9 Cara Menumbuhkan Rambut Botak dengan Cepat dan Aman secara Alami

Elmi Rahmatika
Elmi Rahmatika

Rambut botak dengan berbagai macam penyebabnya dapat membuat frustrasi jika tidak ditangani dengan serius. Untuk menyiasati masalah ini, kamu bisa ikuti cara menumbuhkan rambut botak yang diulas di artikel ini.

Sebelum Brother memilih perawatan untuk menumbuhkan rambut botak, ada baiknya untuk mencari tahu penyebab rambut botak.

Menurut laman CNBC Indonesia, beberapa faktor penyebab kebotakan dari keturunan, penyakit dan pengobatan yang sedang dijalani, kadar hormon yang tidak seimbang, stres dan gaya hidup, sampai defisit vitamin dalam tubuh.

Tapi tenang saja, sebagian besar permasalahan kebotakan yang kamu hadapi masih bisa diatasi kok, Bro!

Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Berikut ini beberapa cara menumbuhkan rambut botak dengan bahan alami yang minim risiko yang bisa Brother coba.

Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Botak dengan Bahan Alami

1. Aloe Vera

Aloe Vera Untuk Menumbuhkan Rambut
Sumber: Freepik.cOm/Racool_Studio

Penggunaan aloe vera atau lidah buaya sebagai salah satu cara menumbuhkan rambut botak sudah dilakukan secara turun temurun.

Oleskan aloe vera gel di kulit kepala untuk menstimulasi pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Aloe vera memiliki enzim yang berfungsi sebagai antibakteri sehingga melindungi kulit kepala dari iritasi dan infeksi.

2. Minyak Rosemary

Minyak rosemary juga terbukti memiliki manfaat penumbuh rambut yang lebih ampuh dari bahan minoxidil, terutama pada kasus androgenetic alopecia.

Gunakan minyak rosemary di kulit kepala sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal dalam menumbuhkan rambut botak atau mengurangi kerontokan.

Brother juga dapat membuat campuran minyak rosemary di rumah dengan merendam daun rosemary di dalam carrier oil.

3. Minyak Peppermint

Cara Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Daun Peppermint
Sumber: Freepik.cOm/Jcomp

Cara menumbuhkan rambut botak dengan minyak esensial peppermint juga dapat menjadi pilihan.

Minyak esensial peppermint dapat mempercepat fase tumbuh rambut, sehingga rambut baru dapat tumbuh lebih cepat tanpa efek samping pada tubuh.

Campurkan beberapa tetes minyak esensial peppermint dengan carrier oil seperti minyak kelapa atau kacang almond, lalu oleskan ke kulit kepala sebanyak dua kali seminggu untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

4. Ekstrak Bawang Merah

Bawang merah memiliki kadar sulfur tinggi yang bermanfaat untuk memperbaiki sirkulasi darah di kulit kepala serta membantu regenerasi folikel rambut.

Kadar sulfurnya juga membantu melindungi kulit kepala dari infeksi. Tidak heran jika bawang merah telah dipakai sejak dulu pula sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut botak.

Cara pakainya juga mudah. Tumbuk bawang merah untuk memperoleh sarinya. Oleskan ke kulit kepala sambil dipijat lembut selama 10-15 menit, kemudian bilas bersih.

5. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa Untuk Vitamin Rambut
Sumber: Freepik.cOm/Chandlervid85

Minyak kelapa dikenal dengan banyak manfaatnya mulai dari urusan dapur sampai kecantikan, termasuk menstimulasi pertumbuhan rambut baru pada kasus kebotakan.

Oleskan minyak kelapa ke kulit kepala, pijat perlahan dan diamkan selama beberapa jam hingga semalaman, lalu keramas dan bilas dengan air bersih.

Kandungan di dalam minyak kelapa dapat mencegah rambut kehilangan kadar proteinnya sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut baru.

6. Daun Kari

Daun kari termasuk bahan alami lainnya yang dipercaya berkhasiat menumbuhkan rambut botak.

Daun dengan kadar beta karoten dan protein yang tinggi ini dapat menstimulasi pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Kandungan asam aminonya juga memperkuat serat-serat rambut.

Brother dapat mencoba masker rambut dari daun kari, atau bisa juga mencampurkannya dengan carrier oil untuk menjadi minyak rambut. Oleskan ke kulit kepala setiap 1-2 kali seminggu untuk hasil yang signifikan.

7. Minyak Zaitun

Jika Brother sulit mendapatkan bahan-bahan di atas, minyak zaitun bisa jadi opsi juga.

Cara menumbuhkan rambut dengan minyak zaitun sama dengan minyak rambut lainnya.

Oleskan minyak zaitun dan pijat perlahan kulit kepala selamat 10-15 menit sebelum keramas. Minyak zaitun dapat mempercepat pertumbuhan rambut baru dan menguatkan akar rambut.

8. Minyak Biji Jarak

Khasiat Minyak Biji Jarak
Sumber: Freepik.cOm/Racool_Studio

Minyak biji jarak juga dapat menjadi alternatif perawatan rambut. Kandungan anti inflamasi di dalam minyak jarak dapat mencegah munculnya ketombe dan dapat melembapkan kulit kepala.

Gunakan minyak jarak sebagai masker rambut secara teratur untuk mengurangi rontok dan menumbuhkan rambut botak.

9. Pijat Kepala

Memijat kepala juga termasuk cara menumbuhkan rambut botak yang bisa mulai Brother lakukan secara rutin saat keramas atau memakai masker rambut.

Pijatlah kulit kepala selama 10-15 menit per hari sebagai salah satu stimulus menumbuhkan rambut.

Sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang memijat kulit kepalanya secara rutin selama 11-20 menit menunjukkan hasil yang signifikan dalam mengurangi rambut rontok dan menumbuhkan rambut botak.

Pijat kulit kepala juga dapat memperlancar peredaran darah di kulit kepala yang membuatnya menjadi lebih sehat.

Itulah cara menumbuhkan rambut botak menggunakan bahan alami yang dapat Brother tiru sendiri di rumah.

Setiap bahan alami memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetapi yang terpenting perawatan rambut harus dilakukan dengan konsisten untuk mencapai hasil yang signifikan.

Sebelum menggunakan minyak rambut dengan bahan alami maupun buatan, ada baiknya mencoba dulu bahan tersebut di area pergelangan tangan dalam untuk melihat reaksi alergi yang mungkin terjadi, ya Bro.

Kalau kamu mencari serum penumbuh brewok pilihlah produk terbaik dari Maaz.id!

Produk ini terbukti efektif dan aman karena menggunakan bahan-bahan alami, lho!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.