan rambut semacam ini dianggap lebih modis dan bersahaja. Modelnya memang simpel, tetapi terlihat keren dan cocok untuk berbagai kalangan.

Apalagi, proses mengikalkan rambut sejatinya tidak terlalu sulit. Jika ingin efek ikal sementara yang kekinian, berikut sejumlah langkah yang bisa dilakukan.

Begini Cara Membuat Rambut Ikal Pria Alami

Perlu diingat, cara membuat rambut ikal pria alami hanya menawarkan hasil yang sementara.

Bila kalian ingin mencoba cara membuat rambut ikal atau keriting permanen, maka sebaiknya lakukan hal tersebut di salon melalui proses perming.

Perming atau perm hair adalah singkatan dari permanent waves. Proses ini menggunakan obat khusus yang dapat mengubah struktur rambut menjadi keriting.

Jika sudah paham, terapkan cara membuat rambut ikal pria yang alami di bawah ini.

1. Tata Menggunakan Gel Rambut

Gunakan Gel Rambut Untuk Membuat Rambut Ikal

Cara membuat rambut ikal pria alami yang pertama adalah menggunakan gel rambut. Cara ini terbilang simpel, sehingga sangat mudah untuk diterapkan.

Pertama-tama, bersihkan rambut terlebih dahulu dari debu dan kotoran dengan cara keramas. 

Gunakan produk sampo berkualitas seperti Maaz Grooming Nourishing Shampoo, agar rambut terlihat sehat dan kuat, serta gampang diatur.

Setelah itu tuang sedikit gel rambut ke telapak tangan, kemudian sisirkan jari mulai dari tepi dahi hingga ke bagian belakang rambut.

Biarkan rambut selama satu menit, lalu ambil pensil dan lilitkan ikal kecil mengelilingi pensil. 

Untuk durasi melilitnya berkisar 30–60 detik saja. Ulangi cara ini pada bagian rambut yang ingin kalian ikalkan hingga bentuk gelombangnya merata.

2. Semprotkan Texturizer Rambut

Texturixer atau texturizing spray adalah produk perawatan rambut, yang diformulasikan untuk menambah volume dan tekstur pada permukaan rambut.

Produk ini biasanya digunakan oleh para wanita, tetapi dapat pula diaplikasikan oleh kalangan pria yang ingin mengubah rambut lurusnya menjadi lebih ikal.

Karena biasanya berbentuk cairan, kalian bisa secara langsung menyemprotkan texturizing spray pada permukaan rambut.

Cairan ini tak hanya membantu menambah volume, tetapi juga melesmaskan folikel rambut serta memperbanyak ikal alami.

3. Kepang Rambut Selama Semalaman

Cara membuat rambut ikal pria selanjutnya adalah, dengan dikepang selama semalaman.

Perlu dicatat, supaya hasilnya tampak maksimal, lakukan pengepangan sehabis mandi atau saat kondisi rambut sedikit lembap.

Cara satu ini tidak akan membuat permukaan rambut menjadi rusak dan patah. Agar ikalnya terlihat alami, jangan terlalu ketat mengepang rambut tersebut, ya.

4. Ikat Rambut Membentuk Sanggul

Ikat Rambut Untuk Membuatnya Menjadi Ikal

Mirip seperti mengepang, cara memuat rambut ikal dengan membentuk sanggul dilakukan saat kondisi rambut lembap atau agak basah.

Caranya tarik semua bagian rambut ke atas, putar rambut, dan ikat kuat dengan karet atau jepitan. Biarkan semalam dan ikalpun muncul di pagi hari.

Untuk menghasilkan bentuk ikal yang lebih awet, kamu bisa menyemprotkan hairspray. Rambut akan terlihat lebih modis dan keren, Brother.

Namun, cara ini memang hanya bisa dilakukan oleh pria pemilik rambut panjang. Jika rambut kalian pendek, permukaannya tentu akan sulit diikat.

5. Manfaatkan Kain atau Kaus Kaki

Masih untuk pria-pria berambut panjang, kalian juga bisa memanfaatkan kain atau kaus kaki untuk mengubah rambut lurus menjadi keriting, lho.

Cara berikut ini terbilang unik, tetapi sangat patut untuk dicoba. Mulanya, gulung beberapa helai rambut secara memutar menggunakan kain atau kaus kaki.

Kemudian, ikat pada bagian ujungnya dan ulangi pada semua bagian rambut secara terpisah.

Biarkan posisi rambut seperti itu selama semalam. Untuk mempermudah proses pengikalan, lakukan cara ini saat kondisi rambut sedang lembap.

6. Gunakan Rol Rambut dari Plastik

Menggunakan rol adalah salah satu cara membuat rambut ikal termudah yang bisa dilakukan.

Bagi pria dengan rambut pendek, sebaiknya gunakan rol berbahan plastik saja. Ini lebih mudah digunakan, serta dapat mengikat batang rambut yang pendek

Langkah-langkah pertama yang harus kalian lakukan ialah, sisir rambut dan gulung beberapa bagiannya menggunakan rol.

Kunci ujung rambut yang sudah digulung menggunakan jepitan, lalu biarkan selama 15 menit.

Untuk hasil yang lebih natural, sebaiknya jangan gunakan rol rambut terlalu lama. Cara ini tidak akan merusak rambut, sehingga aman untuk diterapkan.

7. Kenakan Headband atau Bandana

Terakhir, cara membuat rambut ikal pria alami adalah menggunakan headband atau bandana.

Kalian bisa melakukannya saat rambut masih lembap. Caranya, mulailah dengan mengambil rambut di bagian depan, lalu tarik dan selipkan ke dalam bandana tersebut.

Lakukan cara ini hingga semua rambut tergulung, selanjutnya pasanglah beberapa jepit rambut untuk menjaganya agar tidak terlepas.

Jika rambut dirasa sudah kering, lepaskan ikatan dan tata rambut ikal kalian agar terlihat rapi.

Demikianlah tujuh cara ampuh membuat rambut ikal secara sementara untuk pria.

Jangan lupa, dapatkan produk-produk perawatan rambut, kumis, jenggot dan brewok dari Maaz Grooming secara langsung melalui website Maaz.id.

Selain itu, kalian juga bisa membelinya di laman e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Selamat mencoba, Brother.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.