3 Tips Tumbuhkan Jenggot Halal Tanpa Minoxidil Beralkohol

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia
3 Tips Tumbuhkan Jenggot Halal Tanpa Minoxidil Beralkohol 3
Jenggot Halal
Pexels.cOm

Memiliki brewok atau jenggot memang sudah menjadi tren di kalangan para pria terutama mereka yang ingin tampil maskulin. Banyak cara digunakan oleh para pria untuk menumbuhkan brewok termasuk dengan menggunakan obat penumbuh brewok atau jenggot. Obat penumbuh brewok atau jenggot halal sendiri adalah obat yang bisa membantu merangsang pertumbuhan jenggot sehingga bisa tumbuh lebih cepat dan lebat.

Salah satu obat penumbuh jenggot atau brewok yang kerap digunakan adalah minoxidil namun banyak yang mempertanyakan penggunaan obat tersebut karena biasanya minoxidil dilarutkan dalam alkohol. Lantas Bagaimanakah hukum penggunaan minoxidil dan bagaimana cara menumbuhkan jenggot halal atau brewok sesuai tuntunan Islam? Cek penjelasannya berikut!

Hukum Memelihara Brewok dalam Islam

Memelihara brewok atau jenggot dalam Islam termasuk adalah salah satu hal yang dianjurkan atau sunnah karena dilakukan juga oleh Nabi Muhammad SAW.  hal tersebut sesuai dengan hadis berikut :

“Berbedalah kamu (jangan menyamai) dengan orang-orang musyrik, peliharalah jenggot, dan cukurlah kumis.” [HR. al-Bukhari dan Muslim]

“Cukurlah kumis, peliharalah jenggot, berbedalah (jangan menyamai) orang-orang Majusi.” [HR. Muslim].

“Ada sepuluh macam fitroh, yaitu memendekkan kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung,-pen), memotong kuku, membasuh persendian, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air.” (HR. Muslim no. 627)

Hadis tersebut dengan jelas menyatakan bahwa umat muslim dianjurkan untuk memelihara jenggotnya dan mencukur kumis agar berbeda dengan kaum atau umat lainnya. Meskipun memelihara jenggot halal sangat dianjurkan akan tetapi menumbuhkan jenggot apabila tidak memiliki kemampuan untuk menemukannya tidaklah dianjurkan terutama jika hal itu menjadi hal yang membebani seseorang. 

Tidak Dianjurkan Menggunakan Obat Penumbuh Jenggot

Menggunakan obat penumbuh jenggot atau brewok juga tidak dianjurkan apabila bertujuan untuk menumbuhkan jenggot pada pria yang memang tidak memiliki jenggot sama sekali. Sebaliknya penggunaan obat penumbuh jenggot boleh dilakukan apabila seorang pria ingin memelihara brewok atau jenggotnya agar terlihat lebih lebat dan rapi. Obat tersebut juga boleh digunakan untuk mengobati bagian jenggot atau brewok yang kosong, dikenal dengan istilah bald spot.

Meskipun boleh digunakan tetap saja obat tersebut haruslah terbuat dari bahan atau komposisi yang halal dan telah tersertifikasi halal oleh lembaga yang berwenang. Ada banyak produk yang mengandung alkohol dan hal inilah yang menyebabkan produk menjadi tidak halal dan tidak dapat digunakan bagi umat muslim.  Lantas, bagaimana cara menumbuhkan brewok atau jenggot halal secara alami tanpa menggunakan produk berbahan dasar alkohol atau bahan lainnya yang tidak halal serta memiliki efek samping seperti minoxidil?

Bahan Alami dan Halal untuk Tumbuhkan Brewok

Bahan Alami Penumbuh Brewok
Pexels.cOm

Menumbuhkan jenggot yang lebat dan sehat bisa jadi sulit dan juga membutuhkan kesabaran. Bahkan jika Bro memiliki pertumbuhan rambut yang lebat di kepala, itu tidak berarti Bro dapat menumbuhkan jenggot atau brewok dengan mudah. Menumbuhkan jenggot membutuhkan dedikasi dan islam memperbolehkan penggunaan obat atau bahan-bahan yang dapat membantu memelihara brewok asalkan halal. 

Minyak alami tumbuhan dan minyak esensial adalah bahan-bahan alami yang bisa Bro gunakan untuk merawat jenggot atau brewok. Bro bisa lakukan perawatan sederhana misalnya dengan memijat kulit wajah dengan minyak seperti minyak kelapa, zaitun, jojoba dan sebagainya. 

Memijat kulit wajah dengan minyak alami adalah salah satu cara di mana Bro bisa meningkatkan pertumbuhan rambut wajah. Bahan lainnya yang juga dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan jenggot halal secara alami adalah campuran lemon dan kayu manis. Lemon kaya akan berbagai nutrisi seperti asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, dan flavonoid, yang diketahui dapat mendorong pertumbuhan folikel rambut. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan perawatan secara teratur setidaknya dua kali dalam seminggu.

Tips Menumbuhkan Brewok secara Alami

Jika Bro bertanya-tanya bagaimana cara menumbuhkan jenggot halal dengan lebih cepat secara alami, perhatikan baik-baik apa yang Bro makan. Sama seperti ketika Bro ingin membentuk otot tentunya Bro harus makan makanan yang cukup nutrisi dan seimbang. Tapi makanan apa yang bisa membantu Bro menumbuhkan jenggot yang sehat dengan cepat? Berikut adalah beberapa nutrisi yang penting dikonsumsi jika Bro ingin mendapatkan brewok yang sehat dan lebat.

  • Protein

Protein.  Protein adalah zat yang menyusun hampir sebagian besar organ tubuh termasuk helai rambut. Oleh sebab itu jika Bro ingin menumbuhkan jenggot halal tentunya Bro harus mengkonsumsi makanan yang bernutrisi terutama sumber protein halal seperti daging sapi, ayam, telur, dan ikan. Jadi jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi protein jika Bro ingin mendapatkan jenggot atau Brewok impian 

  • Buah dan Sayuran

Buah dan Sayuran Rambut jenggot tidak dapat tumbuh tanpa nutrisi yang tepat dalam tubuh, dan untuk mendapatkannya Bro juga perlu mengkonsumsi buah dan sayuran di samping mengkonsumsi protein. Jenis buah dan sayuran terbaik untuk jenggot adalah jeruk, kacang brazil, kismis, kentang, kangkung dan bayam.

Konsumsi Suplemen

Suplemen Vitamin B5, C, E, Biotin, Inositol dan Niacin juga diketahui dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Namun, perlu diketahui bahwa meskipun suplemen vitamin dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, suplemen bukan hal utama yang mempengaruhi pertumbuhan rambut. Faktanya suplemen tidak akan berpengaruh apapun jika memang beliau tidak memiliki genetis atau fungsi hormon yang dapat mendukung pertumbuhan jenggot.

Selain mengkonsumsi makanan yang bernutrisi hal lainnya yang dapat mendukung pertumbuhan jenggot diantaranya adalah olahraga dan tidur yang berkualitas.  olahraga dan tidur yang berkualitas dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh sehingga folikel rambut dapat menerima nutrisi yang cukup untuk tumbuh sehat. Selain itu kedua aktivitas tadi juga dapat menurunkan stres yang menjadi salah satu pemicu kerontokan rambut terutama pada jenggot.

Produk Penumbuh Brewok Selain Minoxidil Beralkohol

Minoxidil memang sudah dikenal sejak dulu dapat membantu mengatasi masalah kerontokan dan membantu mendukung pertumbuhan rambut terutama pada mereka yang menderita alopecia. Sayangnya terkadang minoxidil dilarutkan dalam alkohol supaya dapat digunakan secara topikal. Kalau Bro benar-benar peduli pada jenggot halal dan ingin memeliharanya sesuai tuntunan Islam, Bro bisa memilih jenis produk yang halal. Berikut adalah beberapa jenis produk perawatan yang bisa bantu memelihara jenggot dan mendukung pertumbuhannya secara alami dan halal.

  • Beard Serum. Serum khusus jenggot ini diformulasikan secara khusus dengan bahan aktif seperti minyak peppermint atau jenis minyak esensial lainnya yang halal digunakan. Serum ini dapat membantu meredakan gatal pada janggut, mencegah kulit dari kekeringan dan menjaga janggut tetap cerah, tampak sehat, dan lebat.
  • Beard Oil. Produk dengan komposisi minyak alami ini biasanya digunakan setiap hari dan dapat membantu melembutkan jenggot serta mengurangi rasa gatal saat jenggot atau Brewok tumbuh. Beard oil juga dapat melembabkan kulit wajah sehingga folikel rambut dapat tumbuh dengan maksimal.
  • Beard Balm. Produk ini biasanya digunakan untuk melembabkan kulit dan melembabkan rambut sekaligus menutrisi jenggot. Beard balm juga bisa membantu Bro mendapatkan brewok atau jenggot yang tertata rapi seharian.

Bersabar dengan Prosesnya

Menumbuhkan jenggot halal atau brewok adalah usaha yang bisa memakan waktu hingga 9 bulan untuk membuahkan hasil yang nyata. Untuk itulah Bro harus tetap bersabar dan terus predikasi Jika ingin mendapatkan brewok impian secara halal dan sesuai tuntunan islam. Bro bisa pilih produk dari Maaz Grooming untuk merawat jenggot Bro karena produk dari Maaz Grooming terbukti halal dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas yang dapat membantu pertumbuhan jenggot.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.