Apakah Kemiri Bisa Menumbuhkan Rambut? Begini Faktanya!

Bobby Agung
Bobby Agung

Apakah kemiri bisa menumbuhkan rambut? Pertanyaan ini harus dijawab dengan penjelasan yang benar. Agar tidak keliru, baca artikel berikut ini.

Kemiri adalah jenis rempah-rempah yang biasa digunakan untuk meracik makanan. Tumbuhan ini hidup di daerah tropis, sehingga cukup mudah ditemukan di Indonesia.

Selain bumbu masakan, sejak dahulu biji dari tumbuhan kemiri dimanfaatkan sebagai obat.

Minyaknya digadang-gadang mengandung sejumlah nutrisi, yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh, kulit, serta merangsang pertumbuhan rambut.

Beberapa produk kecantikan bahkan memasukkan minyak kemiri sebagai salah satu bahan bakunya, lho. Yuk, ketahui fakta terkait minyak kemiri di bawah ini!

Fakta Menarik Seputar Minyak Kemiri untuk Rambut

1. Dimanfaatkan oleh Berbagai Bangsa

Minyak Kemiri

Penggunaan minyak kemiri sebagai penyubur rambut nyatanya tak hanya terjadi di Indonesia.

Masyarakat di negara tropis lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, hingga Vietnam juga melakukan hal yang sama.

Bahkan orang-orang Hawaii telah memanfaatkan minyak ini untuk merawat kulit dan pelembap alami. Di sana, mereka mengenal minyak kemiri dengan sebutan kukui.

Kukui diambil dari ekstra biji kemiri melalui proses pemanggangan. Minyak tersebut kemudian diaplikasikan ke seluruh badan sampai ke bagian kepala.

2. Awalnya Digunakan sebagai Tabir Surya

Demi menjawab pertanyaan apakah kemiri bisa menumbuhkan rambut atau tidak, penting untuk memahami awal mula penggunaan minyak tersebut.

Kira-kira, kenapa masyarakat Hawaii menggunakan minyak kemiri sebagai pelembap alami? Hal tersebut berhubungan dengan kondisi tempat tinggal mereka.

Seperti Indonesia, secara geografis Hawaii dikelilingi oleh lautan. Ini membuat udara dan cuaca di wilayah tersebut cenderung hangat dan juga kering.

Untuk merespon kondisi itu, warga setempat menggunakan minyak kemiri sebagai tabir surya.

Kandungannya mereka yakini ampuh melindungi kulit dari angin kering dan terpaan air asin.

3. Mengandung Vitamin dan Mineral Tinggi

Melansir Nutrition Rank, dapat diketahui bahwa minyak kemiri mengandung protein, kalsium, fosfor, karbohidrat, zat besi, zink, dan tiamin yang tinggi.

Nutrisi yang terkandung dalam kemiri mirip seperti tanaman lidah buaya. Karena itu, jika ditanya apakah kemiri bisa menumbuhkan rambut atau tidak, jawabannya adalah iya.

Minyak kemiri memiliki kandungan asam esensial yang tinggi, sehingga baik untuk membangun jaringan kulit hingga batang rambut.

Kandungan linoleat dan linolenat-nya juga bagus untuk merawat rambut, sehingga tidak heran jika sering digunakan pada berbagai produk kecantikan.

Seperti Maaz Grooming Beard Oil dan Maaz Grooming Beard Serum misalnya, dua produk dari Maaz.id ini menggunakan minyak kemiri sebagai salah satu bahan bakunya.

Kandungan tersebut bahkan dicampurkan dengan aloe vera, demi mempercepat pertumbuhan brewok Anda dan mempertahankan kecerahannya.

4. Berguna untuk Mencegah Kerontokan

Tidak cuma menumbuhkan dan mempertahankan warna rambut, minyak kemiri juga berfungsi untuk mencegah kerontokan atau alopecia.

Salah satu penentu pertumbuhan rambut ialah folikel. Jika folikel atau lubang pertumbuhannya tak lagi aktif, maka pertumbuhan rambut baru akan terhambat.

Minyak kemiri diketahui mampu mengaktifkan folikel rambut dan mengurangi ketegangan kulit.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya mampu membuat rambut mengilap, sekaligus membantu mengatasi masalah rambut rontok.

Berapa Lama Minyak Kemiri dapat Menumbuhkan Rambut?

Menggunakan Minyak Kemiri Pada Rambut

Pertanyaan apakah minyak kemiri bisa menumbuhkan rambut atau tidak, sudah terjawab. 

Namun, apakah dengan mengoleskan minyak tersebut sudah cukup untuk menumbuhkan rambut? Jawabannya tidak, sebab ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

Pertumbuhan rambut sejatinya dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Genetik (keturunan);
  • Kondisi hormon testosteron;
  • Pola makan atau status gizi;
  • Penggunaan bahan kimiawi, misalnya pada orang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan atau sering memodifikasi rambut;
  • Stres atau depresi; dan
  • Infeksi jamur pada kepala.

Karena itu, jangan bingung jika rambut kalian belum juga tumbuh. Sebab, bisa jadi kendalanya bersumber dari beberapa faktor di atas.

Bila ditanya berapa lama minyak kemiri dapat menumbuhkan rambut, jawabannya tidak pasti. Hal itu tergantung pada kondisi tubuh dan rambut masing-masing orang.

Beberapa orang mungkin mendapatkan hasilnya dalam beberapa minggu, sementara yang lain memerlukan waktu berbulan-bulan untuk melihat perbedaan yang signifikan.

Agar hasil dari penggunaan minyak kemiri terlihat lebih cepat, jaga pola hidup sebaik mungkin. Caranya cukup simpel, lakukan tips berikut ini:

  • Istirahat cukup sekitar 7–8 jam sehari
  • Kendalikan tingkat stres
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang dan kaya zink
  • Jaga kebersihan tubuh dan rambut
  • Keramas dua hari sekali dengan Maaz Grooming Nourishing Shampoo.

Dengan membaca ulasan di atas, sekarang kalian sudah tahukan jawaban dari pertanyaan apakah kemiri bisa menumbuhkan rambut atau tidak.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Brother.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.