Manfaat, Proses Ekstrak, dan Cara Menumbuhkan Kumis dengan Kemiri

Bobby Agung
Bobby Agung

Cara menumbuhkan kumis dengan kemiri terbilang mudah. Pengaplikasiannya cukup simpel dan proses pembuatan minyaknya tak memakan waktu lama.

Sejak dahulu kala, rempah-rempah sudah digunakan sebagai bahan masakan sekaligus ramuan herbal untuk berbagai kebutuhan.

Tidak cuma kesehatan, ada pula jenis rempah-rempah yang berguna untuk proses kecantikan. 

Seperti halnya kemiri, tanaman yang tumbuh di negara tropis itu jamak dimanfaatkan sebagai tabir surya, pelembap kulit, hingga penumbuh rambut alami.

Bagian yang diolah bukan daun atau batangnya. Melainkan buah atau biji kemiri yang diekstrak, sehingga menghasilkan minyak alami yang berkhasiat.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kumis

Manfaat Minyak Kemiri

Secara umum, kita bisa mengaplikasikan minyak kemiri pada berbagai jenis rambut. Bukan cuma di kepala, minyak ini juga bermanfaat untuk rambut di bagian wajah.

Sebut saja jambang, brewok dan kumis, semuanya digadang-gadang dapat tumbuh dengan indah dan tebal jika menggunakan minyak kemiri.

Manfaat minyak kemiri adalah membantu menutrisi rambut secara general. Jika digunakan secara benar, minyak ini dapat memberi efek baik berupa:

  • Memperkuat akar rambut
  • Membuat rambut lebih lembut
  • Mencegah rambut kusut
  • Membuat rambut tampak lebih bercahaya
  • Mengatasi ketombe.

Minyak kemiri mengandung asam lemak linoleat, vitamin A, vitamin C dan vitamin E, yang dipercaya ampuh menutrisi serta mencegah kerusakan rambut.

Selain itu, minyak kemiri juga dikatakan berkhasiat untuk menyuburkan dan melembapkan rambut, serta memperbaiki bagian rambut yang rusak.

Atas dasar inilah banyak pria yang tertarik mencoba cara menumbuhkan kumis dengan kemiri.

Apakah Brother salah satunya? Jika iya, penting untuk mengetahui cara mengekstrak minyak kemiri yang benar, seperti berikut ini.

Cara Membuat Ekstrak Minyak Kemiri

Cara Membuat Minyak Kemiri

Agar cara menumbuhkan kumis dengan kemiri memberikan hasil yang maksimal, jenis minyak yang digunakan sebaiknya benar-benar murni dan alami.

Minyak kemiri murni dapat kita peroleh melalui proses ekstrak. Proses ekstraknya sendiri terdiri atas beberapa cara, di antaranya:

1. Membuat Minyak Kemiri dengan Cara Dibakar

Membuat minyak kemiri dengan cara dibakar sebenarnya mudah dan cepat. Namun, kalian harus berhati-hati saat proses pengaplikasiannya.

Minyak yang dihasilkan mungkin agak kehitaman atau bernoda. Supaya tidak mengotori baju, gunakan pelindung pakaian saat mengoleskan minyak ke kumis.

  1. Siapkan biji kemiri yang telah dikupas dari cangkangnya
  2. Bakar biji kemiri hingga benar-benar gosong seperti membuat arang
  3. Blender biji kemiri tersebut hingga menghasilkan minyak
  4. Masukkan minyak kemiri dalam wadah tertutup

2. Membuat Minyak Kemiri dengan Cara Dihaluskan

Karena tidak dibakar terlebih dahulu, minyak yang dihasilkan oleh kemiri mungkin tidak banyak.

Namun cara ini terbilang paling aman, sebab minyak yang dihasilkan kemiri terlihat bening sehingga tidak akan mengotori pakaian.

  1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas dari cangkangnya
  2. Haluskan biji kemiri dengan cara diparut atau blender
  3. Setelah halus, peras biji kemiri sembari menambahkan air sedikit demi sedikit
  4. Tuangkan air perasan kemiri dalam wadah tertutup selama 24 jam
  5. Masak air perasan tersebut hingga mengeluarkan minyak.

3. Membuat Minyak Kemiri dengan Cara Disangrai

Menyangrai biji kemiri dapat menghasilkan minyak alami yang bermanfaat bagi kumis. Cara ini terbilang simpel dan aman, sebab prosesnya tidak menggunakan minyak.

  1. Siapkan biji kemiri yang telah dikupas dari cangkangnya
  2. Sangrai dalam wajan tanpa minyak hingga matang
  3. Tumbuk atau blender biji kemiri tersebut hingga halus
  4. Peras biji kemiri yang sudah halus menggunakan air sedikit demi sedikit.

Bagaimana, cukup mudahkan Brother membuat ekstrak minyak kemiri sendiri di rumah.

Jika tidak mau repot, saat ini sudah banyak produk penumbuh kumis berbahan ekstrak kemiri alami yang dapat kalian beli di pasaran.

Seperti produk-produk dari Maaz Grooming, yang mengandung minyak kemiri alami, biotin, lidah buaya dan redensil, yang mampu mempercepat pertumbuhan rambut kumis.

Bila tertarik, dapatkan Maaz Grooming Beard Serum dan Maaz Grooming Beard Oil di website Maaz.id secara langsung, atau melalui e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Cara Menumbuhkan Kumis dengan Kemiri

Menumbuhkan Kumis Dengan Kemiri

Setelah mendapatkan minyak yang kita inginkan, cara menumbuhkan kumis dengan kemiri pun tak boleh dilakukan secara serampangan.

Setidaknya ada tiga teknik yang dapat kita lakukan. Mulai dari menjadikannya sebagai serum, masker hingga kondisioner, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Gunakan Minyak Kemiri sebagai Serum

Cara menumbuhkan kumis dengan serum kemiri cukup simpel. Pertama-tama, oleskan minyak pada bagian kumis setelah keramas atau saat rambut setengah kering.

Jika ingin menggunakan minyak kemiri sebagai pelembap dan pelindung kumis, kalian juga bisa menggunakan minyak tersebut saat rambut kering.

Fungsi minyak kemiri sebagai pelembap kumis sangat penting. Ini dapat melindungi rambut dari radiasi sinar UV, yang membuat tampilannya menjadi kering dan kasar.

2. Manfaatkan Minyak Kemiri sebagai Masker

Cara menumbuhkan kumis dengan kemiri selanjutnya adalah, dengan menjadikannya sebagai masker. Masker kemiri ini pun bisa langsung kalian oleskan ke rambut.

Setelah itu, lakukan pemijatan secara perlahan pada bagian kumis. Diamkan selama 20 menit, agar nutrisi dari minyak kemiri meresap sempurna.

Jika sudah, bilas menggunakan air bersih. Gunakan sebanyak seminggu sekali, atau 2 minggu sekali untuk kondisi kumis yang berminyak.

3. Membuat Kondisioner dari Minyak Kemiri

Cara menumbuhkan kumis dengan kemiri yang terakhir sedikit berbeda tapi tetap mudah.

Jika sebelumnya bisa dioleskan secara langsung, sekarang kita harus mencampurkan minyak tersebut terlebih dahulu dengan santan.

Aduk hingga tekstur minyak dan santan terlihat seperti kondisioner. Setelah itu oleskan pada bagian akar dan batang kumis, diamkan selama 3 menit, lalu bilas dengan air.

Demikian manfaat, proses mengekstrak, dan cara menumbuhkan kumis dengan kemiri yang bisa kalian praktikkan sendiri di rumah.

Semoga ulasan ini bermanfaat, Brother.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.