7 Obat Penumbuh Jambang Terbaik, dari yang Alami hingga Pabrikan

Bobby Agung
Bobby Agung

Obat penumbuh jambang dapat berasal dari mana saja, mulai dari yang herbal hingga pabrikan. Brother pernah mencoba salah satu di antaranya?

Memiliki jambang yang tebal merupakan idaman bagi banyak pria. Jambang membuat seorang laki-laki tampak lebih maskulin, sehingga disenangi oleh para wanita.

Selain itu, jambang yang lebat merupakan cikal bakal brewok. Rambut di bagian dagu dan pipi ini diidam-idamkan kaum adam, sebab dinilai mampu menambah karisma.

Jika Brother tertarik menumbuhkan jambang hingga menjadi brewok, setidaknya ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

Obat Penumbuh Jambang dari Bahan Alami

Obat penumbuh jambang alami dibuat menggunakan bahan-bahan tradisional. Ini dinilai ampuh menumbuhkan rambut, meski kebanyakan belum teruji secara klinis.

Cara pengolahan masing-masing bahan pun berbeda-beda. Metode ini bisa digunakan apabila kalian takut mengonsumsi obat yang berasal dari proses pabrik.

1. Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Tidak cuma menghangatkan badan, sejumlah pria juga percaya bahwa minyak kayu putih dapat dimanfaatkan sebagai obat penumbuh jambang.

Namun alih-alih menggunakan secara langsung, minyak kayu putih tersebut berfungsi sebagai campuran minyak lain. Berikut tata cara pengaplikasiannya:

  1. Kombinasikan minyak kayu putih dengan minyak lain seperti minyak zaitun atau wijen.
  2. Oleskan campuran minyak tadi ke bagian jambang dan lakukan pemijatan
  3. Biarkan minyak menyerap di kulit, kira-kira hingga 20 menit
  4. Setelah selesai, bilas menggunakan air dingin yang bersih.

2. Lemon dan Kayu Manis

Kombinasi lemon dan kayu manis memang nikmat jika dijadikan minuman. Namun ramuan ini tidak akan kita konsumsi, melainkan diaplikasikan pada wajah.

  1. Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan dua sendok teh perasan lemon
  2. Aplikasikan campuran tersebut pada area jambang dan diamkan selama 20 menit
  3. Jika sudah kering, bilas dan bersihkan kulit wajah dengan air dingin.

Lemon mengandung vitamin C yang ampuh merawat kulit. Sedangkan kayu manis mempunyai sifat antioksidan, sehingga cocok untuk mencegah gangguan kulit.

Jika kulit terawat, maka pertumbuhan rambut di wajah akan semakin cepat. Karena itu, kedua bahan alami ini dianggap efektif sebagai obat penumbuh jambang.

3. Minyak Kelapa

Saat ini, ada banyak produk olahan minyak kelapa yang bisa dijumpai di pasaran. Namun agar berjalan lancar, pilihlah olahan minyak yang terbuat dari kepala murni.

Minyak kelapa mengandung antioksidan dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.

Tidak cuma mencerahkan, minyak ini juga membantu menstimulasi pertumbuhan rambut pada permukaan wajah. Berikut cara pengaplikasiannya:

  1. Campurkan minyak kelapa dan minyak rosemary dengan perbandingan 10:1
  2. Oleskan campuran keduanya pada area jambang menggunakan bola kapas
  3. Diamkan sampai minyak mengering atau kira-kira selama 15 menit
  4. Setelah kering, bilas menggunakan air dingin yang bersih.

Penggunaan obat penumbuh jambang alami dilakukan sebanyak 2–3 kali seminggu. Untuk kulit yang sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, ya.

Obat Penumbuh Jambang di Apotek

Obat penumbuh jambang di apotek tersedia dalam dua macam; obat oles atau suplemen.

Cara kerja obat ini mungkin lebih cepat dibandingkan obat alami, tetapi risiko yang ditimbulkan relatif lebih besar karena melibatkan bahan-bahan kimia.

Karena itu jika berakibat buruk pada wajah, sebaiknya hentikan penggunaan obat. Baca aturan pakainya, bila perlu konsultasikan ke dokter spesialis kulit.

1. Biotin

Vitamin Biotin

Biotin merupakan salah satu suplemen menumbuh jambang yang bisa kita temukan di apotik.

Biotin sendiri adalah nama lain dari vitamin B7. Vitamin ini dinilai ampuh menstimulasi produksi keratin, sehingga bisa mempercepat pertumbuhan rambut.

Bukan cuma di wajah, masalah kebotakan juga dapat ditangani dengan mengonsumsi obat ini.

2. Minoxidil

Sejak dulu, minoxidil dikenal sebagai obat penumbuh rambut yang dapat dibeli secara bebas. Harganya relatif murah, tetapi efek yang diberikan bersifat sementara.

Selain periodik, obat penumbuh jambang minoxidil tidak efektif untuk pria dengan gen rambut tipis. Karena itu, obat ini tidak dapat digunakan oleh berbagai kalangan.

3. Redensil

Dibandingkan minoxidil, obat penumbuh jambang redensil justru lebih disukai oleh banyak pria. Obat ini efektif menstimulasi jambang, bahkan dalam waktu yang singkat.

Akselerasi folikel rambut dengan obat redensil mencapai 214% lebih cepat daripada minoxidil. Efeknya penggunaannya pun lebih lama, apabila jika dipakai secara rutin.

Maaz Grooming Beard Serum adalah salah satu produk penumbuh jambang dan brewok yang mengandung bahan aktif redensil.

Tidak cuma itu, produk dari Maaz.id ini juga aman digunakan karena mengandung bahan-bahan alami seperti minyak kemiri dan lidah buaya.

4. Finasteride

Mirip seperti minoxidil, finasteride sejatinya adalah obat penumbuh rambut yang diperuntukkan bagi penderita kerontokan atau kebotakan.

Sebagian orang menggap jika obat ini efektif digunakan. Namun, belum ada penelitian khusus yang dapat mengonfirmasi asumsi tersebut.

Bagaimana Brother, dari sejumlah obat penumbuh jambang di atas, mana menurut kalian yang paling aman dan efektif untuk digunakan?

Apabila tertarik mencoba produk perawatan jenggot dan rambut dari Maaz.id, kalian juga dapat membelinya melalui laman e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia, ya.

Semoga mencoba!

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.