Menumbuhkan Kumis. Berapa Lama Harus Menunggu?

Anggi Rosalia
Anggi Rosalia
Menumbuhkan Kumis. Berapa Lama Harus Menunggu? 1

Selain brewok atau jenggot, kumis juga bisa membuat tampilan seseorang lebih maskulin. Kalau Bro sedang membaca tulisan ini berarti Bro sedang mencari cara untuk menumbuhkan kumis dan mengetahui berapa lama kumis Bro bisa tumbuh. Mungkin Bro sering mendengar banyak orang termasuk rekan Bro yang mengatakan jika Bro akan tampak lebih keren dengan kumis sehingga beliau memutuskan untuk mulai menumbuhkannya. Satu hal yang pasti diperlukan kesabaran jika Bro ingin menumbuhkan kumis. Kalau Bro masih penasaran tentang bagaimana cara menumbuhkan kumis dan Seberapa lama kumis tumbuh, Bro bisa cek detailnya berikut!

Apa Itu Kumis dan Apa Pengaruhnya Bagi Penampilan Pria?

Kumis sendiri sebenarnya adalah rambut wajah yang tumbuh di antara hidung dan bibir atas. Kebiasaan pria memelihara kumis sudah ada sejak zaman dahulu. Banyak pula tokoh dunia yang populer dengan kumis ikoniknya sebut saja Charlie Chaplin atau Adolf Hitler. Bukan tanpa sebab, kumis memang bisa mencerminkan jati diri pria dan juga kepribadian yang dimiliki. Tak heran jika saat ini banyak model kumis yang digunakan para pria sesuai dengan kepribadian yang mereka miliki. Dengan kata lain rambut yang tumbuh pada wajah termasuk kumis dan jenggot bisa menjadi patokan mental bagaimana karakter atau sifat seseorang.

Tahapan Pertumbuhan Rambut

Untuk mengetahui seberapa lama kumis bisa tumbuh dan bagaimana cara menumbuhkan kumis, Bro harus mengetahui terlebih dahulu siklus pertumbuhan rambut. Siklus atau tahapan pertumbuhan rambut ini juga dialami oleh rambut yang ada pada wajah termasuk kumis dan jenggot. Ketiga tahapan pertumbuhan rambut tersebut adalah anagen, katagen dan telogen.

Fase anagen adalah fase awal pertumbuhan rambut termasuk rambut wajah seperti kumis. Meskipun pertumbuhan rambut memiliki siklus yang sama, tetapi rambut wajah tumbuh pada siklus yang lebih singkat dibandingkan siklus rambut pada kepala. Dengan kata lain fase anagen akan berlangsung secara singkat pada rambut wajah itulah sebabnya rambut wajah tidak dapat tumbuh sangat panjang seperti rambut pada kepala. Pada fase anagen rambut wajah terutama kumis bisa tumbuh sepanjang 1 cm per bulan atau 12 cm setiap tahunnya.

Setelah fase anagen berakhir  selanjutnya  rambut akan masuk pada fase istirahat atau yang dikenal dengan istilah fase katagen. Fase katagen bisa berlangsung selama beberapa minggu kemudian pertumbuhan rambut akan memasuki fase terakhir yakni fase telogen. Fase felogen adalah fase dimana folikel rambut tidak tumbuh dan hanya mengosongkan ruangan agar rambut baru nantinya bisa tumbuh. Fase ini biasanya akan berlangsung selama empat bulan kemudian barulah pertumbuhan rambut masuk dalam siklus baru. Secara umum rambut wajah termasuk kumis akan tumbuh 1 cm setiap bulannya dan dengan begitu setidaknya Bro butuh beberapa bulan agar kumis bisa tumbuh dengan lebat dan panjang. Dengan perawatan yang tepat Bro tentu bisa memiliki kumis yang cocok dengan kepribadian dan penampilan Bro.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kumis

Ada beberapa faktor yang juga mempengaruhi pertumbuhan rambut wajah termasuk kumis. Bro mesti ketahui beberapa faktor berikut jika ingin menumbuhkan kumis yang lebat!

Genetik

Genetik adalah salah satu faktor penting yang menentukan apakah seorang pria bisa menumbuhkan brewok atau kumis.  kalau Bro melihat keluarga seperti ayah Bro atau anggota keluarga lain punya kumis yang lebat maka bisa dipastikan jika boleh juga punya kesempatan yang sama untuk punya kumis yang lebat.

Usia

Perlu Bro ketahui bahwa kumis akan mulai tumbuh saat pria mencapai pubertas sekitar usia 13 tahun. Tumbuhnya kumis bisa juga dialami oleh wanita yang mengalami ketidakseimbangan hormon di dalam tubuhnya. Meskipun kumis mulai tumbuh di usia 13 tahun atau di masa pubertas, kumis bisa tumbuh lebat dan permanen pada usia antara 25 hingga 35 tahun. Jadi jika Bro berada di rentang usia tersebut maka Bro punya kesempatan untuk menumbuhkan kumis yang lebat dan sehat. 

Hormon 

Hormonal juga menjadi faktor penting yang menentukan apakah seorang pria bisa menumbuhkan kumis yang lebat atau tidak. Dua hormon yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut wajah adalah testosteron dan Dihidrotestosteron atau DHT. Kadar testosteron dalam tubuh pria mempengaruhi tumbuhnya kumis khususnya pada pria muda, dan semakin dewasa maka kadar testosteron akan semakin meningkat sehingga rambut wajah termasuk kumis bisa lebih tebal dan lebat.

Testosteron nantinya akan diubah menjadi hormon androgen yang lebih kuat yakni DHT yang juga mempengaruhi pertumbuhan rambut wajah pada pria. Pria yang memiliki kadar testosteron dan lihat lebih tinggi tentunya memiliki kesempatan untuk menumbuhkan rambut wajah yang lebih lemah dibandingkan mereka yang memiliki kadar hormon lebih rendah. Sebagian pria juga memiliki sensitivitas reseptor yang tinggi terhadap dua hormon tersebut sehingga mereka bisa menumbuhkan kumis ataupun brewok di usia yang relatif lebih muda. Kadar hormon testosteron yang rendah tentunya bisa diatasi dengan berbagai cara termasuk mengkonsumsi suplemen maupun dengan berolahraga secara teratur. Olahraga seperti angkat beban dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga produksi testosteron juga akan meningkat.

Ras

Satu lagi faktor yang juga turut menentukan andil dalam pertumbuhan kumis adalah ras atau suku. Berdasarkan American Journal of Physical Anthropology, kebanyakan penduduk Asia, Amerika Latin dan suku Indian memiliki kesempatan yang lebih kecil dalam menumbuhkan kumis dibandingkan penduduk Eropa yang memiliki ras kaukasia. Ras kaukasia sendiri adalah mereka yang memiliki kulit putih dan rambut pirang serta mendiami sebagian besar wilayah Eropa.

Waktu Tumbuh Kumis juga Dipengaruhi oleh Perawatan dan Gaya Hidup

Faktor-faktor yang disebutkan di atas memang sangat berpengaruh pada pertumbuhan rambut pada wajah termasuk kumis tetapi ada hal lain yang juga mendukung pertumbuhannya. Gaya hidup juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan jika Bro ingin menumbuhkan kumis dalam waktu yang relatif lebih cepat. Konsumsi makanan bernutrisi tinggi termasuk makanan berprotein dapat membantu menaikkan level hormon testosteron dalam tubuh. Selain itu, ada baiknya Bro menghindari stres karena stres dapat menghambat fase pertumbuhan rambut. Merokok juga menjadi hal yang sebaiknya tidak dilakukan jika ingin mendapatkan kumis yang lebat dan sehat. Agar dapat tumbuh secara proporsional rambut pada wajah termasuk kumis membutuhkan aliran darah yang lancar itulah mengapa rokok yang menghambat peredaran darah sebaiknya dihindari.

Tips Merawat dan Menumbuhkan Kumis dengan Lebih Cepat

Dengan perawatan yang tepat kumis bisa tumbuh lebih cepat dan lebat. Agar kumis tumbuh lebih cepat Bro bisa merawat kulit wajah dengan baik termasuk menggunakan pelembab kulit secara rutin. Bro bisa menggunakan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Lakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan scrub wajah agar kotoran tidak menghambat pertumbuhan kumis. Selain itu jangan lupa untuk memangkas ujung kumis atau melakukan trimming jika kumis sudah tumbuh cukup panjang. Bila perlu Bro bisa gunakan produk khusus untuk menumbuhkan kumis atau brewok seperti produk dari Maaz Grooming.

Jurnal perjalanan menumbuhkan brewok

Artikel, cerita, dan panduan untuk menemanimu dalam perjalanan menumbuhkan dan merawat brewok idaman.